Pilkades Serentak Pemkab Tapteng,Dua Petahana “Tersungkur”

0
285 views
Giat Pilkades Serentak Kabupaten Tapteng

Oleh: Syarifuddin Simatupang

MONALISANEW | TAPTENG |- Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng) Prov- Sumut, Rabu, (12/-2018), sebanyak 3 Desa di Kecamatan Tanjung. Manduamas, 4 Desa di Kecamatan Sirandorung .Dari sekian banyak Desa hanya 1 desa yang berhasil terpantau monalisanews Pilkades serentak di Kecamatan Amdan Dewi Tapteng, iyaitu Pilkades Bondar Sihudon 1.

Perolehan suara Pilkades serentak  di empat  desa Kecamatan Sirandorung Tapteng. Diantaranya Calkades Patahana Desa Sampang Maruhur, nomor urut 2, Hotdi Sitanggang peroleh 201 suara, tumbang karena diungguli Calkades rivalnya nomor urut 3, Mester Rudi Sigalingging dengan perolehan 238 suara. Nomor urut 1, Amrin Marbun hanya memperoleh 84 Suara.

Sementara,Pilkades Desa Masnauli, berhasil dimenangkan Calkades patahana, nomor urut 2, Basuki dengan perolehan 707 suara. Mengalahkan nomor urur 1, Farida Hanum hanya memperoleh 79 suara.

Untuk Pilkades di Desa Pardomuan, berhasil dimenangkan Calkades nomor urut 1, Ganda Purba dengan perolehan 641 suara. Sedangkan rivalnya nomor urut 2 Seperin Mian Limbong, hanya memperoleh 323 Suara.

Masih dikecamatan yang sama, Pilkades di Desa Siordang, berhasil dimenangkan oleh seorang ibu rumahtangga dengan  nomor urut 2, Anita Prawati Sitanggang, dengan perolehan 536 suara. Mengungguli rivalnya nomor urut 1 Sustrisno Siburian, hanya memperoleh 440 suara.

Sedangkan  1 Desa di Kecamatan Andan Dewi , yakni Calon Kepala Desa (Calkades) Desa Bondar Sihudon Petahana nomor urut 3, Pangabean Sihaloho hanya memperoleh 189 suara, ditumbangkan rivalnya Calkades nomor urut 1, Sudirman Pandiangan, dengan perolehan 347 suara.

Berdasarkan  informasi yang diperoleh MonalisaNews dari Kasi PMD Kecamatan Manduamas, Robert Silaban menjelaskan,Pilkades serentak di Kecamatan Manduamas digelar di 3 desa, yakni di Desa Manduamas Lama dengan DPT sebanyak 1417 orang, yang hadir memberikan hak pilihnya sebanyak 974 orang, berhasil dimenangkan nomor urut 2, Parlaungan Sihotang dengan perolehan 706 suara. Mengalahkan Calkades nomor urut 1 Musa Tinambunan dengan perolehan 263 suara.5 surat suara batal.

Berita Terkait: 👉  “ innaa lillahi waa innaa ilaihi raajiuun “

Selanjutnya Pilkades di Desa Tumba DPT 660 orang, partisipasi  masyarakat  memberikan hak pilihnya 473 suara. Berhasil dimenangkan nomor urut 1, Uli Tua Hasugian dengan perolehan suara sebanyak 239 suara. Mengalahkan rivalnya nomor urut 2, Julhakim Siringo dengan perolehan suaranya sebanyak 233 suara,  1 surat suara batal.

Kemudian Pilkades di Desa Saragih, dengan DPT 635 orang, partisipasi masyarakat  sebanyak 433 orang, untuk nomor urut 1, Sahwin Tumanggor dengan perolehan 225 suara. Mengalahkan nomor urut 2, Jakkobus Tumanggor dengan perolehan 203 suara,5 suara tidak sah.

Ditempat terpisah, Camat Sirandorung, Apriandi Tanjung, dan Camat Manduamas, melalui Kasi PMD Robert Silaban mengatakan, Pilkades di 4 desa se Kecamatan Sirandorung. Juga Pilkades di 3 Desa se-kecamatan Manduamas berjalan lancar, tertib dan kondunsif berkat kerjasama yang baik  dari panitia, TNI, Polri, dan Satpol PP bersama peran serta masyarakat.

“Kita sangat meng-apresiasi antusias masyarakat, telah rela meninggalkan aktifitasnya sehari hari. Hanya untuk memberikan hak pilihnya pada Pilkades didesa mereka masing masing. Siapa-pun yang terpilih, dialah putra terbaik sesuai pilihan masyarakat. Dan menjadi Kepala Desa mereka 6 tahun kedepan”. kata Apriandi Tanjung. Hal yang sama dikatakan Robert Silaban.(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here