Terkenal Toleran se-Indonesia, FKUB Kota Surakarta Kunjungi Pematangsiantar

0
38 views

Oleh Redaksi

MONALISANEWS | SIANTAR | – Kota Pematangsiantar Provinsi Sumatera Utara terkenal tinggi tolerasi antar pemeluk agama, suku dan etnis yang hidup dalam keharmonisan mendapat pringkat pertama di Indonesia. Setelah FKUB kota Lubuk Linggau Sumsel pada April lalu kini FKUB kota Surakarta Jawa Tengah berkunjung, Rabu (18/7).

Rombongan pengurus FKUB kota Surakarta disambut Wali Kota Pematangsiantar Hefriansyah, SE, MM yang difasilitasi pemerintah kota melalui Badan Kesbangpol dan meggelar pertemuan di ruang serba guna Bappeda Jalan Merdeka nomor 6.

Dalam sambutannya Wali Kota mengatakan, pemerintah kota Pematangsiantar menyambut baik dan gembira atas kedatangan pengurus FKUB kota Surakarta, “kota ini dihuni oleh berbagai etnis dan agama yang hidup dalam keharmonisan, yang dikenal dengan Siantar The Most Tolerance City”, katanya.

FKUB merupakan wadah dari tokoh agama yang ada, dan dibentuk berdasarkan peraturan bersama Mentri agama dan Mentri dalam negeri nomor 9 tahun 2006 dan nomor 8 tahun 2006, tentang pedoman pelaksanaan tugas kepala daeerah/wakil kepala daerah dalam pemeliharaan kerukunan umat beragama, pemberdayaan FKUB dan pendirian rumah ibadah.

Keberadaan forum ini sangat potensial untuk menyejukkan umat dalam kedamainan, pemeliharaan kerukunan umat beragama adalah upaya bersama pemerintah dibidang pelayanan, pengaturan dan pemberdayaan umat beragama, pungkasnya.

Sementara unsur pemerintah kota Surakarta yang juga turut mendapingi diantaranya Asisten Pem dan Kesra Drs. M Said Romadhon, MM, kakan Kesbangpol Drs. Tamso, MM, Kabag Kesra Danang Sulindriyanto, SE, MM, Kabag Humas dan Protokol Heri Purwoko JS, SH, MM, dan lainnya.

Usai bertukar cendra mata selanjutnya rombongan bermaksud akan mengunjungi beberapa rumah ibadah yang telah ditentukan, antara lain Masjid Raya Jalan Masjid, GKPS Jalan Sudirman, Kuil Mariamman Jalan Diponegoro dan Vihara Jalan Gunung Sipiso-piso yang di koordinir oleh Badan Kesbangpol dan pengurus FKUB kota Pematangsiantar.

Berita Terkait: πŸ‘‰  Camat & Dirut Akper Pemkab Tapteng Tutup PBL Mahasiswa Akper Di Andam Dewi

Dalam pertemuan tersebut tampak hadir ketua FKUB kota Pematangsiantar, Drs. H M Ali Lubis, kakan Kemenag Kota Pematangsiantar Drs, Abdur Rahman Harahap, M.Ap, Kaban Kesbangpol Drs. Lukas Barus, kabag Humas M Hamam Soleh, AP dan lainnya.

Kedatangan pengurus FKUB kota Surakarta yang diketuai, Drs. H Subari, bersama wakil ketua I Tri Prasetyo, SH, MH (unsur agama Katholik), wakil ketua II Ustad KH A Dahlan HT, Sekretaris H. Alqaf Hudaya, wakil Skretaris Pdt. Jonedi Ginting, SP MA dan empat anggota lainya.(*)

 

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY