PW GPII Sumut Apresiasi Ketegasan Kapolda Dalam Menindak Bawahannya Yang Tidak Bekerja Maksimal

0
42 views

Oleh Redaksi

MONALISANEWS | MEDAN | – Tujuh hari menjabat sebagai pimpinan tertinggi Kepolisian Daerah Sumatera Utara, Brigjend. Pol. Agus Andrianto, SH membuat gebarakan yang cukup tegas terhadap anggotanya yang dianggap lalai dalam menjalankan tugas.

Tidak tanggung tanggung, Kepala Satuan Polisi Air ( KASATPOL Air) Tanjung Balai Sumatera Utara AKP. Ahmad Riskan Kausar dicopot dari jabatannya.

Hal ini terjadi atas laporan masyarakat nelayan,tergabung dalam Aliansi Nelayan Sumatera Utara ( ANSU) pada saat melakukan demontrasi besar besaran di Mapolda Sumatera Utara.

Kedatangan massa ke Mapolda Sumatera Utara dalam rangka menyampaikan aspirasi terkait masih beroperasinya Pukat Trawl di perairan Sumatera Utara, khususnya diwilayah Batubara, Asahan Dan Tanjung Balai yang sangat merugikan nelayan tardisional.

Menurut pengunjuk rasa, KASATPOL Air Tanjung Balai banyak menangkap nelayan pengguna pukat  trawl, tetapi langsung dilepas. Hal inilah yang membuat nelayan merasa cemas dan bosan serta tidak percaya terhadap aparat yang ada disana.

Kedatangan para pengunjukrasa di Mapolda Sumut mendapat sambutan hangat dari Kapolda Brigjend. Pol. Agus Andrianto, SH langsung menemui massa. Didampingi beberapa pejabat utama Polda Sumatera Utara.

Kapolda menyambut baik kedatangan para nelayan ini dan berjanji akan segera menyelesaikan dan menuntaskan dengan melakukan telaah terhadap masalah ini. “ Kita akan sinkronkan dulu antara laporan yang disampaikan dengan fakta yang ada di lapangan. Kita akan cek apakah sinkron atau tidak “ katanya.

Pada bagian lain  Kapolda menyatakan bahwa Peraturan menteri Kelautan Dan Perikanan harus ditegakkan agar tidak merugikan nelayan. Bagi anggota yang tidak bekerja dan tidak mengindahkan peraturan harus dicopot dan dibebas tugaskan dari jabatannya. “ Ya kalau tidak kerja ngapain dipertahankan, copot saja,” demikian kata perwira tinggi bintang satu yang akan segera mendapatkan bintang dua ini.

Berita Terkait: 👉  Lagi,Sang Petarung JR Saragih - Ance, Diganjal Izajah Untuk Ikut Pilgubsu Sumut Juni 2018

Atas sikap dan ketegasan Kapolda Sumatera Utara, Pimpinan Wilayah Gerakan Pemuda Islam Indonesia Sumatera Utara menyambut baik dan mengapresiasi apa yang dilakukan Brigjend. Pol Agus Andrianto, SH ini. “ Sebagai anak muda kita sangat terinspirasi atas sikap tegas pak Kapolda.

Sikap ini perlu kita apresiasi dan berikan penghargan. Karena sikap beliau itu menimbulkan optimesme dikalangan masyarakat bawah.pada saat ini cenderung apatis dan rendah kepercayaan kepada aparat kepolisian,” Demikian kata Wahyudi Hardianto, S.PdI, ketua umum PW GPII Sumatera Utara ketika dimintai pendapatnya oleh monalisanews.

Pada bagian lain, Wahyudi Hardianto mengatakan,pak kapolda untuk terus bersikap tegas dan berbuat baik bagi masyarakat Sumatera Utara, terutama yang menyangkut hajat hidup rakyat kecil dan dapat mengganggu stabilitas Sumatera Utara. Banyak pekerjaan rumah di Sumatera Utara Ini. Maraknya perderan dan konsumsi Narkoba serta praktek praktek perjudian yang merupakan penyakit masyarakat juga perlu diambil sikap yang tegas oleh beliau disamping kasus kasus intoleransi yang dapat memecah belah ummat dan NKRI.’tegasnya.

Sementara itu,Korda KWRI (Komite Wartawan Reformasi Indonesia) Sumatera Utara Kemas Edi Junaidi sangat mengapresiasi atas kinerja Kapoldasu, persoalan reserse paling banyak dikeluhkan masyarakat. Banyak kasus yang belum tersentuh kepolisian.

Menurut dia, tunggakan kasus yang ditangani Polri akibat minimnya anggaran yang tersedia. Kurangnya anggaran tersebut akan membuka peluang untuk anggota Polri melalukan penyimpangan seperti korupsi dan pungutan liar.

Meski sudah ada satuan tugas sapu bersih pungli, nyatanya masih ada oknum yang meminta uang pelicin, “Mungkin kepolisian RI perlu beri tambahan insentif, agar ada peningkatan remunerasi terhadap anggota Polri. Semakin bagus remunerasi, maka ini akan memperbaiki kinerja kepolisian,” ungkap Kemas.

Berita Terkait: 👉  Sekdakot Nyekar Kemakam Pahlawan

Terlepas dari ketidakpuasan masyarakat tersebut,Kemas mengakui bahwa Polda Sumatera Utara di bawah kepemimpinan Brigjend. Pol Agus Andrianto, SH saat ini mendapat apresiasi yang tinggi dari masyarakat Sumatera Utara.” Polri juga dianggap telah berhasil menjalin sinergitas dan koordinasi dengan TNI. “Prestasi dan inovasi pelayanan di berbagai bidang sudah mulai banyak dibenahi. Ini membuat masyarakat akan terasa nyaman,” jelas Kemas yang juga Pemred Tabloid Monalisa dan Media Online Monalisanews.(*)

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here