Bupati Tapteng : “Pembangunan Smart Regency Dekatkan Pelayanan Kepada Masyarakat Secara Online”

0
49 views

Oleh: Syarifuddin Simatupang

MONALISANEWS | MEDAN | – Bupati Tapanuli Tengah (Tapteng) Sumut, Bakhtiar Ahmad Sibarani dukung pembangunan Tapteng Smart Regency, untuk mendekatkan pelayanan publik kepada masyarakat secara online.

Hal ini disampaikan Bupati Tapteng dan rombongan saat melakukan kunjungan kerja (kunker) ke Kantor Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) di Medan, yang diterima oleh Gubsu Dr HT Erry Nuradi MSi, diwakilkan Kadis Kominfo Provsu Drs H Mhd Fitriyus SH M SP, beserta Kabid e-Government Dra Eli Suhaeriyah MSi, dan jajarannya, Rabu (21/3-2018) di Ruang Sumut Smart Province lantai 6 Kantor Gubsu di Medan.

Bupati Bakhtiar A Subarani melanjutkan kunjungan kerjaanya  (kunker) ke Pemko Binjai yang diterima oleh Walikota Binjai HM Idaham SH MSi, diwakilkan Sekretaris Daerah Kota Binjai M Mahfullah Pratama Daulay SSTP MAP, beserta Pimpinan SKPD dan jajarannya, Rabu (21/3-2018) di Gedung Command Center Pemko Binjai.

Saat pertemuan kunker di Kantor Gubsu, Kadis Kominfo Provsu mengapresiasi kunjungan Bupati dan Wakil Bupati Tapteng, beserta DPRD Tapteng dan jajaran SKPD. Bupati Tapteng begitu serius dalam membangun sarana dan prasarana Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) untuk menerapkan e-Government, mendekatkan pelayanan publik secara online kepada masyarakat Tapteng.

Kadis Kominfo Provsu dalam sambutannya mengaku bangga dan bahagia atas kehadiran Bupati dan Wakil Bupati Tapteng pun hadir pada saat Launching Sumut Smart Province di Kantor Gubsu . Komitmen Bupati dan DPRD Tapateng Insya Allah, dengan anggaran yang tersedia, sumber daya manusia (SDM) yang tersedia dan handal, metodenya sudah ada sistem yang mengaturnya, aplikasi-aplikasi yang dibuat maka ini dapat diwujudkan.

“Aplikasi terintegrasi Pemprovsu ini sebenarnya banyak pelayanannya di kabupaten/kota. Apalagi contoh Tapteng, yang jarak wilayahnya jauh, misalnya dari Manduamas mau berobat ke Pandan. Cukup buat antrian online agar jauh-jauh datang tidak lama antri hingga urusan yang lebih kompleks. Kita bisa mengetahui laporan apa saja, sekolah, pelayanan perizinan, dan lainnya”.

Berita Terkait: 👉  Pasokan Bahan Pokok di Simalungun Tetap Aman Meski Mendekati Bulan Puasa

Bahkan dengan tanda tangan digital bisa cepat keluar ijinnya. Mungkin ada kendala di jaringannya, bisa kita cari jalan keluarnya, misalnya bandwith yang mendukung. Yang paling penting juga perlu pengadaan server. Ini memang sangat mahal tapi kita harus mulai,” kata Kadis Kominfo Provsu.

Ada beberapa tahap, lanjut Kadis Kominfo Sumut, pembangunan infrastruktur ada untuk gedung atau ruang audio visual, membangun berbagai aplikasi yang dapat diadopsi dan dikembangkan sendiri konsepnya hingga mandiri, ini dibawah pendampingan Korsupgah KPK.

“Kita buat nota kesepahaman hingga dapat aplikasi yang gratis. Seperti halnya Sumut Smart Province, support gadget demikian pula nantinya di Tapteng dapat terbangun seperti ini. Berbagai informasi dan pelayanan dengan mudah dapat dilihat secara online dan real time dari handphone”. ujarnya.

Selanjutnya, Bupati Tapteng Bakhtiar Ahmad Sibarani mengatakan, melalui kunker ini mendapat banyak masukan terkait TIK Sumut Smart Province untuk dapat diwujudkan di Tapteng dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat dan memberikan rasa aman dalam hal potensi tindakan kriminal dan berbagai solusi yang berkembang di tengah masyarakat.

Adanya infrastruktur TIK yang handal juga diharapkan dapat mendukung pengambilan keputusan yang cepat dan memberi keyakinan kepada Pemerintah dan Pemprovsu dalam hal dukungan dan bantuan pembangunan di Tapteng.

“Saya sangat berharap kerjasama yang baik dengan Bapak-bapak Anggota Dewan agar ini bisa terwujud. Oleh sebab itu, saya akan tugaskan Kadis kominfo untuk mengajukan anggaran ini, menyediakan sumber daya manusianya untuk kebaikan bersama”.

