Hasil Final Pilbup Taput Telah Direkap KPUD,Masyarakat Jangan Muda Terprovokasi

0
285 views
Koalisi partai pengusung pasangan calon Nikson-Sarlandy menghimbau agar masyarakat jangan muda terprovokasi

Oleh Leo Siagian

MONALISANEWS | TAPUT | – Menyikapi adanya kegaduhan dan keributan pasca pilkada serentak pilbup taput 27 Juni 2018 kemarin ,Koalisi partai pengusung pasangan calon Nikson-Sarlandy di pilkada Taput mengecam tindakan anarkis massa yang menggelar unjukrasa pasca pilkada,” Kita mengecam tindakan-tindakan anarkis serta membantah tudingan kecurangan yang tidak rasional,”ujar Ketua Tim Pemenangan,Nikson-Sarlandy, Ir.Reguel Simajuntak di kantor pac PAC-PDIP Tarutung, Sabtu (7/7/2018)

Terkait adanya tindakan dari paslon lain usai pilkada taput 27 Juni Kemarin ,kita melihat adanya pengalihan opini seakan akan paslon no 1 dan penyelenggara melakukan tindakan tindakan diluar ketentuan yg berlaku,atas fenomen-fenomena pemutarbalikan fakta tersebut sehingga masyarakat marah bahkan disertai tudingan yang sangat tidak masuk akal,”ujar Reguel.

Dalam pernyataan segenap pimpinan partai pengusung, yakni, Fernando Simanjuntak dan Reguel Simanjuntak dari golkar, Fatimah Hutabarat dari Nasdem, Humala Hutapea dari PAN, dan Poltak Pakpahan dari PDIP, dengan tegas mengimbau agar ketidakpuasan sejumlah pihak atas hasil pilkada tidak didramatisir dengan cara-cara yang tidak semestinya.

Menyampaikan aspirasi dengan berunjuk rasa adalah sah-sah saja. Tapi jangan membentuk opini kekeliruan di masyarakat serta tudingan yang tak masuk akal apalagi bertindak anarkis,” sebutnya.

Dengan tegas ,juga menurut Ketua Golkar Taput F.L .Fernando Simanjuntak menyebutkan, jika ada hal hal yang dinilai pelanggaran harusnya ditempuh melalui jalur yang telah ditentukan oleh undang dan aturan.

Jangan mendiskreditkan kondisi kondisi yang mengajak masyarakat, membingungkan, dan menakutkan yang ternyata setelah ditemukan bukti terkait kejadian kotak kosong di Siborongborong, sama sekali tidak ada hubungannya dengan paslon Nikson-Sarlandy, terangnya.

Ketua PAN Humala Hutapea Taput juga mengimbau agar seluruh pihak jernih melihat persoalan yang sengaja dimunculkan sehingga tidak sampai memprovokasi terjadinya tindakan anarkis yang justru merugikan sesama.

Berita Terkait: 👉  ‘JR Saragih Tutup Mata’, Siswa-siswi SD N 097343 Menjerit ,Ruang Kelas Tempat Mereka Mendulang Ilmu Nyaris Roboh

Fatimah Hutabarat dalam pernyataannya menyayangkan terjadinya kegaduhan dari pihak lain dalam proses pelaksanaan pilkada Taput 2018.Biarkanlah Proses Pilkada berjalan dengan baik, jika ada pihak lain yang menimbulkan kegaduhan dalam Proses tersebut itu adalah Pelanggaran,dan aparat hukum harus menindak,,,masyarakat jangan terprovokasi  bahkan melakukan tindak anarkis ,ujar fatimah.

Sementara berdasarkan hasil Rekapitulasi KPU Tapanuli Utara (Taput) Pasangan calon Nikson Nababan-Sarlandy Hutabarat  unggul di penghitungan suara tingkat kabupaten yang digelar di Sopo Partukkoan Tarutung, Kamis kemarin.

Rekapitulasi penghitungan suara yang berakhir pada pukul 21.00 WIB, pasangan nomor urut 1, Nikson-Sarlandy mengumpulkan perolehan total 69.357 suara, mengungguli para pesaingnya, yakni paslon 2, Taripar-Frengky 61.046 suara, dan paslon 3 Christmanto-Hotman 20.010 suara.

Dalam persentase perolehan suara tersebut adalah Nikson-Sarlandy sebanyak 45,26 persen, Taripar-Frengky 39,84 persen, serta Chrismanto-Hotman sejumlah 13,06 persen.

Sesuai data rekapitulasi, berdasarkan hasil perolehan suara Paslon di 15 kecamatan se-Taput, Nikson-Sarlandy unggul di 10 kecamatan, masing-masing di Kecamatan Pagaran, Siborongborong, Muara, Adiankoting, Pahae Jae, Pahae Julu, Simangumban, Parmonangan, Pangaribuan, dan Kecamatan Garoga.

Namun, di Kecamatan Tarutung, Sipoholon, Siatasbarita, Sipahutar, dan Purba Tua, Nikson-Sarlandy mengalami kekalahan dari pesaingnya, Taripar-Frengky.

Hasil rekapitulasi tersebut merupakan wujud partisipasi dari sebanyak 153.194 pemilih terdaftar dengan jumlah suara tidak sah sebanyak 2.781 suara atau 1,81 persen.(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here