Giat TNI Melaksanakan Pendampingan,Tingkatkan Swasembada Pangan

0
33 views

Oleh Redaksi

MONALISANEWS | TNI | – Danramil 01/Medang Deras Kapten Inf Sangkot Purba didampingi PPL Zulpansyah dan Robert Manalu, Senin (10/09/2018) mengungkapkan, Bahwa pengolahan tanah bertujuan untuk mengubah sifat fisik tanah agar lapisan yang semula keras menjadi datar dan melumpur.

Dengan begitu gulma akan mati dan membusuk menjadi humus, aerasi tanah menjadi lebih baik, lapisan bawah tanah menjadi jenuh air sehingga dapat menghemat air.

Pada pengolahan tanah sawah ini, dilakukan juga perbaikan dan pengaturan pematang sawah serta selokan. Pematang (galengan) sawah diupayakan agar tetap baik untuk mempermudah pengaturan irigasi sehingga tidak boros air dan mempermudah perawatan tanaman.

Pada kesempatan ini Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 01/Medang Deras Kopda Dedi Hardana melaksanakan pendampingan terhadap anggota Kelompok Tani Sejahtera,Riyanto yang diketua oleh Sulaiman dengan Luas Lahan yang di kerjakan 12 Rante di Desa Durian Kecamatan Medang Deras Kabupaten Batu Bara.

Dedi mengatakan,Agar memberikan hasil maksimal, lahan sawah haruslah diolah secara baik. Pengolahan lahan yang baik sebelum padi di tanami adalah salah satu kunci utama dari keberhasilan panen.

“Pengolahan lahan yang di peruntukan bagi tanaman padi sangatlah penting untuk diperhatikan. Karena lahan sawah (tanah sawah) merupakan tempat mengambil cadangan hara yang dibutuhkan bagi tanaman padi. Oleh karena itu, pertumbuhan tanaman padi diantaranya akan dipengaruhi oleh sejauh mana proses pengolahan yang dilaksanakan sebelum di tanami,” ujarnya.

Sementara,Riyanto pemilik lahan mengatakan, Dengan pendampingan yang dilaksanakan Babinsa sangat membantu masyarakat petani.Selain pendampingan langsung ke sawah, Babinsa juga sering menghimbau para petani di desanya untuk mempercepat tanam seusai panen, mempersiapkan benih padi yang akan ditanam dan mengolah lahan sawah secara tepat sesuai petunjuk PPL setempat.’terangnya.

Berita Terkait: 👉  Dapat Dipastikan Tiga Pasangan Dalam Pilkada Taput

Giat yang sama juga dilakukan,Babinsa Empat Negeri Sertu Mulyadi anggota Koramil 03/Lima Pulu melaksanakan pendampingan terhadap Ilham anggota kelompok tani Persatuan melaksanakan pencabutan bibit padi yang sudah siap tanam.yang sebelumnya disemai dengan luas lahan 10 di Desa Empat Negeri Kecamatan Lima Pulu Kabupaten Batu Bara, Senin (10/09/2018).

Sertu Mulyadi mengatakan bahwa lahan yang sudah ditanam seluruhnya saat ini seluas 7 Rante. “Kami sangat berharap bahwa di Bulan ini semua sudah tertanam mengingat sekarang hujan sudah mulai turun kesempatan ini dimanfaatkan oleh babinsa dan petani untuk mengejar target tanam karena di Kecamatan Lima Pulu ini menggunakan tadah hujan, sehingga masa panen tepat sesuai yang diharapkan”.

Sementara Komandan Koramil 03/ Lima Pulu Kapten Inf Hamlet Marpaung menyampaikan, kinerja Babinsa dan kelompok tani yang terus berusaha mengembangkan sektor pertanian sangat baik. Hal ini memang harus dikembangkan, sehingga masyarakat betul-betul sejahtera dan bersinergitas. “Ini memang harus kita jaga, sehingga setiap program dapat terus berjalan dengan baik dan terus berkembang.

