Kali Pertama Terjadi, Penggugat Dikalahkan Hakim di PN Sibolga

0
128 views

Oleh Syarifudin Simatupang

MONALISANEWS | SIBOLGA | – Majelis Hakim Pengadilan Neger (PN) Sibolga, memerintahkan PT PLN Area Sibolga untuk membayarkan biaya ganti rugi akibat pemutusan sambungan listrik secara sepihak, yaitu biaya pembelian minyak solar dan sewa genset sebesar Rp321 juta.

“PT PLN sebagai penggugat yang kalah dihukum dengan membayar biaya yang timbul dalam perkara tersebut sebesar Rp1.406.000″. sebut Ketua Majelis Hakim, Martua Sagala SH, saat membacakan amar putusannya pada sidang gugatan yang digelar, Rabu , dengan agenda pembacaan putusan. seraya mengetuk palu menutup persidangan.

Sesuai ketentuan perjanjian jual beli tenaga listrik, harusnya penggugat PT PLN Area Sibolga, terhadap PT Anugrah Sibolga Lestari (ASL), berhak melakukan kegiatan tersebut sekurang-kurangnya setiap 1 tahun sekali.

“Ternyata sejak dipasang pada April 2007 sampai dengan dilaksanakannya P2TL oleh PLN pada Januari 2017, penggugat tidak mengajukan bukti apakah alat ukur tersebut sudah pernah ditera ulang oleh Direktorat Metrologi selama kurun waktu 10 tahun”. sebut hakim.

Juga berpendapat, bahwa tindakan pemutusan sambungan listrik secara sepihak yang dilakukan oleh PT PLN Area Sibolga adalah merupakan perbuatan melawan hukum.

Sehingga majelis hakim memerintahkan PT PLN Area Sibolga untuk memasang kembali atau menyambungkan kembali aliran listrik ke PT ASL.

Kuasa hukum PT PLN Area Sibolga, Dr Sutiarnoto ketika diwawancara usai persidangan mengatakan, akan mengajukan banding atas putusan majelis hakim PN Sibolga.

“Kita mengambil sikap akan mengajukan banding secepatnya, dalam satu atau dua hari ini. Sangat keberatan dengan putusan yang disampaikan oleh PN Sibolga. Karena PLN mempunyai bukti dan data-data sesuai dengan gugatannya. Jadi kalau hakim berpendapat lain, itu hak dari pengadilan yang mengambil keputusan ini”. kata Dr Sutiarnoto.

Berita Terkait: 👉  Rampok dan Keroyok Sopir Truk, 13 Pria Ngaku Suruhan Pangulu dan Camat Tiga Dolok Dibekuk

Secara terpisah, Kuasa hukum PT Anugrah Sibolga Lestari (ASL), Parlaungan Silalahi SH, didampingi Hubungan Masyarakat (Humasy) PT ASL, Laurimba Sinaga SE saat dikonfirmasi awak media ini, Rabu (15/8-2018) diruang kerjanya di kawasan PN Sibolga.

Parlaungan dengan tegas mengatakan, PT ASL meminta pihak PLN Area Sibolga segera menyambungkan kembali aliran listrik ke PT ASL sebagaimana yang diperintahkan hakim dalam putusannya.

“Akibat dari perbuatan melawan hukum yang dilakukan PLN Sibolga, membuat PT ASL mengalami kerugian. Perlu kami tegaskan, pihak PLN Area Sibolga harus bertanggung jawab dan diminta untuk segera memasang kembali aliran listrik ke PT ASL”. tegas Parlaungan.(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here