Pendampingan Terus Menerus Dilakukan Babinsa Kepada Petani

0
69 views

Oleh Redaksi

MONALISANEWS | TNI | – Babinsa Koramil 01/MD Serda Miswanto melaksanakan kegiatan pendampingan membantu petani mencabut bibit padi jenis ciherang milik Ibrahim kelompok tani Harapan yang diketuai Suhelmi Desa Pematang Nibung kecamatan Medang Deras kabupaten Batubara, Jum’at (29/6/2018).

Serda Miswanto mengatakan, lahan yang sudah ditanam seluruhnya dengan menggunakan benih bibit padi jenis Ciherang.“Kami berharap di bulan ini, area sawah sudah tertanam seluruhnya, sehingga masa panen tepat sesuai yang diharapkan,” ujarnya.

Kerjasama antara Babinsa dan kelompok tani (koptan) yang terus berusaha mengembangkan sektor pertanian sangat baik. Hal ini memang harus dikembangkan, sehingga masyarakat betul-betul sejahtera dan bersinergitas.

“Ini memang harus kita jaga, sehingga setiap program dapat terus berjalan dengan baik dan terus berkembang,” kata serda Miswanto.

Dia juga mengatakan, hal ini nyata untuk kesejahteraan masyarakat dan dengan mengedepankan program pertanian. “Saya sangat yakin masyarakat bersama Babinsa akan solid untuk mengatasi kesulitan yang ada di sektor pertanian,” pungkasnya.

Pengecekan Irigasi

Pada hari yang sama juga dilaksanakan pendampingan oleh Babinsa Koramil 04/Talawi Serda M. Khaidir membantu Pengecekan Irigasi di sawah Pandiangan seluas 9 rante di dusun Gunung Santi Desa Padang Genting Kabupaten Batu Bara.Pandiangan juga bergabung dengan Kelompok Tani Harapan Baru.

Fungsi pengecekan saluran ini menurut Khaidir, untuk mengontrol air yang masuk dari sungai agar tidak terlalu besar ataupun terlalu kecil, sebab air yang mengalir terlalu besar akan menyebabkan saluran air cepat rusak karena kelebihan debit air. Sedangkan jika terlalu kecil maka air tidak akan bisa mengairi sawah-sawah secara merata.’ujarnya.

Lebih lanjut Serda M. Khaidir mengatakan, pengecekan saluran irigasi bersama ini rutin dilaksanakan agar kondisi saluran irigasi dapat terpantau. Para petani juga sudah melaksanakan himbauan dari PPL dan Babinsa untuk bersama sama menjaga saluran irigasi ini dengan baik semisal yang sudah ada yaitu melaksanakan pengerukan dasar saluran irigasi secara gotong royong.

Berita Terkait: 👉  Blusukan JR Saragih, Disambut Histeris JR Lover's

“Dengan jaringan saluran irigasi yang baik diharapkan akan meningkatkan hasil pertanian dan akan membuat petani lebih sejahtera,”ungkapnya.

Dalam melaksanakan pendampingan kepada petani, Babinsa tidak hanya memberikan penyuluhan teori saja, namum juga memberikan kerja nyata di lapangan sehingga hubungan komunikasi sosial dengan masyarakat dapat berjalan dengan baik, agar kemanunggalan TNI dengan rakyat dapat terwujud untuk mencapai sasaran Binter.

Berbaur Dengan Petani

Sementara,pada hari yang sama juga Babinsa Koramil 01/Sunggal Sertu Jazim, membaur dengan petani dalam rangka menanam padi bersama anggota Kelompok Tani Citarum saudara Panut untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat bidang ketahanan pangan serta mensukseskan program pemerintah dalam rangka Swasembada Pangan  di Desa Medan Krio Kecamatan Sunggal Kabupaten Deli Serdang.

Danramil 01/Sunggal Kapten Czi Januliston Damanik mengatakan, Babinsa bersama petugas penyuluh lapangan (PPL) mendampingi petani menanam padi karena saat ini memasuki musim hujan bertepatan dengan masa tanam sebagian areal sawah di Sunggal, tidak semua petani memahami dan setuju terhadap pola “jajar legowo”, tetapi berdasarkan teori ahli, sistem tersebut mampu meningkatkan produktivitas sekitar 30 persen per hektarnya. Anggota Babinsa bersama UPT Pertanian dan PPL berupaya mengoptimalkan lahan tersebut guna mewujudkan target ketahanan pangan di Sunggal,” katanya.

Ia juga mengatakan,petani perlu mendapat motivasi dengan pendampingan terkait pola tanam yang menggunakan “jajar legowo” dengan harapan tingkat pertumbuhan rumpun padi nantinya akan banyak dan meningkatkan produktivitas panen.

Pada program ketahanan pangan di Sunggal, Babinsa melakukan tugas pendampingan kepada petani untuk bersinergi dengan program pemerintah pusat mengenai ketahanan pangan,” tuturnya.

Babinsa terjun langsung dengan pakaian dinas tentaranya, memberi contoh kepada petani tentang sistem tanam jajar legowo.

Sertu Jazim mengatakan, kegiatan ini adalah bagian dari program khusus pemerintah melalui TNI untuk menjadi pionir (pelopor) sistem penanaman padi modern yang bisa meningkatkan produksi tanaman 12 % hingga 30% dari tanam padi secara normal!.ujarnya.

Berita Terkait: 👉  Pembangunan Jalan Rabat Beton dan Jembatan Di Huta I Nagori Beluk Segera Rampung

Babinsa Bantu Perawatan Jagung

Selain melaksanakan pendampingan kepada petani sawah,Babinsa Koramil 03/Sibolangit  Sertu D. Wijaya dihari yang sama melaksanakan kegiatan Hanpangan monitoring dan pembersihan lahan Jagung di lahan milik anggota Kelompok Tani Ari Hersada saudara S. Bukit bersama sama dengan PPL Jhon Tarigan yang terletak di Desa Rmh Kinangkung Kecamatan Sibolangit Kabupaten Deli Serdang.

Pada saat kegiatan pembersihan Babinsa Sertu D. Wijaya menyampaikan,bahwa kegiatan ini rutin dilaksanakan setiap kali tumbuh rumput liar di karenakan sangat membantu petani dan diharapkan dengan penyiangan ini dapat membersihkan tanaman yang sakit, mengurangi persaingan penyerapan hara, mengurangi hambatan produksi anakan dan mengurangi persaingan penetrasi sinar matahari sehingga mampu menghasilkan secara optimal hasil panen nantinya.

Sertu D. Wijaya merupakan bagian dari para Babinsa yang membantu mensukseskan program pemerintah Upsus Pajale, mereka juga dalam tugas membangun teritorial dan mewujudkan Ketahanan Pangan Nasional.

“Negara kita adalah negara agraris, dan itu adalah identitas bangsa Indonesia yang harus diperkuat dengan pelaksanaan program ketahanan pangan nasional,” jelasnya.

Setelah membantu warga membuka lahan pertanian,Babinsa juga memberikan arahan bagaimana cara perawatan jagung dan pupuk apa yang harus digunakan agar hasil panen dapat dimaksimalkan. Jangan sungkan untuk datang meminta bantuan pada para Babinsa, “kami ada untuk membantu masyarakat,”tegasnya.(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here