Peran Ulama Sangat Strategis Membantu Pemerintah.

0
91 views

Oleh Redaksi

MONALISANEWS | SIMALUNGUN | – Peran ulama sangatlah strategis membantu pemerintah dalam upaya memberikan pengayoman pada setiap organisasi masyarakat, tempat ibadah, perkumpulan sosial masyarakat dalam memberikan penyejuk, kerukunan dan kedamaian.

Hal itu dikatakan Bupati dalam sambutan terulisnya yang dibacakan Wakil Bupati Simalungun Ir Amran Sinaga MSi saat membuka seminar dan talk show dalam rangka memantapkan wawasan kebangsaan dan NKRI dalam presfektif Islam, bertempat di Gedung MUI Kabupaten Simalungun Sumatera Utara, Selasa 10/04/2018.

Dikatakan bahwa dalam kegiatan ini pemerintah daerah bersama masyarakat duduk bersama dengan MUI untuk memberikan bimbingan dalam menjadikan Kabupaten Simalungun lebih baik dan kondusif, harmonis tanpa ada pertentangan.

Oleh karena itu mari kita ikuti kegiatan ini dengan sebaik baiknya, sehingga menjadi kekuatan bagi kita untuk memperoleh rasa persatuan bangsa dan saling toleransi sesama dalam wadah Bhineka Tunggal Ika. “Tidak boleh menjelek jelekkan satu suku dan agama, apalagi daerah kita terdiri dari multi etnis, suku, ras dan agama. Mari kita bangun kabupaten ini dengan semangat kebangsaan yang kaya dengan budaya dan penuh dengan toleransi dan keharmonisan.”ujarnya.

Lebih lanjut, Bupati juga menyampaikan bahwa, tahun 2018 ini akan dilaksanakan perhelatan besar yakni pesta demokrasi pemilihan gubernur dan wakil gubernur Sumatera utara yang dijadwalkan berlangsung 27 Juni 2018, untuk itu mari sama sama kita sukseskan pesta demokrasi tersebut dengan tetap menjaga suasana kondusif. Jauhkan berita hoax yang dapat mengundang perpecahan di tengah tengah masyarakat.

Bupati juga menyampaikan terima kasih kepada MUI Kabupaten Simalungun atas inisiatifnya melaksanakan seminar dan talk show ini, karena peran ulama juga turut memberikan pencerahan dan memberikan raya nyaman dan kesejukan kepada masyarakat.

Berita Terkait: 👉  Membangun Komunikasi Dengan Olah Raga

Sebelumnya ketua MUI H Abdul Halim Lubis LC MM dalam sambutan antara lain mengajak kepada peserta untuk kegiatan seminar dengan tekun materi yang diberikan oleh nara sumber sehingga pemahaman wawasan kebangsaan lebih mantap. “Mari kita bawa negara dan bangsa ini lebih baik lagi.” Ujarnya.

Topik ini dipilih agar umat islam lebih paham tentang NKRI karena selama ini umat islam merasa numpang di negara ini, padahal dalam merebut kemerdekaan adalah perjuangan ulama, umat dan oramas islam.,”Mari kita ikuti dengan tekun apa yang disampaikan nara sumber  sehingga pemahaman wawasan kebangsaan terhadap diri kita lebih mantap untuk berbangsa dan bernegara,”ungkap Ketua MUI Simalungun ini.

Kegiatan  seminar dan talk show tersebut dilaksanakan selama satu hari penuh, diawali dengan pembacaan ayat suci Al Qur’an oleh Rudi Hartono SAG. Peserta seminar terdiri dari KUA, pengurus ormas islam, MUI Kecamatan, penyuluh agama islam, pegawai pembantu pencatat nikan (P3N), badan kemakmuran mesjid (BKM) se-Kabupaten Simalungun dengan jumlah sekitar 300-an orang.

Sebagai nara sumber dalam kegiatan itu berasal dari MUI Provinsi Sumut dan MUI Kabupaten Simalungun dengan moderator dari Kemenag Kabupaten Simalungun.

Acara  juga diikuti oleh pengurus MUI Prov Sumut yakni Dr H Ardiansyah LC MA, Dr H Thohir MA, pimpinan perbankan, Kakan Kemenag Simalungun dan para pimpinan Ormas Islam se Kabupaten Simalungun.(*)

 

 

 

Baca Juga

Berita Terkait: 👉  Camat Bandar Tutup Porseni Nagori Sidotani 2017

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here