Wakil Bupati Simalungun Ir H Amran Sinaga MSi: “Administrasi Kependukan Sangat Penting Bagi Seluruh Masyarakat ”

0
71 views

Oleh Redaksi

MONALISANEWS | SIMALUNGUN | – Administrasi kependudukan seperti Kartu Tanda Kependudukan (KK) Kartu Keluarga (KK), Akte Kelahiran maupun Akte Kematian merupakan hal yang sangat penting bagi seluruh masyarakat untuk berbagai keperluan.

“KTP selain sebagai identitas diri juga untuk kebutuhan dalam mengurus berbagai keperluan kita, diantaranya untuk mencari pekerjaan, berpergian dan sebagainya,”ujar Wakil Bupati Simalungun Ir H Amran Sinaga MSi saat meninjau pelaksanaan kegiatan pelayanan administrasi kependudukan, KB dan Kesehatan secara gratis di Kecamatan Jawa Maraja Bah Bahjambi, Kabupaten Simalungun Sumatera Utara, Jum’at, 13/04/2018.

Kegiatah jemput bola yang dilaksanakan oleh Pemerintah Kabupaten Simalungun melalui Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, Badan Keluarga Berencana (KB) dan Dinas Kesehatan itu dipusatkan di Nagori Mekar Bahalat dan mendapat respon yang positif dari warga.

Menyinggung tentang akte kematian, Wakil Bupati mengimbau kepada masyarakat agar hal tersebut juga di urus, karena merupakan salah satu administrasi kependudukan sehingga warga yang sudah meninggal tidak lagi masuk dalam daftar kependudukan sekaligus Nomor Induk Kependudukannya (NIK) yang pernah dimiliki dapat segera dinonaktifkan agar tidak salahgunakan oleh orang-orang yang tidak bertanggungjawab.

“Ini untuk kebaikan kita bersama, apalagi saat ini pelaksanaan Pilkada Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Utara akan segera kita laksanakan, sehingga orang yang sudah meninggal tidak terdaftar lagi dalam datar pemilih,”jelas Wakil Bupati.

Oleh karenya, dalam kesempatan itu, Wakil Bupati menghimbau para pangulu dan perangkatnya termasuk gamot (kepala dusun) untuk berperan aktif dalam mengajak masyarakat untuk segera mengurus administrasi kependudukannya. Kepada masyarakat diharapkan untuk memanfaatkan kegiatan ini dengan sebaik-baiknya sehingga administrasi kependudukannya tertib. “Manfaatkan layanan ini dengan sebaik-bakinya dan tidak dipungut biaya,”ujarnya.

Sementara itu, Kadis Kependudukan dan Catatan Sipili Jon Rismantua Damanik SH MSi mengatakan bahwa pihaknya akan memberikan pelayanan hingga puluk 18.00 Wib, bahkan sampai malam hari sekalipun pihaknya siap memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Bagi masyarakat yang mengurus KK dan akte kelahiran maupun kematian yang sudah selesai kepengurusannya pada kesempatan itu juga diserahkan kepada masyarakat, namun untuk perekamanan KTP masih menunggu beberapa waktu, karena data yang direkam saat ini harus dikirim ke pemerintah pusat, untuk sementara warga yang mengurus KTP diberi surat keterangan bahwa KTP-nya masih dalam pengurusan.

Dalam kesempatan itu, Wakil Bupati Simalungun didampingi Kadis Kependudukan dan Catatan Sipil, mewakil Kepala Badan KB, Camat Jawa Maraja Bah Jambi dan para pangulu, menyerahkan KK dan Akte Kelahiran kepada masyarakat yang telah selesai kepengurusannya. Usai penyerahan itu, Wakil Bupati meninjau pelaksanaan pelayanan kesehatan dan KB yang lokasi yang tidak jauh dari layanan administrasi kependudukan.(*)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY