Bupati Tapteng Lepas Peserta Pawai Taaruf MTQ Ke-44 & FSQ Ke 29 Tahun 2018 di Barus

0
168 views

Oleh: Syarifuddin Simatupang

MONALISANEWS | TAPTENG | – Bupati Tapanuli Tengah (Tapteng) Sumut, Bhaktiar Ahmad Sibarani didampingi wakilnya Darwin Sitompul lepas ribuan peserta Pawai Taaruf MTQ ke-44 dan FSQ ke-29, Kamis 5/4-2018) dilapangam Merdeka Barus Tapteng.

Sebanyak 898 kafilah dari 20 kecamatan se- Tapteng mulai bersaing di ajang Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) tingkat Kabupaten Tapteng ke-44. Kegiatan tahunan tersebut digelar di Kecamatan Barus Tapteng.

Pelepasan pawai taaruf oleh Bupati Tapteng, Bhaktiar Ahmad Sibarani, dan Wakilnya Darwin Sitompul, Ketua Tim Penggerak (TP) PKK Tapteng Ny Citra Bhatiar Ahmad Sibarani, wakil ketua TP-PKK Tapteng Ny Juliana Darwin Sitompul, Forkopimda Tapteng,  Anggota DPRD, Sekdakab, dan SKPD Pemkab Tapteng.

Tokoh agama, Toloh Masyarakat, Tokoh pemuda, KNPI dan Organisasi kepemudaan serta sejumlah elemem Masyarakat dari depan Mesjid Raya Barus, finis di lapangan Medeka Barus pusat kegiatan.

Peserta pawai yang diikuti oleh ribuan masyarakat Kecamatan serta perwakilan dan pegawai dari seluruh kontingen dari 20 kecamatan mulai sekitar pukul 14.00 wib. Barisan utama di bawa oleh Marching band SMA Mata Uli Pandan, di ikuti Marching Band  MTSN Barus, MIN Barus dan sejumlah marching tingkat SD, dan SMP yang ada di Kecamatan Barus.

Selama pawai berlangsung, arus lalu lintas di ruas jalan Ahmad Yani dan jalan Hamza Fansuri, menuju jalan Muhammad Yamin, dan jalan KsTubun hingga jalan Jendral sudirman tersebut ditutup.

Peserta pawai datang dengan berjalan tertib dan berbaris, dengan membawa hiasan, beberapa menggunakan busana yang unik khas daerah pesisir Barus yang menarik perhatian pengunjung.

Namun paling dominan para peserta pawai menggunakan baju khas daerah pesisir, dengan berbagai permak pernik warna pesisir Sikambang. Peserta pawai melintasi panggung kehormatan, Bupati, Wakil Bupati Tapteng, Ketua DPRD Tapteng dan pejabat Pemkab Tapteng.

Berita Terkait: 👉  Sebanyak 321 Calon Panwascam Tapteng Mengukuti Seleksi Ujian Tertulis

Bupati Tapteng mengatakan, MTQ merupakan agenda rutin yang dilakukan oleh Pemkab Tapanuli Tengah dengan tujuan untuk menyiarkan Islam dan menggaungkan serta membumikan membaca Alquran.

”Jadi keinginan untuk anak-anak magrib mengaji ini juga harus terus didorong. Karena bagaimana pun untuk bisa memahami kandungan isi Alquran, tentunya diawali dengan membacanya, kemudian memahami isi kandungannya, dan mengamalkannya”. katanya.

Kata Bupati lagi, Itu yang kita dorong supaya tersosialisasi dengan baik keseluru masyarakat di Kabupaten Tapteng.

“Sedangkan terkait pawai taaruf, Bhaktiar mengatakan, bahwa dirinya sangat terharu menyaksikan ribuan peserta pawai yang turut menyemarakkan pawai”. pungkasnya.

Bupati mengaku bangga sebagai putra daerah, sekaligus bangga melihat kontingen yang ada di masing-masing kecamatan.

”Dengan pawai taaruf yang di iukti lebih dari seribu warga dan di meriahkan marching band, kesenian dan kebudayaan lainnya. MTQ tingkat Kabupaten  juga sebagai persiapan untuk di tingkat Provinsi Sumut nantinya”. ujarnya.

Bupati menyampaikan, pemenang juara umum di MTQ Tingkat Kabupaten akan mendapat Hadiah dari Pemkab Tapteng, yaitu Umroh.

Oleh karena itu, harap Bupati, agar semua peserta dapat menunjukkan keahliannya. Pemenang juara dua tingkat kabupaten nantinya akan mendapatkan satu unit Sepeda motor .

“Saya sangat terharu saat melepas pawai banyaknya peserta pawai membuat saya terharu Saya sebagai putra daerah Barus. Dan juga kepada Masyarakat Kristiani, Katolik yang juga turut serta meramaikan pawai Taaruf. Ini membuktikan isu agama tidak mempan di Tapanuli Tengah”. tukas Bupati.

Kemudian Bupati menyampaikan, atas Nama Pemerintah Tapteng dan atas nama pribadi  mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada Panitia inti khususnya  Panitia Lokal yang diketuai oleh Bapak Ahmad rivai sibarani  yang telah bekerja keras sehingga acara Pembukaan MTQ ke 44 dan FSQ ke 29 Tingkat Tapteng Tahun 2018.

Berita Terkait: 👉  BABINSA GELAR PELATIHAN PBB DAN TALIMENALI KEPADA ANGGOTA PRAMUKA

Terpisah ketua panitia lokal Ahmad Rivai Sibarani Mengatakan, selurh kontingen dari 20 kecamatan sudah hadir di Barus. Sedangkan pawai di lepas dari halaman mesjid Raya Barus Pawai Taarif di ikuti sebanyak 8 Marching  band Tingkat SMA Dan SMP dan SD. Serta 898 orang kontingen dari 20 kecamatan di Tapteng.(*)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here