Kerja Berat Babinsa Dalam Pendampingan Kepada Petani Diharapkan Menuai Hasil Panen Melimpah

0
75 views

Oleh Redaksi

MONALISANEWS | TNI | – Babinsa Koramil 06/Pdg jajaran Kodim 0207/Simalungun membantu petani melaksanakan penyemprotan massal hama padi wereng coklat menggunakan obat hama Gallery, di sawah milik kelompok tani di Nagori Bandar Rakyat Kecamatan Bandar Kabupaten Simalungun, Kamis (24/05/2018).

Serka Sulaiman membantu menyemprot dilahan padi seluas 50 Ha, karena hama jamur sudah mulai mengancam tanaman padi pada musim tanam ini,sehingga menimbulkan keresahan bagi para petani.

Penyemprotan dilakukan  untuk memberikan kesuburan terhadap batang padi.

Serka Sulaiman mengatakan,bahwa penyemprotan tanaman padi untuk mengantisipasi hama jamur. Sekaligus mengajak para petani proaktif menaggulangi serangan hama jamur yang sudah mulai menyerang. Selain itu,agar petani melakukan penyemprotan secara serentak guna mengendalikan serangan hama tersebut, Bila penyemprotan dilakukan bersama-sama, maka hama jamur tidak akan menyebar ke sawah yang lainya dan akan menyebabkan gagal panen.ujarnya.

Hal yang sama juga dilakukan,Babinsa Koramil 12/BKH jajaran Kodim 0204/Deliserdang, membantu petani membersihkan tanaman jagung di lahan  Suli Marbun, anggota Kelompok tani Bajayu yang berada di Desa Pekan Bandar Khalifah Kecamatan Bandar  Khalifah Kabupaten Serdang  Bedagai.

Kopda E Purnomo di sela-sela kegiatannya menjelaskan, “tidak hanya pemupukan saja,melainkan harus dengan melaksanakan perawatan yang intensif pada jagung untuk meningkatkan hasil panennya,” jelasnya.

Perawatan ini dilakukan secara rutin,agar hasil panen dapat sesuai dengan harapan. Tanaman pengganggu yang tumbuh diantara tanaman utama bisa mengganggu karena bersaing dengan tanaman utama terhadap kebutuhan unsur hara, air, cahaya dan ruang tumbuh, sehingga produksi tanaman menjadi tidak optimal.

Kegiatan pendampingan yangdilaksanakan Babinsa Koramil 12/BKH ini disambut baik oleh petani serta menjadi motivasi tersendiri bagi petani. Hal ini terlihat dari antusias petani dalam membersihkan rumput dan menyulami tanaman jagung.

Berita Terkait: 👉  PD Tani Ajukan Pendirian Kilang Padi Beras “Natabo”

Selain tanaman jagung sebagai komuditas unggulan,dalam melaksanakan program swasembada pangan.Babinsa Koramil 01/MD jajaran Kodim 0208/Asahan Serda Supris Mahadi melaksanakan kegiatan pendampingan membantu petani perawatan / pemupukkan pada tanaman padi, bersama dengan Kelompok petani Karya Tani dan Kelompok petani Boimin di Desa Durian Kec Medang Deras Kab Batu Bara di lahan milik bapak J. Sirait dengan luas lahan 12 rante.

Serda Supris Mahadi mengungkapkan, tanaman padi tersebut perlu di rawat agar bisa tumbuh optimal salah satunya adalah dengan didukung pengairan yang lancar, dan pemupukkan secara berkala sehingga dengan luas lahan 12 rante sawah ini bisa mencapai target produksi yang tinggi dalam rangka menunjang program ketahanan pangan.

“Hal ini dilakukan untuk mewujudkan swasembada dan pencapaian target serapan gabah produksi tahun 2018 di Desa Durian Kec Medang Deras Kab Batu Bara “katanya.

Dengan memonitoring tanaman milik petani oleh Babinsa Koramil 01/MD dimaksudkan untuk mengetahui perkembangan dan kesuburan tanaman ,serta mewaspadai terhadap serangan hama pada tanaman padi.

Pendampingan lainnya tak luput dilaksanakan oleh Babinsa Koramil 02/AP jajaran Kodim 0208/Asahan.

Serda Sumedi setiap hari harus turun ke lapangan untuk membantu petani merumput di sawah agar meningkatkan Produksi hasil pangan di desa Sipare pare Kec. Air Putih Kab. Batu bara di sawah pak Poniran dengan luas 9 rante dapat maksimal.

Kelompok  Tani Segitiga, bapak Parman sangat berterimakasih pada para Babinsa Koramil 02/AP yang mau ikut membantu petani merumput di sawah.

Danramil Kapten Inf JR Sinaga mengatakan,kegiatan pendampingan yang dilakukan Babinsa turun ke lapangan merupakan sebagai bentuk pendekatan emisional terhadap masyarakat binaan. Selain itu, untuk mempelancar kerjasama dengan para petani yang bertujuan meningkatkan program swasembada pangan yang ditargetkan Pemerintah.(*)

Berita Terkait: 👉  Pengurus MUI Kecamatan se-Kota Pematangsiantar Di Kukuhkan

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here