Fire Cloud Fenomena Awan Dilangit Kota Siantar

0
476 views

Oleh Redaksi

MONALISANEWS | SIANTAR |  – Warga Kota Pematangsiantar dibuat terkesima dengan munculnya fenomena awan aneh seperti kilauan cahaya membara menyerupai ombak  terlihat dilangit sore menjelang magrib,Minggu (10/6/2018).

Fenomena alam ini menurut para ahli adalah “Iridescence Cloud”

Les Cowley (Ahli Fenomena Atmosfir, UK) merupakan fenomena alam yang cukup langka. Fenomena dengan nama lain “Fire Rainbows” dan “Rainbow Clouds” ini biasanya muncul kala sore hari yang relatif sangat panas dan lembab.

Berikut ini penjelasan Cowley mengenai fenomena tersebut,”Yang terjadi adalah awan kumulus yang “mendidih”. Mendorong lapisan lapisan udara diatasnya semakin tinggi dan semakin tinggi

Saat udara tersebut terdorong, ianya mengembang dan suhunya menurun. Kadang-kadang kelembaban di udara itu tiba-tiba mengalami kondensasi menjadi tetesan-tetesan mungil dan akhirnya membentuk “Topi Awan” (Cap Cloud). Topi ini (Saintifik: Pileus) merupakan sumber pertunjukan yang brilian.

Tetesan-tetesan di dalam topi awan itu memecah cahaya matahari yang menciptakan cahaya beraneka warna yang indah.”

Sayang, pemandangan aslinya sungguh jauh lebih indah dari foto ini.

Beberapa masyarakat yang menyaksikan  fenomena alam yang sangat langkah itu menyempatkan diri untuk diabadikan melalui ponsel. sekitar setengah jam fenomena alam tersebut menghiasi langit kota siantar.

Fenomena Cloud Irridescence ini adalah bonus menjelang hari kemenangan bagi umat muslim.Mungkin ini sebagai tanda tanda alam akan turunnya malam laitul qadar,malam yang disebut lebih baik dari 1000 bulan .seperti yang dijanjikan Allah SWT kepada umatnya yang beriman dalam menjalankan ibadah puasa.(*)

Baca Juga

Berita Terkait: 👉  Safari Subuh Kodim 0204/DS

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY