Musrembang Program Pembangunan Yang Telah Tersusun Dan Menjadi Skala Prioritas

0
90 views

Oleh Redaksi

MONALISA | SIANTAR | -Musyawarah perencanaan pembangunan (Musrenbang) dijadikan untuk memadukan pola perencanaan pembangunan dari top down dan bottom up secara berjenjang, sesuai dengan UU nomor 25 Tahun 2014, hal tersebut disampaikan Walikota Hefriansyah, SE, MM saat membuka Musrenbang di kantor kecamatan Siantar Selatan, Jalan Pahae no. 36, Selasa (20/2).

Kali ini Musrenbang tingkat kecamatan yang pertama di Siantar Selatan digelar, dari delapan kecamatan yang yang ada di kota Pematangsiantar, Musrenbang kecamatan dilaksanakan setelah tahapan pertama, dimulai dari tingkat kelurahan sampai tingkat nasional yang bermuara ke pada penyusunan rencana kerja pembangunan daerah (RKPD) tahun anggaran berikutnya.

Dalam Permendagri nomor 86 tahun 2017 mengamanatkan, bahwa perencanaan pembangunan daerah harus melalui mekanisme Musrenbang yang berbasis elektronik dengan fasilitas e-planning pemerintah kota melalui OPD yang membidangi, dalam hal ini Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BAPPEDA).

Dalam acara Musrenbang kecamatan Siantar Selatan tersebut tampak hadir anggota DPRD, Asisten II bidang pembangunan dan perekonomian, para pimpinan OPD, unsur pimpinan kecamatan (USPIKA), para lurah, PKK kecamatan dan para perwakilan warga dari masing-masing kelurahan.

Dalam sambutannya Walikota menjelaskan, sejak tanggal 16 Januari 2018 telah dilaksakan rembug warga di seluruh kelurahan, dan tanggal 29 Januari s/d 7 Februari 2018 dilaksanakan musrenbang kelurahan yang menghasilkan daftar sekala prioritas bidang infrastruktur, sosial budaya dan ekonomi, selanjutnya pada musrenbang kecamatan akan di presentasikan kembali dengan tujuan.

Membahas dan menyepakati hasil yang akan menjadi prioritas kegiatan pembangunan di wilayah kecamatan, menetapkan prioritas pembangunan tingkat kecamatan yang belum tercakup di tingkat kelurahan, melakukan klasifikasi atas prioritas kegiatan pembangunan kecamatan sesuai dengan fungsi OPD melalui aplikasi e-planning.

Berita Terkait: 👉  SAM KARYA Gelar Event Motocross & Grasstrack

Sebelum mengakhiri Walikota menegaskan “hasil musrenbang bukan hanya daftar usulan kegiatan, tetapi sudah merupakan daftar sekala prioritas” katanya, seraya berharap agar kegiatan ini berjalan dengan baik dan produktif, untuk menjadikan kota Pematangsiantar yang lebih mantap maju dan Jaya. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here