Rapat Pleno Rekapitulasi DPSHP

0
136 views

Oleh Ekolin

MONALISANEWS | SIMALUNGUN | – Seluruh Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Jajaran Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Simalungun, telah melaksanakan rapat pleno terbuka penetapan Rekapitulasi Daftar Pemilih Sementara Hasil Perbaikan (DPSHP), dalam pemilihan gubernur dan wakil gubernur Sumatera Utara tahun 2018.

Rapat pleno tersebut berlangsung secara serentak pada hari Kamis, 12 April 2018. Di Kecamatan Panei, pleno dilaksanakan pukul 14.00 WIB, di ruang harungguan kantor Camat Panei.

Pleno tampak dihadiri 5 orang Komisioner PPK, Ketua Panwas Kecamatan Panei Henok Siadari SH, anggota Panwascam Lamhot Samosir, Mewakili Camat, Perwakilan Kapolsek dan Danramil, Tim Pasangan Calon, Panitia Pemungutan Suara (PPS), dan Panitia Pengawas Lapangan (PPL) se Kecamatan Panei

Amatan wartawan, acara berlangsung antusias, tertib dan lancar. Pleno di moderatori oleh komisioner PPK Jonli Simarmata ST, diawali dengan sambutan, dilanjutkan dengan penyampaian hasil rekapitulasi DPSHP dari setiap Nagori, pembacaan Berita Acara (BA) rekapitulasi DPSHP tingkat Kecamatan dan diakhiri dengan serah terima rekapitulasi DPSHP dan penutupan pleno oleh Ketua PPK.

Ketua KPU Simalungun, Adelbert Damanik ST melalui Ketua PPK Kecamatan Panei, Rismel Parulian Sinaga, saat diwawancarai wartawan mengatakan bahwa sesuai Daftar Pemilih Sementara Hasil Perbaikan (DPSHP), total pemilih di Kecamatan Panei berjumlah 16422 orang.

Dia menerangkan, bahwa sebelumnya PPK dan PPS se Kecamatan Panei telah melaksanakan pemutahiran data pemilih sejak 20 Januari 2018 yang lalu.

“Setelah melalui proses yang sangat panjang, akhirnya kami berhasil melakukan pemutahiran data pemilih. Ini semua berkat kerja keras dan kerjasama PPK dan seluruh PPS,” terang pria yang akrab disapa dengan nama Rismel itu.

Setelah pleno tingkat Kecamatan, lanjut Rismel, dalam waktu dekat akan berlangsung pleno penetapan Daftar Pemilih Tetap ditingkat Kabupaten, oleh KPU Simalungun. Setelah penetapan DPT di KPU Simalungun, apabila nantinya masih ada warga yang belum terdaftar di DPT namun memiliki KTP Elektronik, maka akan didaftarkan di DPTb.

Berita Terkait: 👉  Wakil Wali Kota Buka Rakorbang Triwulan II Tahun 2018

“Bagi warga yang belum memiliki KTP-El, maka kami sarankan agar segera mengurus KTP di Dinas Kependudukan,” jelasnya lagi.

Dia menambahkan, hal itu mengingat amanah UU Nomor 10 tahun 2016, yang menyebutkan bahwa setiap warga dapat memilih dengan syarat minimal 17 tahun dan atau bagi warga yang sudah menikah, yang dibuktikan dengan Kartu Keluarga, KTP-El dan Surat Keterangan dari Dinas Kependudukan.

“Artinya, apabila ada warga yang tidak memiliki KTP-El, maka tidak akan bisa memilih. Oleh karena itu, mohon agar segera mengurus KTP,” ungkap pria pemilik paras tampan itu, seraya tersenyum.(*).

 

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY