Bupati & Wakil Bupati Tapteng Tampung Aspirasi Masyarakat Suka Bangun

0
41 views

Oleh: Syarifuddin Simatupang

MONALISANEWS | TAPTENG | – Miris mendengar aspirasi masyarakat, Bupati dan wakil Bupati merasakan langsung penderitaan akibat hancurnya akses jalan menuju dan sekitar wilayah Kecamatan Suka Bangun Tapteng, dan tidak ada sarana pendidikan.

Masayarakat desa di wilayah , Kecamatan Suka Bangun Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng) Sumut. manfaatkan kesempatan mencurahkan hati (curhat) tentang kerusakan akses jalan, dan tidak adanya sarana pendidikan dikecamatan itu kepada Bupati Tapteng, Bakhtiar Ahmad Sibarani, dan Wakilnya Darwin Sitompul.

Keluhan itu disampaikan masyarakat saat Bupati dan wakilnya meletakkan batu pertama pembangunan Balai Penyuluhan KB Kecamatan Suka Bangun, Kamis kemarin di Desa Pulo Pakkat Kecamatan Suka Bangun Tapteng.

Mewakili masyarakat, Boru Hombing warga sekitar menyampaikan bahwa di Desa Janji Maria Jecamatan Suka Bangun dibutuhkan Sekolah Dasar Negeri. Lahan sudah tersedia namun belum ada pembangunan gedung Sekolah.

“Anak anak kami terpakasa berjalan kaki berkilo meter untuk bersekolah SD. Kendati-pun kami masyarakat sudah menyediakan lahan, namun pihak pemeintah belum ada membangun gedung sekolah SD Negeri di desa kami,” tutur boru Hombing.

Sementara itu, masyarakat lainnya juga menyampaikan keluhannya terkait akses jalan dari Desa Mombang Boru Kecamatan Sibabangun dengan jarak sekitar 5 km menuju Desa Pulo Pakkat Kecamatan Suka Bangun rusak parah.

“Selain biaya angkutan mahal diakibatkan rusaknya badan jalan, anak anak kami tidak jarak terlambat kesekolah di SMP Negeri 4 Sibabangun di Desa Mombang Boru karena angkutan yang ditumpang mereka rusak ditengah jalan. Bahkan anak sekolah pulang kerumah karena terlambat masuk sekolah,”keluh warga.

Jika ada SMP Negeri di Kecamatan Suka Bangun, sambung warga lainnya, dan pasar onan yang dibangun pemerintah beberapa tahun silam. Masyarakat akan tertolong dari kesusahan menyekolahkan anaknya di jenjang SMP dan SMA.”Begitu juga bila pasar onan Suka Bangun difungsikan sebagaimana mestinya. Masyarakat Suka Bangun tidak akan kesulitan memasarkan hasil pertaniannya,” pungkas warga lainnya.

Berita Terkait: ūüĎČ  Walikota Pematangsiantar Sampaikan Nota Pengantar Keuangan PAPBD TA 2017

Menanggapi keluhan masyarakat Suka Bangun itu, Bupati Bakhtiar  berjanji membangun SD di Desa Janji Maria. Bupati Tapteng meminta Kadis Pendidikan memasukkan Anggaran Pembangunan SD tersebut ke daftar Usulan Pembangunan Tahun 2019.

“Sebagai putra daerah, yang lahir dan besar di Tapteng. Saya, Bupati Bakhtiar Ahmad Sibarani, dan Wakil Bupati Darwin Sitompul,¬† miris mendengar keluhan masyarakat yang cintai ini”. tukas Bakhtiar.

Kami sangat mencintai masyarakat Kabupaten Tapteng, lanjut Bupati, seraya memastikan, pada tahun anggaran 2019, jalan menuju Suka Bangun, akan dibangun.

“Saya lewati tadi, kondisi jalan menuju Suka Bangun ini sangat memprihatinkan. Saya pastikan tahun anggaran 2019 nanti akan dibangun”. tukas Bakhtiar sembari meminta Kadis PU dan PR Tapteng memasukan daftar usulan proyek dikerjakan di tahun 2019.

Terkait keluhan masyarakat tentang Pasar Onan Suka Bangun yang tidak kunjung dipergunakan. Bupati Bakhtiar berjanji, akan membenahi sarana pendukung seperti area parkir dan kamar mandi.

“Pemkab Tapteng akan akan membenahi sarana pendukung, seperti area parkir, dan kamar mandi. Sehingga Pasar Onan dimaksud dapat dipergunakan dengan nyaman oleh pedagang, untuk meningkatkan perekonomian masyarakat”. ujar Bupati.

Karena keterbatasan anggaran, lanjut Bupati Bakhtiar, Pemkab Tapteng sangat mengharapkan Masyarakat, rela menghibahkan tanahnya untuk lahan membangun sarana dan Fasilitas Umum, yang dibutuhkan masyarakat.

“Misalnya, pembangunan gedung sekolah SMP. Bagi masyarakat yang ingin pembangunan gedung sekolah SMP di Suka Bangun.¬† Pemkab Tapteng¬† akan membangun, asalkan¬† masyarakat menghibahkan tanahnya seluas kurang lebih 2 hektare”. kata Bakhtiar.

Peletakan batu pertama pembangunan Balai Penyuluh KB Kecamatan Suka Bangun dirangkai dengan penyerahan surat Hibah Tanah dari Janekkat Nainggolan, kepada Bupati Tapteng.

Serta penyerahan secara simbolis MP Asi (Makanan Tambahan Untuk Balita) sebanyak 10 orang, Kartu BPJS sebanyak 10 orang, Rastra (Beras Sejahtera) sebanyak 10 orang dan Alat Kontrasepsi sebanyak 10 orang.

Berita Terkait: ūüĎČ  Babinsa Koramil 13/BP Bantu Olah Lahan Petani

Hadir dalam acara tersebut, anggota DPRD Tapteng Ikrar Dinata Sihombing,  Khairul Kiedy Pasaribu, OPD Tapteng, Pengurus TP-PKK Kabupaten Tapteng, Camat Suka Bangun, Pengurus TP-PKK Kecamatan dan Desa se-Kecamatan Sukabangun.Kades se-Kecamatan Suka Bangun, Tokoh agama, Tokoh Adat, Tokoh Pemuda Kecamatan Suka Bangun.(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here