Upaya Babinsa Bantu Petani Dukung Swasembada Pangan Nasional

0
55 views

Oleh Redaksi

MONALISANEWS | TNI | – Koramil 01/MD. Babinsa koptu Widodo melaksanakan kegiatan pendampingan membantu petani perawatan/penyemprotan hama ulat pada tanaman padi di lahan Pak Subari, Kelompok Tani Sempurna, Ketua Kelompok Tani Amran, luas 10 rante, di Desa Medang Kecamatan Medang Deras  Kabupaten Batubara, turut serta Danramil Kapten Inf SK Purba, PPL Seni Warni, Ka PPL Robet Manalu, Selasa (22/05/2018).

Penyemprotan hama tersebut menggunakan obat semprot untuk hama padi jenisnya tetrin. “Akhir akhir ini banyak hama kaper yang bertelor dan menetas jadi hama ulat pada tanaman padi, untuk itu kita perlu laksanakan penyemprotan,” kata Babinsa.

Dari kegiatan tersebut petani merasa sangat terbantu dengan kehadiran Babinsa. “Semoga petani lebih bersemangat dan termotivasi untuk lebih giat lagi dalam mensukseskan program pemerintah swasembada pangan,” tegas Babinsa.

Sementara ditempat berbeda,Hal yang sama juga dilakukan Koramil 04/Talawi Babinsa Sertu Syahbudin melaksanakan pendampingan kepada petani membantu membuat tapak pembibitan/Semai padi sawah milik Pak Priadi seluas 10 rante di dusun 4 desa Sei Muka Kelompok Tani Karya Sepakat ketua kelompok tani, Pak Tugima.

Turut serta melakukan pendampingan Danramil 04/TL Kapten Inf Zulfan, PPL Eko Kurniawan SP, Ka PPL Rasmi Kecamatan Talawi Kabupaten Batu Bara untuk mempercepat target tanam, Selasa (22/05/2018).

Upaya yang dilakukan Babinsa ini dengan tujuan memberikan semangat petani. Disamping itu untuk meningkatkan kesejahteraan petani agar program pemerintah tentang ketahanan pangan.

Babinsa Sertu Syahbudin mengatakan, benih padi yang disemai harus selalu di ikuti perkembangannya, tentunya benih padi yang sudah disiapkan adalah benih padi yang kualitas/varietas unggul yang berlebel pertanian.

Pada proses persemaian tentunya para petani sudah mendapatkan penyuluhan dari para petugas dilapangan, seperti aturan tentang media penyemaian padi yang harus benar – benar terjaga dari hama ataupun gulma pengganggu tanaman untuk mendapatkan kualitas benih yang baik.

Berita Terkait: 👉  Bupati Bakhtiar A Sibarani Ambil Sumpah Janji Jabatan 152 Eselon III dan IV Pemkab Tapteng

Babinsa Koramil 05/TT. Koptu Putra melaksanakan kegiatan hanpangan pendampingan pengolahan tanah milik Bpk Hutahayan, luas 7 rante di dusun 4 Desa Jati Mulia Kecamatan Tanjung Tiram Kabupaten Batu Bara dibantu dengan PPL Rudy Hartono, ketua PPL Syaiful, kelompok tani Dasroha ketua poktani bpk Turman Manurung, Danramil Kapten Inf N. Panjaitan, Selasa (22/05/2018).

Pukul 10.00 WIB Babinsa turun langsung ke sawah bersama sama kelompok tani. Hal ini semakin menambah percaya diri bagi petani karena Babinsa senantiasa siap membantu baik mulai masa tanam, masa pemeliharaan maupun masa panen.

Koptu Putra membantu petani menggemburkan tanah dengan alat bajak modern supaya hasil bajaknya lebih cepat dan maksimal.Kegiatan seperti ini dimaksudkan agar swasembada pangan tahun 2018 sukses kita wujudkan.

Setelah membantu mengolah lahan Babinsa langsung memberikan pendampingan menyiapkan dan menanam benih yang akan di tanam selanjutnya. Semoga hasil panen yang akan datang senantiasa sesuai harapan.

Dalam pada itu,Babinsa Koramil 07/A. Kopda Hadi dan Babinsa Kopda Irsan Siregar melaksanakan kegiatan pendampingan membantu petani melaksanakan pengolahan tanah dan pembersihan milik Kardiman, Selasa (22/05/2018).

Adapun kendala yang dihadapi,kurangnya debit air mengairi persawahan  milik Bapak Nasir seluas 13 Rante karena irigasi masih di tutup di Desa Banjar Kecamatan Air Joman Kabupaten Asahan.

Menurut Danramil Kapten Inf Endar Siregar didampingi PPL Neneng,Bahwa Pangan merupakan kebutuhan pokok manusia dan menjadi idaman oleh semua manusia, sehingga posisi pangan menjadi sangat strategis. Apa yang dilakukan oleh Koramil 07/A. saat ini adalah wujud kepedulian TNI untuk melaksanakan dan meningkatkan swasembada pangan.

Pendampingan petani oleh Babinsa Desa Banjar Kopda Hadi, tidak ada hambatan, walaupun kerjanya di bawah terik matahari untuk membajak Sawah,tetap berjalan karena bertujuan mulia untuk mensukseskan Program ketahanan Pangan, dengan melaksanakan upaya-upaya khusus.

Berita Terkait: 👉  Detik Detik Proklamasi di Pematangsiantar Hikmat

Kegiatan tersebut dilakukan disamping mempecepat proses pengolahan tanah sekaligus melakukan Komsos dengan warga bertukar informasi dan Babinsa menyampaikan tentang situasi saat ini, begitu juga dengan pertanian yang sudah maju dengan adanya swasembada pangan.

Selain Koramil 07/A,kerja pendampingan juga dilaksanakan oleh Koramil 13/BP. Babinsa Serda Mikdar membantu mencabut rumput disawah ibu Sumiyati dibawah naungan Kelompok Tani Purwodadi yang diketuai oleh Warsidik.

Adapun Luas lahan yang dikelola seluas 7 rante Di Desa Sei Silau Barat Kecamatan Setia Janji.

Komandan Koramil (Danramil) 13/BP. Kapten Inf B Simatupang, menjelaskan “gulma adalah salah satu kendala utama dalam memperoleh hasil yang tinggi dalam budidaya padi sawah. Persaingan gulma dengan padi dalam stadia pertumbuhan hingga masa pematangan sangat besar sekali pengaruhnya terhadap penurunan hasil panen”, jelasnya.

Lanjutnya, gulma dapat menurunkan hasil panen karena adanya persaingan antara gulma itu sendiri dengan padi, dalam pengambilan unsur hara, air dan cahaya. Di samping itu ada beberapa gulma yang dapat dijadikan tanaman inang oleh hama dan penyakit tanaman padi, sehingga kalau kita membiarkan gulma tumbuh tanpa dikendalikan, jelas kerugian akan kita dapatkan termasuk kerugian akibat peledakan hama dan penyakit.

“Pengendalian gulma padi sawah, umumnya sudah dilakukan oleh para Babinsa dan petani, baik dengan penggunaan tenaga manusia (penyiangan tangan) dengan peralatan khusus (landak/gasrok) ataupun cara kimiawi dengan penggunaan herbisida.Dengan adanya kegiatan itu, tanaman padi akan tumbuh subur dan diharapkan hasil panen maksimal,” imbuhnya.(*)

 

 

Baca Juga

Berita Terkait: 👉  Ratusan Anggota SBSI Sibolga Tapteng Unjuk Rasa, Tuntut PT PAS, PT SPA & PT NBC Bayar Pesangon Yang DI PHK

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here