Lanjutnya,hal ini nyata untuk kesejahteraan masyarakat dan dengan mengedepankan program pertanian. “Saya sangat yakin masyarakat bersama Babinsa akan solid untuk mengatasi kesulitan yang ada disektor pertanian,”pungkasnya.

Sementara,Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 13/Bandar Pulau jajaran Kodim 0208/Asahan Koptu Misdi melaksanakan kegiatan ketahanan pangan membantu panen padi  jenis Cihireng milik Sianipar anggota Kelompok Tani Sri Murni dengan luas 10 Hektare di Desa Silau Maraja Kecamatan Setia Janji Kabupaten Asahan, Senin (10/09/2018).

Pendampingan panen padi yang dilaksanakan merupakan bagian dari tugas dan tanggung jawab seorang Babinsa membantu masyarakat mewujudkan program pemerintah dalam meningkatkan swasembada pangan.

Dengan adanya pendampingan para Babinsa diharapkan hasil panen semakin baik, sehingga kesejahteraan para petani dapat meningkat. Kami Babinsa akan selalu mendampingi dan membantu petani untuk meningkatkan hasil panen yang semakin baik dan meningkat.

Berita Terkait: 👉  Siswa SMA Lima Kabupaten Disumbang Komputer Oleh Perkumpulan PGTS Alumni ITB Peduli Kaldera Toba

Danramil 13/Bandar Pulau Kapten Inf B. Simatupang membenarkan, bahwa dalam menyukseskan program swasembada pangan ini, Babinsa selalu terjun kelapangan dan berkordinasi dengan PPL dalam menjalankan tugas di lapangan, sehingga dapat berjalan dengan lancar khususnya progam pertanian ini.

Sementara itu S. Sianipar menyampaikan, masyarakat sangat senang dengan adanya Babinsa yang terjun langsung membantu para petani serta memberikan penyuluhan dan bimbingan dalam bertani.

“Dengan adanya pendampingan dari para Babinsa hasil panen tahun kali ini cukup bagus, sehingga kesejahteraan para petani dapat meningkatkan, ia berharap hal ini bisa terus dilakukan oleh Babinsa, sehingga para petani bisa ikut menciptakan swasemabada pangan secara nasional agar warga masyarakat menjadi sejahtera,”ujarnya.

Bintara Pembina Desa (Babinsa) Kodim 0208/Asahan Koramil 18/Meranti terus mendampingi petani. Hal ini sebagai dukungan terhadap program pemerintah terhadap swasembada pangan. Seperti yang dilakukan para Babinsa Koramil 18/Meranti Dusun III Desa Pasar 6 Kec.Rawang Panca Arga Kabupaten Asahan, Senin (10/09/2018).

Salah satunya yang dilakukan Pelda Saldin dan Kopda Adong Rj,membantu petani panen padi. ”Kebetulan bulan ini Kecamatan Rawang Panca Arga mampu panen padi sekitar 8 Ton/Ha. Sehingga peran kami dalam membantu mereka sangat dibutuhkan,” jelas Pelda Saldin.

Komitmen pendampingan kepada petani juga sebagai bukti TNI AD benar-benar menjalankan tugas yang mencakup operasi militer selain perang (OMSP). ”Karena pendampingan pertanian ini masuk dalam OMSP, maka kami benar-benar bantu petani, agar hasilnya meningkat dan kualitas padi baik,” ujarnya.

Dia menambahkan, pendampingan ini akan terus dilaksanakan para babinsa. Utamanya menjelang panen dan pascapanen. ”Hal ini akan berkelanjutan. Babinsa atau prajurit teritorial wajib mendampingi petani,” imbuhnya.(*)

Baca Juga

Berita Terkait: 👉  Juni 2018 Jalan Tol Ruas Tebing Tinggi – Parapat Dikerjakan PT MHW

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY