Perlombaan Kelurahan/Desa Terbaik Tingkat Provsu Tahun 2018, Desa Sibintang Tapteng Raih Juara Harapan III

0
96 views
Pj Gubernur Sumatera Utara (Gubsu), Drs Eko Wibowo menyerahkan langsung piala, dan sertifitat berikut dengan uang pembinaan, kepada Kades Sibintang, Ahmad Tarihoran.

Oleh: Syarifuddin Simatupang

MONALISANEWS | TAPTENG | – Pj Gubernur Sumatera Utara (Gubsu), Drs Eko Wibowo menyerahkan langsung piala, dan sertifitat berikut dengan uang pembinaan, kepada Kades Sibintang, Ahmad Tarihoran, yang berhasil meraih juara Harapan Ill pada Perlombaan Desa terbaik Tingkat Provinsi Sumut Tahun 2018. Jumat kemarin di Lapangan Merdeka Medan.

Kepercayaan yang diberikan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tapanuli Tengah (Tapteng) kepada Desa Sibintang Kecamatan Sosorgadong Tapteng, untuk tampil dalam lomba desa terpadu tingkat Provinsi Sumut pada bulan Mei lalu, didasari atas penilaian yang dilakukan sebelumnya oleh tim kabupaten.

Di mana dalam lomba desa/kelurahan terbaik tingkat kabupaten tersebut, Desa Sibintang berhasil meraih juara yang akhirnya diusulkan untuk mewakili kabupaten Tapteng ke tingkat Provinsi Sumut.

Masyarakat Desa Sibintang, berbangga hati atas keberhasilan Pemerintahan Desa (Pemdes) Sibintang dalam  juara Harapan Ill pada Perlombaan Desa terbaik Tingkat Provinsi Sumut Tahun 2018.

Kades Sibintang, Ahmad Tarihoran mengaku bangga dan semangat, atas perolehan prestasi desa Sibintang dibawah epemimpinannya selama menjabat sebagai kepala desa sibintang.

“Terima kasih kepada pemerintah Tapteng, di bawah kepemimpinan Bupati Bakhtiar Ahmad Sibarani yang telah memberikan dukungan dan motivasi kepada pemerintah Desa Sibintang”.

“Begitu juga ucapan terima kasih kami kepada Dinas PMD Tapteng, yang memberikan arahan dan bimbingan kepada kami selama proses perlombaan desa terbaik tingkat provinsi sumut berlangsung”. katanya.

Selanjutnya, Ahmad Tarihoran mengatakan, prestasi yang diterima itu. Tidak terlepas dari dukungan masyarakat selama dikepemimpinannya, dalam menjalin kerjasama untuk mensukseskan program kerja pemerintah desa Sibintang.

“Ini adalah momen yang berharga buat saya dan masyarakat desa Sibintang. Tepat di hari kemerdekaan ini, kami mengukir prestasi tepat di hari kemerdekaan RI yang ke 73 tahun yang membawa harum nama Kabupaten Tapteng”. sebut Ahmad.

Berita Terkait: 👉  Rombongan Danrem 022/PT Safari Ramadhan Di Kabupaten Langkat

Kepala Dinas PMD Tapteng, Sunardi mengatakan. Tujuan lomba ini untuk menilai dan mengevaluasi kinerja pemerintahan desa/ kelurahan dan tingkat perkembangan masyarakat sekitarnya, perkembangan pembangunan atas usaha pemerintah, masyarakat daerah beserta masyarakat desa dan kelurahan bersangkutan.

Sunardi selanjutnya mengakatakan, sasaran penilaian mencakup 8 indikator yaitu pendidikan, kesehatan masyarakat, ekonomi masyarakat, keamanan dan ketertiban, partisipasi masyarakat, pemerintahan, lembaga pemasyarakatan, pemberdayaan dan kesejahteraan. Selain itu dinilai juga inisiatif dan kreatifitas daerah dalam pemberdayaan masyarakat daerah.

Tertuang dalam SK Gubsu, penetapan juara perlombaan desa dan kelurahan terbaik tingkat Provinsi Sumut tahun 2018. Desa Beringin, Kabupaten Deli Serdang Juara I, Desa Subur Kabupaten Asahan Juara II, dan Desa Dogang, Kabupaten Langkat Juara III.

Sementara, untuk juara harapan l diraih Desa Padang Meninjau, Kabupaten Labuhan Batu Utara, juara harapan ll diraih oleh Desa Batang Pane l, Kabupaten Palas Utara, dan untuk juara harapan lll diraih oleh Desa Sibintang, Kabupaten Tapanuli Tengah.(*)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY