Api Abadi Asian Games Kelilingi Danau Toba

0
56 views

Oleh Redaksi

MONALISANEWS | PARAPAT | – Dalam menyukseskan gelaran akbar pesta olah raga  seluruh Asia yang akan dilaksanakan didua tempat berbeda Palembang dan Jakarta yang direncanakan pembukaannya dilaksanakan pada Tanggal 18 Agustus 2018.Gelaran akbar pesta olah raga Asia ini,untuk kedua kalinya indonesia sebagai tuan rumah,setelah tahun 1962 dilaksanakan di Jakarta.

Tidak tanggung tanggung,untuk menyemarakan Kirab Obor Asia Games ke 18 yang dilaksanakan dilapangan Pantai Bebas Parapat.Pemkab Simalungun mengerahkan ribuan massa yang terdiri dari pelajar SD,SMP,SMA dan Pangulu Sekabupaten Simalungun juga Pimpinan OPD,Camat dan Lurah.

Selain itu,masyarakat dari luar Simalungun juga hadir, beberapa warga dari provinsi lain bahkan wisatawan mancanegara ikut serta memeriahkan rangkaian kegiatan Pawai Obor Asian Games 2018.

Api abadi Asian Games yang sebelumnya transit di Kota Pematangsiantar, mulai diarak dari Rumah Pengasingan Bung Karno, di Kota Parapat.

Pembawa Api Obor untuk diarak di Kota Turis Parapat, dipercayakan kepada Deputi IV Kepala BIN Irjen Pol Alberto Simanjuntak mewakili Kepala BIN  pusat mengungkapkan rasa bangga dan terkesima atas sambutan masyarakat Sumatera Utara yang begitu luar biasa.

“Sebagai putra daerah Sumatera Utara, terus terang saya sampaikan rasa bangga kepada masyarakat Sumatera Utara yang telah menjadi tuan rumah yang baik. Sambutan luar biasa rakyat Sumatera Utara sudah kita rasakan sejak kehadiran Api Obor Asia Games di Kualanamu hingga puncak acara di Parapat. Tentunya dukungan rakyat Sumatera Utara menjadi modal yang sangat penting bagi Indonesia agar sukses menjadi tuan rumah Asian Games ke 18,” ujar Alberto Simanjuntak.

Jendral Polisi Bintang 2 tersebut yang kini menjabat sebagai Deputi 4 Kepala BIN menangani Intelijen Ekonomi juga memuji keindahan Danau Toba. Menurutnya, Danau Toba merupakan aset yang sangat berharga dimiliki Sumatera Utara.

Berita Terkait: 👉  Publikasi dan Sosialisasi Pendidikan Anak Usia Dini Tahun 2017,

“Presiden Jokowi sudah berkali-kali mengunjungi Danau Toba. Pembangunan kawasan wisata Danau Toba menjadi prioritas Pemerintah. Karena keindahan Danau Toba dapat sejajar dengan objek wisata di dunia” ujar jendral bintang dua yang dikenal ramah ini.

Lebih lanjut, Alberto Simanjuntak yang dikenal sebagai sosok pekerja keras ini mengungkapkan bahwa rangkaian Pawai Obor Asian Games di Sumatera Utara memiliki nilai strategis untuk meningkatkan geliat wisata.Media dari berbagai manca negara turut menyaksikan dan mempublikasi bagaimana Api Abadi yang menunjukkan semangat persahabatan bangsa-bangsa di Asia melintasi Danau Toba yang dikenal sebagai salah satu Danau terbesar di dunia.

“Keberhasilan kegiatan Pawai Obor Asian Games 2018 di Sumatera Utara tentunya berkat dukungan masyarakat serta kerja keras panitia. Persiapan yang sangat baik dari jajaran Pemerintah Daerah didukung jajaran keamanan dan pihak-pihak terkait lainnya menunjukkan bahwa Indonesia telah siap menjadi tuan rumah pesta olahraga negara-negara Asia di Jakarta dan Palembang,” ungkap Alberto.

Kedatangan Api Obor Asian Games 2018 di Parapat, Simalungun, Rabu (1/8/2018) memang menjadi momentum sejarah baru bagi Sumatera Utara.Hal ini melihat antusias dari seluruh elemen masyarakat yang tinggi ingin menyaksikan datangnya Api Obor pesta olahraga terbesar di Asia.

Sementara amatan Monalisanews dilokasi , ribuan warga yang terdiri dari anak-anak pelajar sekolah dasar hingga orang dewasa turut menyaksikan puncak perhelatan Kirab Obor Asia Games 2018 yang dimulai dari Persanggrahan Soekarno hingga diarak menuju Pantai Bebas, Parapat.

Sepanjang perjalanan, anak-anak SD meneriakkan yel yel “Indonesia, Indonesia, Horeee,” dan yang lainnya “Indonesia juara, Indonesia bisa,” teriaknya.

Di pantai Bebas,masyarakat sudah memadati lapangan ingin melihat lebih dekat Api Abadi Asia Games 2018, Setelah Obor diserahkan Irjen Pol Alberto Simanjuntak kepada Bupati Simalungun JR Saragih sebagai tuan rumah.api obor dijamu dengan tarian adat Simalungun Tortor Dihar dan Tortor Haroan Bolon. Sontak ribuan masyarkat ikut menortor bersama.

Berita Terkait: 👉  Keuangan Pemkab Simalungun 'Pailit',Sekda Rapat Internal Terburu buru

Bupati Simalungun, JR Saragih uang mengenakan pakaian training berbaju putih dan celana biru dongker tampak menerima api obor juga ikut menortor ria bersama para penari dan masyarakat yang sudah memadati panggung dimana Api Abadi untuk sementara disemayamkan di tungku yang telah disediakan oleh panitia sebelum melanjutkan perjalanan menuju kabupaten lainnya di sumatera utara.

Dengan wajah ceria,JR Saragih menunjukkan obor Asian Games sambil menari-nari dihadapan ribuan warga Simalungun yang sudah memadati panggung tempat dimeyamkan api abadi ditungku sementara diatas panggung.

Usai menortor, JR Saragih mengucapkan terimakasih karena Simalungun diberi kesempatan menjadi tempat persinggahan sekaligus penginapan Api Obor Asian Games.

“Kami mengucapkan terimakasih buat panitia Asian Games ini dimana telah mempercayai Kabupaten Simalungun untuk menerima obor tadi sudah dilaksanakan. Harapan kami dari Pemkab semoga olahraga jaya dan Indonesia menang,” terangnya.

Ia mengungkapkan hadirnya Obor Asian Games dapat menyulut semangat atlet muda Simalungun untuk berprestasi.”Semoga kehadiran Api Obor bisa menambahkan semangat untuk anak-anak kita di Simalungun untuk meraih cita-citanya khususnya dibidang olahraga,” tegasnya.

Disaat bersaman, Sekda Simalungun, Gideon Purba mengatakan bahwa masyarakat yang hadir sekitar 8500 yang dihitung dari tiket luckydraw yang habis.”kita telah hitung bahwa ada 8500 yang hadir dalam acara ini, kita lihat dari tiket yang telah kita bagikan kepada seluruh warga yang mengikuti Kirab Obor Asian Games 2018,” pungkasnya.(*)

 

 

 

Baca Juga

Berita Terkait: 👉  Belagak Kanit, Levi Diborgol Aparat Polis Sergei

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here