Cegah Penyakit DBD Pemeritah Dan Warga Kelurahan Sinaksak Lakukan Fogging

0
45 views

Oleh Ekolin

MONALISANEWS | TAPIAN DOLOK |- Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Tapian Dolok bersama masyarakat Kelurahan Sinaksak Kabupaten Simalungun Sumatera Utara kerja bakti lakukan fogging atau pengasapan di lingkungan masyarakat.Jumat,kemarin.

Hal ini sebagai langkah pencegahan dan antisipasi penyebaran penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD),apalagi saat ini curah hujan tinggi sehingga perkembangan jentik nyamuk lebih cepat berkembang.

“Fogging ini merupakan salah satu cara untuk mematikan dan memotong siklus penyebaran penyakit DBD yang disebabkan oleh nyamuk Aedes Aegepty. Selain fogging kita juga melakukan penyuluhan bahaya penyakit DBD kepada masyarakat”.Jelas Kepala Puskesmas dr.Leni disela-sela kerja bakti.

Tambahnya,Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) ini dilakukan di sekitaran rumah warga, perkantoran, tumpukan sampah dan beberapa saluran parit yang sering tersumbat dan digenangi air dan ditambah lagi dengan daun kering yang dapat menampung air,pada air bersih yang tertampung di daun kering inilah,nyamuk menyukai tempat berkembangan biaknya.

Pengasapan yang dilaksanakan hanya untuk membunuh nyamuk dewasa, sedangkan untuk membasmi jentik-jentik nyamuk harus dibutuhkan pola hidup bersih masyarat.

dr.Leni,mengharapkan peran serta warga dalam mencegah penyebaran penyakit DBD, dengan langkah 3 M, yakni menguras, menutup dan mengubur barang-barang yang tidak diperlukan,sebab barang-barang yang tidak terpakai dan menampung air akan menjadi sarang nyamuk penyebab DBD.

“Untuk mencegah penyakit DBD, warga harus peduli lingkungan dengan menjaga kebersihan sekitar. Pengasapan dilakukan tidak harus menunggu jatuhnya korban penyakit DBD, jadi kegiatan ini hanya mengantisipasi saja,” terangnya lagi.

Camat Tapian Dolok,Kandace Naiborhu SE,melalui Lurah Sinaksak,Frengky Kurniawan Sitanggang mengimbau masyarakat agar selalu menjaga kebersihan lingkungan untuk mencegah penyebaran penyakit DBD.

“Pola hidup bersih masyarakat juga sebagai langkah pencegahan dan antispasi penyebaran penyakit DBD. Mari bersama-sama menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat di Kecamatan Porsea,” Pungkasnya.(*)

Berita Terkait: 👉  Wabup Darma Wijaya : Teladani Islam Dalam Berbagai Persfektif dan Kebutuhan Zaman

Baca Juga

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here