Pemko Pematangsiantar Segera Luncurkan Program Kampung Tematik

0
170 views

Oleh Redaksi

MONALISA | SEMARANG | – Hari kedua kunjungan kerja rombongan Pemko Pematangsiantar di kota Semarang dipimpin langsung Walikota Hefriansyah, SE, MM, kali ini, Wakil Walikota Semarang, Ir Hj Hevearita Gunaryanti R didampingi Plt. Sekda Agus Riyanto bersama Asisten Adm Ekonomi, Pembangunan dan Kesra, Dra. Hj Ayu Entys SE, MM serta Asisten Pemerintahan Trijoto Sarjoko menyambut rombongan di ruang VIP kantor Walikota Jalan Pemuda Semarang Provinsi Jawa Tengah, Kamis (15/2).

Hefriansyah, SE, MM menjelaskan kondisi kota di Pematangsiantar, “masyarakatnya heterogen dan selalu menjaga toleransi antar suku, ras dan agama sehingga kota Pemtangsiantar tercatat segai kota paling toleran se-Indonesia”, katanya.

Sementara itu dijelaskan Wawako Semarang,”dikota ini sebelum menerapkan kampung tematik, kami juga belajar dari kota Surabaya, dan saat ini program kampung tematik sudah berjalan dengan baik, “kita berdayakan UMKM sehingga perekonomian masyarakat dapat meningkat”, katanya.

Suasana keakraban terjalin dalam pertemuan yang dirangkai dengan acara jamuan makan bersama, usai pertemuan selanjutnya rombongan menuju Galeri Premium UMKM yang merupakan binaan pemkot Semarang di daerah kota Lama Semarang.

Dihadapan Kepala Bappeda Kota Pematangsiantar  beserta Asisten dan Staf ahli, Walikota menegaskan, “kunjungan kerja ini sangat bermamfaat, saya harap agar secepatnya program program tersebut dapat segera dilaksanakan di kota Pematangsiantar”, pintanya.

Pejabat dilingkungan pemkot Semarang yang mendampingi rombongan pemkot Pematangsiantar diantaranya Sekda Kota Semarang, Asisten administrasi perekonomian, asisten Pemerintahan, pejabat Bappeda dan lainnya.

Sementara rombongan Pemkot Pematangsiantar yang turut serta dalam kunker tersebut diantaranya, Asisten Adm Ekbang, Drs. M Akhir Harahap, Staf Ahli Walikota, Drs. Edy Noah Saragih, Kepala Bapeda, Midian Sianturi,  Kabag Humas Dan Protokoler, Gilbert L Ambarita,  Kabag Pemerintahan, Junaedi Sitanggang,  SSTP,  Kabag Umum, Heryaanto Siddik, SSTP, Serta Camat se Kota Pematangsiantar.

Kampung Tematik

Perlu diketahui Sahabat Monalisa, bahwa kampung Tematik merupakan salah satu inovasi Pemerintah Kota Semarang ountuk mengatasi permasalahan pemenuhan kebutuhan dasar utamanya pada peningkatan kualitas lingkungan rumah tinggal warga miskin dan prasarana dasar permukiman. Kampung Tematik merupakan titik sasaran dari sebagian wilayah Kelurahan yang dilakukan perbaikan dengan memperhatikan beberapa hal sebagai berikut :

  • mengubah lokasi kumuh menjadi tidak kumuh / peningkatan / perbaikan kondisi lingkungan.
  • peningkatan penghijauan wilayah yang intensif.
  • pelibatan partisipasi masyarakat secara aktif .
  • mengangkat potensi sosial dan ekonomi masyarakat setempat ( pemberdayaan )

Pelibatan partisipasi masyarakat beserta lembaga – lembaga yang ada bertujuan untuk membangun trademark / karakteristiklingkungan melalui peningkatan / pengembangan potensi – potensi lokal yang dimiliki di wilayah tersebut. Potensi – potensi tersebut dapat berupa :

  • usaha masyarakat yang dominan dan menjadi mata pencaharian pokok sebagian besar warga di wilayah tersebut
  • karakter masyarakat yang mendidik ( budaya, tradisi, kearifan lokal )
  • masyarakat dan lingkungan yang sehat
  • Home industri ramah lingkungan
  • Kerajinan masyarakat
  • Ciri khas setempat yang lebih kuat / tidak dimiliki kampung lain dan bisa menjadi ikon wilayah.(*)

 

 

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY