Friday, 25/5/2018 | : : UTC+7
Monalisanews
Monalisanews

Korwil Dinas Pendidikan Kec.Raya Kahean Diduga Lakukan Pungli Terkait SK Sertifikasi

Korwil Dinas Pendidikan  Kec.Raya Kahean Diduga Lakukan Pungli Terkait SK Sertifikasi

Oleh Ekolin

MONALISANEWS | RAYA KAHEAN | – Dinas Pendidikan adalah barometer bagi anak bangsa dalam pendidikan untuk menghasilkan generasi bangsa yang cerdas dan bermartabat bagi bangsa Indonesia dan dunia,itu bukan hanya berlaku bagi guru yang mengajar,namun juga berlaku bagi oknum yang terkait dalam dinas pendidikan.

Hal ini mungkin tidak berlaku bagi Korwil Dinas Pendidikan Kecamatan Raya Kahean Kabupaten Simalungun Sumatera Utara,Suherman Koto,pasalnya korwil diduga telah melakukan pungutan liar kepada para guru yang baru saja mendapatkan SK Sertifikasi.

Informasi didapat dari salah seorang tokoh pemuda Kecamatan Raya Kahean yang perduli dengan dunia pendidikan,Anton Garingging,kepada Monalisanews,mengatakan,korwil pendidikan diduga telah melakukan kutipan kepada setiap guru yang mendapatkan surat keputusan sertifikasi dari Mendiknas.

Kepada setiap guru dikenakan biaya Rp.225.000,- sedangkan jumlah guru yang mendapatkan SK Sertifikasi menurut Anton Garingging berjumlah lebih kurang 70 orang.”Ini namanya pungli bang”.ucapnya.

Lanjutnya,pembagian SK Sertifikasi oleh Korwil Pendidikan Kecamatan Raya Kahean dilakukan dirumah pribadinya bukan di kantor yang seharusnya sebagai tempat bagi para guru mengurus dan menyelesaikan segala urusan yang telah disediakan oleh Dinas pendidikan Kabupaten Simalungun.

“Anehnya lagi,istri korwil pendidikan ikut berperan dalam pembagian SK Sertifikasi tersebut kepada para guru”.Ujarnya.

Beberapa guru yang tidak mau disebut namanya,menyampaikan kepada Anton Garingging bahwa dalam pertemuan,korwil beralasan bahwa kutipan yang dilakukannya adalah sebagai tarif tanda tangan dan urusan ke Dinas Pendidikan Kabupaten Simalungun,para guru juga mendapat intervensi dari korwil yang mengatakan apabila tidak mengikuti arahannya akan diberi sanksi nonjob pada jabatannya.

Pernyataan dan keterangan yang disampaikan Anton Garingging kepada Monalisanews juga diaminkan oleh salah seorang guru yang duduk di Kelompok Kerja Kepala Sekolah ( K3S ),namun tidak ingin disebut namanya.

Apa yang terjadi pada Korwil Dinas Pendidikan Kecamatan Raya Kahean sangat disayangkan,ini akan menjadi presiden buruk bagi dunia pendidikan terkhusus di Kabupaten Simalungun. (*)

 

About

POST YOUR COMMENTS

Your email address will not be published. Required fields are marked *

www.monalisanews.com