Gak,’ Terima Calonnya Kalah Ratusan Massa Bertindak Anarkis Rusak Kantor Panwaslih Taput, 16 Orang Berhasil Ditangkap Polisi

0
483 views

Oleh Leo Siagian

MONALISANEWS | TAPUT | – Tidak terima hasil Pilkada (Pemilihan Kepala Daerah) Kabupaten Tapanuli Utara (Taput), ratusan massa aksi blokir Jalinsum (Jalan Lintas Sumatera)  Sipoholon – Tarutung dan melempari Kantor Panwaslih Taput dengan batu, Senin (16/7)  sehingga para pengendara menuju Sibolga dan Sipirok – Tapsel tidak bisa melintas takut menjadi sasaran.

Massa yang melakukan aksi berlangsung di dua titik dan memblokir Jalinsum Sipoholon – Tarutung dan Tarutung – Sipirok tepatnya di Hutagalung  Tarutung sebagai lokasi Kantor Panwaslih Taput. Massa yang semakin banyak berdatangan semangkin beringas tanpa diketahui asal pertama batu menerjang Kantor Panwaslih, massa yang sejak awal sudah mulai tak terkendali  beramai ramai melempari kantor Panwaslih sehingga batu berserakan dihalaman.Selain itu juga membakar ban di depan Kantor Panwaslih Taput .

Akibat lemparan batu,aparat keamanan yang berjaga – jaga menjadi sasaran amukan massa. Melihat suasana yang semakin kacau dan tak terkendali, aparat Polisi Polres Taput dibantu Brimob dan TNI terpaksa melakukan tembakan peringatan agar massa membubarkan diri.

 

 

 

 

 

 

 

 

Namun massa terus bertahan dan melakukan pelemparan sehingga kondisi Kantor Panwaslih Taput mengalami rusak parah. Dalam insiden itu, seorang aparat polisi bernama Togu Hutasoit yang sehari – harinya bertugas di Mapolres Taput mengalami luka di Kepala oleh lemparan batu dari massa.

Sementara kondisi di Jalinsum Sipoholon – Tarutung sejak pukul 10.00 WIB lumpuh total karena diblokir para pengunjuk rasa. Bahkan para pendemo duduk dan tidur di badan Jalinsum tersebut, sehingga kenderaan mengalami kemacetan total. Bahkan para penumpang mobil yang hendak ke Tarutung terpaksa berjalan kaki.

Kapolres Taput AKBP Horas Marasi Silaen melalui Kasubbag Humas AIPTU Walpon Baringbing SH yang dihubungi Wartawan, Selasa (17/7) membenarkan peristiwa tersebut.

Berita Terkait: 👉  Partai Nasdem Menyatakan Tekad Menangkan Pasangan Nikson - Sarlandy

”Sejak pagi tadi, massa melakukan unjukrasa dan memblokir Jalinsum Sipoholon – Tarutung dan Jalinsum Tarutung – Pahae sehingga lumpuh total. Pendemo melakukan aksinya di dua titik yakni di Kantor Panwaslih Taput dan di jalinsum Sipoholon – Tarutung. Mereka menuntut hasil Pilkada Taput agar diproses secara jujur. Itu yang menjadi tuntutan massa. Begitupun kita sebagai  aparat kemanan berupaya melakukan pendekatan persuasif supaya tidak bertindak anarkis. Namun terjadi pelemparan ke Kantor Panwaslih Taput dan pelemparan batu terhadap aparat Polisi,”ujarnya.

Baringbing menyebut, akibat pemblokiran Jalinsum, sejak pagi pukul 10.00 Wib hingga pukul 18.00 WIB mengalami lumpuh total. Kenderaan tidak bisa lewat. Pihak Kepolisian melakukan negoisasi agar massa tidak memblokir jalan namun massa tetap bertahan di badan jalan.

Bahkan di depan Kantor Panwaslih Taput yang lokasinya di Jalinsum Tarutung – Sipirok juga mengalami pelemparan oleh massa. Suasana semakin tidak terkendali karena pihak komisioner Panwaslih tidak ada ditempat. “Di depan Kantor Panwaslih Taput terjadi bentrok massa dengan aparat kemanan sehingga satu orang petugas Polisi bernama Togu Hutasoit mengalami luka lemparan batu. Bahkan kondisi Kantor Panwaslih Taput rusak berat. Melihat kondisi itu, aparat Polisi terpaksa melakukan tembakan peringatan keatas agar massa membubarkan diri”ujar Humas Polres Taput.

Dalam hal ini tidak ada korban jiwa namun Kantor Panwaslih Taput mengalami kerusakan, sampai saat ini massa sudah mundur dan membubarkan diri dan situasi dalam keadaan aman dan kondusif, namun pihak Polres Taput, Polres Humbang, Polres Tobasa dan Dit Sabhara Polda Sumut tetap melakukan pengamanan guna mencegah terjadi aksi kembali.

Adapun nama-nama massa yang berhasil  diringkus aparat kepolisian sebanyak 16 orang:

  1. Tolhas Hutauruk (42) Alamat, Sirajaoloan Kec.Tarutung.
  2. Limbong Hutabarat (57) Alamat Panggabean Kec. Siatas barita
  3. Rudi Panggabean (46) Alamat Lumban Siagian Julu
  4. Bangkit Tambunan (32) Alamat Purbatua janji angkola.
  5. Samuel Sipahutar (20) Alamat Kec. Sipoholon.
  6. Victor Gultom (28) Alamat : Kec. Pahae Jae.
  7. Supriadi Hutabarat (22) Alamat Hutaraja Kec. Sipoholon.
  8. Teddy Simanungkalit (46) Alamat Kec. Sipaholon.
  9. Miller Hutabarat (60) Alamat Desa. Hapoltahan.
  10. Parlaungan Hutabart (59) Alamat : Kec.Hutabarat.
  11. Christian Ritonga (18) Alamat Desa Simorangkir Hutaginjang.
  12. Lamhot Purba (47) Alamat Kec. Pagaran.
  13. Tomson (53) Alamat : Desa. partali julu.
  14. Diego Simorangkir (19) Alamat Kec. Siatas barita.
  15. Joel Harahap, (18) Alamat Desa. Hutagalung Harian.
  16. Robert Hutabarat, (58) Alamat : Desa. Simorangkir habinsaran.(*)
Berita Terkait: 👉  Jelang Pilgubsu Isu Agama Jadi Tranding Topik, ”Tokoh Politik Harus Jadi Contoh Tauladan Masyarakat Dalam Beragama”

 

 

 

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here