Tarian Multi Etnis & Pesta Kembang Api Meriahkan Pembukaan PRSU 2018

0
93 views

Oleh: Syarifuddin Simatupang

MONALISANEWS | MEDAN | -Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Dr. H. T. Erry Nuradi, M.Si didampingi Bupati dan Walikota se Sumatera Utara (Sumut) dan Staf Ahli Menteri Bidang Multikultural Kemenpar membuka secara resmi Pekan Raya Sumatera Utara (PRSU) Ke-47 Tahun 2018, Minggu (18/3-2018) di Tapian Daya Medan.

Dalam sambutannya Gubsu mengatakan, PRSU dilaksanakan secara rutin setiap tahunnya dan baru pada tahun 2018 ini PRSU dimasukkan sebagai salah satu dari 100 even nasional oleh Kementerian Pariwisata Republik Indonesia (Kemenpar), selain even Pesta Danau Toba dan Festival Yahoowu di Nias.

Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprovsu) pun telah meluncurkan 100 destinasi pariwisata di Sumatera Utara (Sumut) yang tersebar di 33 kabupaten dan kota se Sumut, dengan 82 even pariwisata yang digelar setiap tahunnya. Gubsu juga berharap dari 82 even pariwisata yang digelar itu ada yang menambah 3 even dari Sumut yang telah masuk dalam 100 even pariwisata nasional.

Dikatakannya, dengan penanganan yang serius dan profesional serta berkesinambungan. Maka pariwisata Sumut sebagai salah satu destinasi pariwisata nasional memiliki daya saing yang kuat dalam menarik wisatawan manca negara dan wisatawan nusantara untuk berkunjung ke Sumut.

“Untuk itulah, penyelenggaraan PRSU ini akan ditangani oleh BUMD, dimana sebelumnya dikelola oleh Yayasan agar semakin profesional. Adanya paviliun kabupaten/kota di lokasi PRSU sebagai miniatur Sumut dengan besarnya potensi unggulan daerah yang ditawarkan, keberagaman etnis dan budayanya diharapkan ke depan PRSU dapat buka setiap hari dengan penyajian yang semakin kreatif dan inovatif”. kata Gubsu.

Selanjutnya disampaikan Gubsu, Kabupaten dan kota se Sumut juga dapat menindaklanjutinya sebagai ajang promosi potensi daerah yang efektif termasuk dalam mempromosikan dan mengembangkan investasi bidang pariwisata.

Berita Terkait: 👉  Wabup Simalungun Hadiri Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW di Kecamatan Bandar. Ajak Masyarakat Dukung Pembangunan Islamic Center.

Gubsu mengucapkan terimakasihnya. Pembukaan PRSU 2018 yang turut dihadiri oleh Staf Ahli Menteri Bidang Multikultural Kemenpar Easty Reko Astuty dan undangan lainnya. Gubsu juga mengucapkan terima kasih dan mengapresiasi peran aktif pemerintah kabupaten dan kota se Sumut yang terus mengikuti even PRSU ini setiap tahunnya.

“Dengan partisipasi dan kreatifitasnya sehingga penyelenggraan PRSU semakin baik dari tahun ke tahun. Konsep PRSU dikemas semakin menarik sehingga selain sebagai ajang promosi untuk menjadikan Sumut sebagai destinasi investasi, pariwisata dan perdagangan, menuju Sumut semakin baik dan paten, juga mampu menghadirkan hiburan bagi masyarakat”. ujar Tengku Erry.

Sementara itu, Menteri Pariwisata Republik Indonesia yang diwakili oleh Staf Ahli Menteri Bidang Multikultural Kemenpar Easty Reko Astuty menyampaikan bahwa sebenarnya ada 110 agenda pariwisata yang ditetapkan oleh Kemenpar, yaitu 100 kalender even wonderfull dan 10 kalender even nasional pariwisata Indonesia.

Dari Sumut ada 3 even, yaitu PRSU, Pesta Danau Toba, dan Festival Yahoowu di Nias. Melihat buku pariwisata yang diterbitkan oleh Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprovsu) ada 100 destinasi pariwisata dan 82 even pariwisata Sumut maka diharapkan akan ada penambahan kalender even pariwisata Indonesia.

Pemprovsu, kabupaten dan kota se Sumut, pelaku usaha dan masyarakat harus terlibat benar-benar serius dalam mengembangkan pariwisata daerah secara sinergis, termasuk memperkuat sinergitas Kemenpar dan Pemprovsu di bidang pariwisata.

Kemenpar pun siap memberikan pendampingan kepada Pemprovsu dalam menggelar even pariwisatanya.

Lanjutnya, di Sumut ada prioritas pembangunan nasional di bidang Pariwisata, seperti Kawasan Danau Toba.

Untuk itu, sesuai dengan harapan Presiden Republik Indonesia Bapak Joko Widodo, setiap even pariwisata yang digelar harus ditangani secara serius dan profesional.

Berita Terkait: 👉  Apa Tupoksi Pendamping Desa?

Kemenpar mengapresiasi Gubsu, Bupati dan Walikota se Sumut, pelaku usaha pariwisata, serta pemangku kepentingan yang terlibat atas terselenggaranya PRSU Ke-47 Tahun 2018 ini. “Ke depan, gelaran PRSU akan semakin baik dan memberikan commercial value yang semakin baik untuk pengembangan pariwisata Sumut dan nasional”. sebutnya.

Acara pembukaan PRSU itu berlangsung meriah dengan tarian multi etnik yang menggambarkan keberagaman etnis dan kekayaan budaya yang ada di Sumatera Utara dan ditutup pesta kembang api.

Setelah acara pembukaan PRSU 2018 itu, Gubsu mengunjungi stand kabupaten/kota dan instansi jawatan lainnya di lokasi Tapian Daya, tempat PRSU 2018 itu digelar.PRSU Ke-47 Tahun 2018 ini digelar mulai 16 Maret 2018 hingga 16 April 2018 di Tapian Daya Medan.(*)

 

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY