Untuk Pastikan Pasokan Air Lancar Ke Sawah Babinsa Cek Kelancarannya

0
48 views

Oleh Redaksi

MONALISANEWS | TNI | – Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 02/AP Serda Sumedi bersama Petugas Penyuluh Lapangan (PPL) Indra Bhakti dan Paino bersama sama dengan Ketua Pok Tani Pak Pungut melaksanakan tugas pendampingan pertanian dalam rangka pengecekan Pintu Air saluran irigasi yang terletak di Desa Sipare pare Kecamatan Air putih Kabupaten Batubara,Kamis (5/07/2018).

Memasuki awal Juli ini curah hujan di beberapa wilayah Kabupaten Batu Bara mengalami kekurangan pasokan air, terutama pada sistem pengairan sawah yang akhir-akhir ini sedang mengalami penurunan debit air.

Kurangnya pasokan akan kebutuhan air bagi sawah-sawah di wilayah Kecamatan Air Putih,sebagai langkah upaya khusus (Upsus) anggota Koramil 02/AP, PPL dan Kapoktan mengambil langkah inisiatif pemerataan saluran air guna mengairi sawah di Desa Sipare-pare.

Kegiatan yang dilakukan Babinsa Serda Sumedi mendapat respon positif dari masyarakat dan para kelompok tani (poktan) di wilayah Kecamatan Air putih khususnya di Desa Sipare pare.

Sulitnya pasokan air mulai dirasakan para petani dan menjadi kekhawatiran terkait semakin berkurangnya curah hujan. Ini mengakibatkan kondisi tanaman padi di beberapa petak sawah mengalami kekuarangan air.

Atas pengaduan masyarakat,Babinsa Koramil Serda Sumedi, PPL dan Kapoktan menanggapi hal tersebut dan meminta pihak SDA dan ESDM Kecamatan Air putih untuk segera mengalirkan air irigasi ke sawah petani dengan sistem buka tutup, sehingga pemerataan pasokan air ke berbagai area sawah dapat terpenuhi.(*)

Baca Juga

Berita Terkait: 👉  Bupati Tapteng Beri Pembekalan Kepada 194 CPNS Bidan PTT & 3 Tenaga Pertanian

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here