Daftar Tunggu Calon Jemaah Haji Simalungun Capai 2.460 Orang

0
52 views

Oleh Redaksi

MONALISA |SIMALUNGUN | – Jamaah calon haji/hajjah (calhaj) tahun 1439 H/2018 M asal Kabupaten Simalungun yang akan melaksanakan ibadah haji pada musim haji tahun ini, memasuki tahapan manasik haji.

Secara resmi pelaksanaan manasik haji Kabupaten Simalungun tahun 1439 H/2018 M tersebut di buka oleh Bupati diwakili Wakil Bupati Simalungun Ir H Amran Sinaga MSi, bertempat di gedung MUI Simalungun Kecamatan Siantar Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara, Selasa 13/03/2018.

Kegiatan manasik haji itu mengusung tema: “Merajut kebersamaan, meneguhkan keimanan dalam menggapai kemabruran”. Sedangkab sub tema: “Haji sepanjang hayat”. Diawali dengan pembacaan Al- Qur’an oleh M Yarham

Tampak hadir dalam acara tersebut diantaranya, Ketua MUI Simalungun H Abdul Halim Lubis LC MM, Kakankemenag Sakoanda Siregar SAg, para KUA se-Kabupaten Simalungun, Ikatan Persaudaraan Haji (IPHI) Simalungun dan perwakilan bank mitra Kemenang dalam pelunasan biaya haji.

Kasie bidang haji dan umroh Kemenag Simalungun H Amrisam SAg MM dalam laporannya mengatakan bahwa kegiatan manasik haji bagi jamaah calhaj asal Kabupaten Simalungun dilaksanakan berdasarlan kebijakan Kakankemenag Simalungun untuk membekali ilmu pengetahuan sebagai pedoman kepada para jamaah calhaj dalam melaksanakan ibadah haji nantinya, sekaligus dalam rangka membagi zona manasik.

Menurut Amrisam, kegiatan manasik ini dilaksanakan mulai 13 Maret 2018 hingga bulan Mei 2018 mendatang, dan pada tanggal 21 Maret 2018 nantinya para calon haji dan hajjah Simalungun akan melaksanakan manasik haji akbar di Medan.

“Kegiatan manasik ini dibagi dalam empat zona yakni kecamatan Siantar, Dolok Batu Nanggar, Bandar dan Bandar Masilam. Dan tanggal  21 Maret 2018 akan dilaksanakan manasik haji akbar di Medan,”jelasnya.

Selama melaksanaan manasik haji, materi manasik akan diisi oleh narasumber dari MUI Simalungun, Kementerian agama Provinsi dan Simalungun, IPHI Simalungun dan pembimbing haji yang bersertifikat. Hingga saat ini jumlah calhaj yang terdaftar dan akan melaksanaan manasik haji sebanyak I61 orang.

Namun dari jumlah tersebut, sebanyak 6 orang tidak dapat berangkat karena meninggal dunia (3 orang) dan sakit (3 orang). “Dan sampai saat ini, jamaah haji Simalungun masih yang terbaik di Sumatera Utara,”sambung Amri.

Sementara itu, Bupati Simalungun diwakili Wakil Bupati Ir H Amran Sinaga MSi dalam sambutannya menyampaikan apresiasi atas meningkatnya jumlah jamaah haji Simalungun pada tahun 2018 ini. “Alhadulillah ada peningakatan jumlah jamaah calon haji kita dari Simalungun sekitar 36 orang dari tahun lalu,”ungkapnya.

Dikatakan, kegiatan manasik haji bagi jamaah calhaj yang akan melaksanakan ibadah haji sangat penting, sebagai bekal ilmu pengetahuan yang akan dipedomani dalam melaksanakan ibadah haji nantinya.

Pemkab Simalungun akan terus berupaya untuk memberikan dukungan kepada jamaah haji, baik dalam proses pemberangkatan maupun kepulangan nantinya.

“Kita juga akan memberikan tali kasih kepada jamaah calon haji tahun ini sebesar Rp 2 juta, sebagai bentuk dukungan terhadap jamaah haji,”ucapnya.

Selanjutnya, Wakil Bupati Simalungun meghimbau kepada peserta manasik haji untuk mengikuti kegiatan ini dengan sebaik baiknya, sehingga dalam melaksanaan ibadah haji nantinya dapat berjalan dengan baik.

Dari kegiatan itu diperoleh informasi bahwa hingga saat ini jumlah jamaah haji yang berangkat dan telah terdaftar pada daftar tunggu sebanyak 2.460 orang.(*)

 

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY