Dukungan Dari Berbagai Pihak Terus Mengalir, Kapten CPM Arifin BA Sumbang Bahan Untuk Merawat Makam Sekh Mahmud di Barus Tapteng

0
97 views

Oleh: Syarifuddin Simatupang

MONALISANEWS |TAPTENG | – Baru 5 bulan bertugas di Dansatlak Idik Detasemen Polisi Militer I/2 Sibolga, yang kini kantornya di jalan Baru Pandan, Kecamatan Pandan Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng) Prov- Sumatera Utara (Sumut), lalu mencari. Dimana itu Barus, dimana itu Papan Tinggi, Makam Syekh Mahmud Fil Hadratul Maut (Yaman).

Setelah memperoleh informasi yang jelas, Kapten CPM Arifin BA Jayawardhanareswari ini, langsung berangkat menuju makam peninggalan sejarah di papan tinggi tangga seribu Makam Syekh Mahmud Fil Hadratul Maut, ada di Desa Panggahan, Kecamatan Barus Utara (Batara) Tapteng.

Tanpa harus menunggu waktu lama, tepat di tanggal 5, Maret 2018 Arifin melaksanakan niatnya untuk ber-Ziarah ke Makam Syekh Mahmud Fil Hadratul Maut (Yaman) di Papan Tinggi Tangga Seribu Desa Pananggahan.

Perjalanan Arifin dilanjutkan ke Titik Nol penyebaran Agama Islam di Barus, Pelabuhan Barus, Makam Syekh Machdum, Makam Tuan Syekh Ibrahim Syah di makam peninggalan sejarah, Makam Mahligai di Desa Aek Dakka Kecamatan Barus Utara.

“Setelah saya menyaksikan langsung sepanjang tangga seribu menuju makam Sekh Mahmud. Saya terpikir untuk menyumbangkan bahan yang menambah keindahan papan tinggi tangga seribu itu”. ujar Kapten CPM Arifin BA Jayawardhanareswari.

Disamping sudah ada niat, lanjut Arifin, juga mendukung program Bupati Tapteng Bakhtiar Ahmad Sibarani, dan Wakilnya Darwin Sitompul, untuk membangun sektor parwisata meningkatkan perekonomian masyarakat.

“Saya ikut berpartisipasi dalam membantu pemerintah daerah Tapteng untuk pelestarian peninggalan sejarah di bumi Tapteng. Utamanya makam Syekh Mahmud di papan tinggi tangga seribu Barus ini”. kata Arifin.

Selanjutnya, Minggu  lalu, Arifin meyumbangkan 4 Tong Sampah, 5 Pohon Cemara Laut, 2 Pohon Kamboja,dan membuat  1 lubang sampah.

Berita Terkait: 👉  Rohis SMA Negeri 6 dan BBQ Jalin Kerjasama Magrib Ber-Iqra

Kemudian, Kamis , Arufin menyerahkan 30 Kg Cat Tembok warna hijau, 6 Liter Cat Minyak warna kuning utk pagar besi, 1 Liter Tiner, 2 Kuas Cat, 2 buah Scraf tembok. Diterima langsung juru pelihara Makam Syekh Mahmud di Papan Tinggi, Usman Pasaribu, Rizal Martogu Habeahan, dan Kepala Desa Pananggahan, Felerius Simatupang.

Ketika dikonfirmasi Monalisa News, Rabu kemarin Kapten CPM Arifin BA Jayawardhanareswari berharap, meski tidak seberapa nilainya yang dia sumbangkan, namun dapat bermanfaat membantu menambah keindahan kawasan papan tinggi tangga seribu, dan makam Sekh Mahmud.

“Semoga cita cita melalui programnya Bupati Bakhtiar terwujud melalui Ikon Wisata Religi di Barus menjadi penambah penghasilan masyarakat ”

“Saya mengucapkan terima kasih kepada relawan, kepala desa dan masyarakat Pananggahan, yang telah membantu saya dalam mewujudkan. Apa yang menjadi niat tujuan saya memberi bahan untuk perawatan, serta pemeliharaan areal Makam Syekh Mahmud di Papan Tinggi Barus”. tandas Arifin.(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here