Selanjutnya disampaikan Bupati dapat sekaligus terwujud, minimal kondisi wilayah terlebih dahulu dapat mengetahui permasalahan dengan cepat termasuk untuk trantip kita kerja sama juga nanti dengan Polres, untuk mengurangi tindakan kriminal di Tapteng melalui dukungan aplikasi. SDM juga disediakan dengan baik.

Berita Terkait: 👉  Keluarga Heboh Dapat Kabar Ada ‘Miscall’ Dari ABK Yang Hilang Kontak

“Jadi, ini saya sampaikan bahwa Insya Allah secepatnya yang memungkinkan sesuai dengan aturannya”.

“Kami mendapat rahmat, dan kepercayaan baik dari provinsi dan pusat bahwa anggaran BKP dan DAK, khususnya DAK Fisik dapat naik oleh upaya yang kita lakukan melalui berbagai proposal usulan pendanaan pembangunan dan mendapat respon dukungan, seperti BKP yang sebelumnya 0 rupiah menjadi 54 milyar”. kata Bupati.

Apalagi dengan sistem kita seperti ini, kata Bupati lagi, tentu kita cepat tahu apa yang akan kita bangun dan solusinya, termasuk menunjukkan kondisinya secara online dan mendapat dukungan dari provinsi dan pusat melalui kementerian.

“Kami tetap minta dukungannya, khususnya dengan Provsu ini yang harus kita lakukan. Begitu ada persoalan, dapat dicarikan solusinya dengan cepat. Masyarakat merasa terayomi dengan baik”. ujar Bupati Tapteng.

Sementara itu, Kabid e-Government Dra Eli Suhaeriyah MSi, menyampaikan berbagai jenis aplikasi terintegrasi pada Sumut Smart Province yang dapat diakses oleh dinas instansi, berbagai badan usaha, dan masyarakat secara online dan bisa diunduh (download) melalui gadget/smartpone.

Selanjutnya, Bupati Tapteng dan rombongan didampingi Kadis Kominfo Provsu dan jajarannya menyaksikan Ruang Audio Visual Sumut Smart Province berupa Command Center, Ruang Datacenter, dan berbagai sarana dan prasarana TIK Provsu.

Diakhir pertemuan itu, Bupati Tapteng dan Kadis Kominfo Provsu saling memberi cinderamata sebagai wujud penghargaan dan keseriusan kedua belah pihak untuk saling mendukung implementasi e-Government di Tapteng dengan baik. Bupati dan Wakil Bupati Tapteng juga membuat testimoni atas Sumut Smart Province.

Kemudian, Bupati Tapteng Bakhtiar Ahmad Sibarani dan rombongan kunker ke Pemko Binjai untuk menyaksikan secara langsung Binjai Smart City. Pada saat itu, Sekda Kota Binjai memaparkan berbagai aplikasi terintegrasi yang telah tersedia di Kota Binjai, baik untuk urusan internal pemerintahan maupun untuk pelayanan kepada masyarakat yang telah dapat diunduh (download) melalui gadget/smartpone.

Berita Terkait: 👉  Harga Getah Karet "Tidak" Beranjak Naik

Bupati Tapteng dan rombongan juga melihat datacenter dan command center di Pemko Binjai. Diakhir kunker ke Pemko Binjai, Bupati Tapteng dan Sekda Kota Binjai bertukar cinderamata.

Bupati Tapteng dan rombongan mendapat masukan berharga atas kunker itu dalam rangka membangun Tapteng Smart Regency sebagai salah satu upaya dalam memberhasilkan visi dan misi Kabupaten Tapteng.

Saat kunker ke Pemprovsu dan Pemko Binjai, Bupati Tapteng Bakhtiar Ahmad Sibarani didampingi Wakil Bupati Tapteng Darwin Sitompul, Pimpinan dan Anggota DPRD Tapteng Komisi A, Plt Kadis Kominfo Kab. Tapteng Dedy Sudarman Pasaribu SP, Plt. Kepala Bappeda Tapteng Drs Antonius Simanjuntak, Plt Sekretaris DPRD Tapteng Anton Sujarwo B SSTP MM, Plt Kadis Pariwisata Tapteng Rahmad Jambak, SSTP MM, Kabag Humas Fadlan Satia Siregar SSTP, Kabag Sumber Daya Aparatur Darwin Pasaribu SE, Sekretaris Dinas Kominfo Kab. Tapteng Torang Maruli Tua Tamba S.St. PI MM beserta Kabid Layanan Kominfo Sonny Juanda Nst ST dan Tim Teknologi Informasi (TI), Sekretaris Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu (Dinas PMPPTSP) Tapteng Irwansyah Tanjung SE, Kabid Pelayanan Perizinan Maslan Barutu SE, Kabid Anggaran BPKPAD Kab. Tapteng Ronny Paslah Siregar SE. Kunker Bupati Tapteng dan rombongan didampingi oleh Tim Koordinasi dan Supervisi Pencegahan (Korsupgah) Komisi Pemberantasan Korupsi Republik Indonesia (KPK RI)  M. Safri Lubis.(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here