Pemkab Simalungun gelar musrembang RKPD 2019

0
86 views

Oleh Hera Munthe

MONALISANEWS | PAMATANG RAYA | – Pemerintah Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara, menggelar Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) untuk menyusun Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tahun 2019.

Pelaksanaan Musrenbang tersebut berlangsung selama tiga hari mulai tanggal 14 s/d 16 Maret 2018 melalui diskusi kelompok, yang diikuti oleh satuan kerja perangkat daerah (SKPD), DPRD, staf ahli Bupati, utusan per kecamatan, tokoh masyarakat, tokoh agama,  tokoh masyarakat, akademisi, LSM, perbankan, BUMD, PKK, dharma Wanita dan GOW.

“Kegiatan ini tindak lanjut Musrenbang tingkat desa dan kecamatan untuk memantapkan program pembangunan kedepan,” kata Kepala Bappeda, Sarimuda Purba SSos MSi pada pembukaan acara di Auditorium T Djohan Garingging Simalungun City Hotel Pamatang Raya kabupaten Simalungun Suamtera Utara, Rabu 14/03/2018.

Musrenbang merupakan media utama konsultasi publik bagi pemangku kepentingan daerah untuk menetapkan program dan kegiatan pembangunan serta rekomendasi kebijakan penyempurnaan RKPD.

Harapan, terciptanya keselarasan prioritas pembangunan daerah dengan arah kebijakan, prioritas dan sasaran  pembangunan daerah, Provinsi dan Nasional.

Gubernur Sumatera Utara Dalam sambutan tertulisnya yang di bacakan Asisten III Administrasi Umum dan Aset, Zonny Waldi menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya proses perencanaan dan evaluasi pembangunan di Kabupaten Simalungun.

Gubernur berharap kegiatan Musrenbang dapat merumuskan program dan sasaran pembangunan yang berorientasi kepada kepentingan masyarakat.

Sementara itu, Wakil Ketua DPRD Simalungun, Timbul Jaya Sibarani berpesan supaya pembahasan perencanaan pembangunan disesuaikan dengan kemampuan kas, dengan fokus pada infrastruktur. “Bidang lain penting, tetapi infrastruktur menjadi prioritas,” katanya.

Bupati melalui Wakil Bupati, H Amran Sinaga dalam sambutannya menyampaikan harapan supaya Pemprov Sumut lebih memperhatikan pembangunan di Simalungun terutama infrastruktur jalan provinsi yang berada di wilayah kabupaten Simalungun sepanjang 239,66 KM yang sangat membutuhkan perhatian.

Berita Terkait: 👉  JR Saragih: "Partai Demokrat Harus Kompak,Jalin Silaturrahmi Sesama Kader"

Kepada Pemprovsu juga diharapkan memberikan perhatian untuk mengalokasikan dana melalui bantuan keuangan provinsi sebagai upaya percepatan pembangunan. Kepada peserta diharapkan untuk memberikan sumbangsih pemikiran melalui dialog yang konstruktif dan inovatif saat pembahasan perumusan dalam menyepakati program dan kegiatan kabupaten Simalungun tahun 2019 mendatang.(*)

 

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY