MENJAGA KESUBURAN TANAMAN BABINSA BANTU PENYEMROTAN LAHAN JAGUNG

0
37 views

Oleh Redaksi

MONALISANEWS | TNI | – Koramil 01/Sgl, Babinsa Tanjung Gusta Serda Apriadi Siahaan Melaksanakan Hanpangan Membantu Penyemprotan rumput di lahan jagung berusia 12 hari milik Sahrizal dengan jenis Bibit Jagung bisi 18 diatas lahan seluas 8000 M2 Terletak di Desa Tanjung Gusta Kecamatan Sunggal Kabupaten Deliserdang, Jum’at kemarin.

“Karena sudah memasuki musim kemarau petani berganti untuk menanam jagung atau kedelai karena tanaman tersebut tidak begitu membutuhkan banyak air,” ujar Serda Apriadi Siahaan.

Seperti diketahui jagung juga termasuk salah satu produk yang sedang ditingkatkan hasil produksinya.

“Itu semua adalah untuk mendukung program swasembada padi, jagung,kedelai. Dengan adanya berbagai upaya yang dilaksanakan oleh TNI, Dinas Pertanian, Petugas PHP, petugas PPL dan masyarakat khususnya para petani.diharapkan dapat meningkatkan hasil panen para petani yang ada di wilayah Kabupaten Langkat, sehingga program peningkatan swasembada pangan dapat terpenuhi,” papar Serma Serda Apriadi Siahaan.

Pendampingan yang dilakukan tidak terlepas dari bimbingan dan motivasi Danramil 01/sgl Kapten Czi J. Damanik KUPT AHMAD dan PPL Abdurahman Pane.

Pada hari yang sama,Babinsa Koramil 04/SBB Serka Sumarlis melaksanakan hanpangan pembersihan tanaman jagung di lahan milik Yakup Gunting kelompok tani Mbuah Page Kecamatan Biru Biru Kabupaten Deli Serdang, Jum’at kemarin.

Babinsa memiliki andil dalam membantu kesulitan warga di Desa binaannya, baik dalam membuka lahan ataupun melakukan perawatan lahan pertanian.

Setelah membantu warga melakukan perawatan tanaman jagung, para Babinsa juga memberikan arahan bagaimana cara perawatan jagung dan pupuk apa yang harus digunakan agar hasil panen dapat dimaksimalkan seperti yang dikatakan Danramil Kapten Arm Paidi didampingi KUPT- Nita dan  PPL- Ernawati.

Pada pelaksanaan pendampingan Serka Sumarlis mengungkapkan,tanaman jagung perlu di rawat agar bisa tumbuh optimal salah satunya adalah dengan pengendalian gulma dan tanaman pengganggu tanaman jagung, mulai dari penyiapan lahan sampai dengan pembedengan tanah sampai membersihkan tunas dan rumput pada tanaman jagung dilaksanakan secara bersama-sama masyarakat setempat.

Berita Terkait: 👉  “Luar Biasa”, Bupati Baktiar: “Saya Siap Benteng Depan Membela SKPD”

”Pekerjaan ini dilakukan bersama sama dengan masyarakat petani,sehingga terjalin kebersamaan antara masyarakat dengan TNI,terkhusus Babinsa terhadap warga binaannya,”ujarnya.(*)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here