Sebanyak 111 Orang ASN Tapteng Ikuti Ujian Dinas Kenaikan Pangkat Golongan III & IV

0
234 views
Plt BKD Tapteng, Yetty Sembiring, saat Meninjau Pelaksanaan Ujian Dinas Kenaikan Pangkat Golongan III, dan golongan IV di SMA Negeri 1 Matauli Pandan.

Oleh: Syarifuddin Simatupang

MONALISANEWS | TAPTENG | РBadan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Tapnuli Tengah (Tapteng) Sumut, menyelengarakan ujian dinas  kenaikan Pangkat golongan III dan IV, Senin (23/4-2018) yang dilaksanakan di SMA Negeri 1 Matauli Pandan.

Plt Kepala BKD Tapteng, Yetty Sembiring SSTP MM menuturkan, sebanyak 111 orang ASN Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tapteng mengikuti Ujian Dinas Tingkat I diikuti 65 Orang, dan Tingkat II diikuti 46 orang di ruang Kelas Matauli Pandan.

“Ujian dinas ditujukan kepada ASN yang mau Naik Pangkat ke Golongan III, dan Golongan IV dari Dinas Instansi Tapteng, dengan menghadirkan Panitia Pelaksana Ujian dari BKN Regional VI Medan”. kata Kepala BKD Tapteng, Yetty Sembiring .

Ujian Dinas ini, lanjut Yetty Sembiring, diselenggarakan untuk mengetahui tingkat kemampuan setiap ASN yang akan naik pangkat/golongan lebih tinggi sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

“Selain itu, tujuan ujian penyesuaian kenaikan pangkat adalah, untuk mengetahui atau mengukur tingkat kemampuan. Serta kompetensi yang dimiliki oleh setiap ASN yang akan mengajukan kenaikan pangkat, penyesuaian ijazah berdasarkan ijazah yang dimilikinya”. ujar Yetty Sembiring.

Selanjutnya dikatakan Plt Kepala BKD, pelaksanaan Ujian Dinas Kenaikan Pangkat ini sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 12 Tahun 2002, tentang perubahan atas Peraturan Pemerintah Nomor 99 Tahun 2000, tentang Kenaikan Pangkat Pegawai Negeri Sipil.

Menegaskan, bahwa setiap Pegawai Negeri Sipil yang akan naik pangkat ke golongan yang lebih tinggi, wajib menempuh dan lulus ujian dinas atau ujian kenaikan pangkat penyesuaian ijazah. Kecuali ditentukan lain dalam Peraturan Pemerintah atau Peraturan Perundang-undangan yang berlaku.

“Berdasarkan hal tersebut di atas, Badan Kepegawaian Daerah Tapteng yang memiliki tupoksi di bidang kepegawaian berkewajiban untuk menyelenggarakan ujian dimaksud agar manajemen kepegawaian dapat berjalan dengan baik”. kata Yetty Sembiring.

Berita Terkait: ūüĎČ  Pemko Ajak Buruh Ciptakan Kondusif itas Bagi Investor

Pelaksanaan ujian ini, kata Yetty Sembiring lagi, harus berjalan subyektif mungkin didasarkan pada asas kompetensi. Tujuannya, agar output dari kegiatan tersebut dapat dipertanggungjawabkan akurasinya.

“Prinsip tersebut sesuai dengan semangat yang diusung dalam PP 12 Tahun 2002 tersebut, bahwa kenaikan pangkat adalah salah satu cara untuk meningkatkan prestasi kerja. Dan pengabdian PNS kepada negara, serta harus mewujudkan keadilan dalam memberikan penghargaannya”. pungkas Kepala BKD.

Adapun Dasar Pelaksanaan Ujian Dinas  Pertama, Peraturan Pemerintah Nomor 12 Tahun 2002 tentang Perubahan atas  Peraturan Pemerintah Nomor 99 Tahun 2000 tentang Kenaikan Pangkat  PNS . Kedua, Keputusan Kepala Badan Kepegawaian Negara Nomor 12 Tahun 2002 tentang ketentuan pelaksanaan Peraturan Pemerintah Nomor 99 Tahun  2000 tentang Kenaikan Pangkat Pegawai Negeri Sipil sebagaimana diubah dengan Peraturan Pemerintah Nomor 12 Tahun 2002.

Dan Ketiga, Surat Edaran Bersama Kepala Badan Administrasi Kepegawaian Negara dan  Ketua Lembaga Administrasi Negara Nomor 12/SE/1981 dan Nomor  193/Sek.LAN/8/1981 tentang Pelaksanaan Ujian Dinas Pegawai Negeri Sipil .

Kemudian, Kepala BKD Tapteng ini berharap, kiranya melalui Pelaksanaan Ujian Dinas ini,   terwujudnya standar kualitas Sumber Daya Aparatur Daerah sesuai dengan kebutuhan organisasi, ujian dinas ini dipandang penting sekali.

“Kita berharap, ASN agar mampu¬† mengembangkan diri, mulai dari pengetahuan dan wawasan. Karena tantangan sebagai aparatur dituntut untuk selalu berinovasi, serta dimbangi dengan perilaku atau attitude yang baik pula. Karena ijazah hanya sebagai simbol saja, tetapi yang paling penting adalah bagaimana ASN¬† menunjukkan sikap sesuai dengan ijasah atau ilmu yang dimiliki”. tandasnya.(*)

 

Baca Juga

Berita Terkait: ūüĎČ  Pelaksanaan Pilkades Serentak di 7 Kecamatan Kabupaten Sergei Berjalan Aman dan Kondusif

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here