Tokkon Akan Kembalikan Kejayaan Lobutua Seperti Jaman Dahulu

0
372 views

Oleh: Syarifuddin Simatupang

MONALISANEWS | TAPTENG | – DesaLobutua Kecamatan Amdandewi Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng) tepatnya dipinggir Pantai Teluk Tapian Nauli Pantai Barat Simatera Utara (Sumut). Adalah nama peninggalan sejarah saat bangsa Fortugis datang di Lobutua. Ketika itu ada Pelabuhan laut, maka disebut Labuhan Tua.

Sejarah sekilas ini disampaikan seorang Tokoh wanita muda Kabupaten Tapteng, yang juga putri Kepala Desa Lobutua, Elly Simanullang, ketika awak Monalisa News berkunjung dikediamannya, Minggu (23/9-2018) di Desa Lobutua.

Elly Simanullang menuturkan, Desa Lobutua yang kaya potensi alamnya. Yakni destinasi wisata Pantai Indah Kahona yang sedang dibangun dan dikembangkan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tapteng saat ini. Objek peninggalan sejarah saat bangsa Portugis  memasuki kawasan Lobutua.

Pada zaman Portugis, ‘Tuan Gambang Patuan’ seorang Raja yang sakti mempunyai seorang putri, yaitu puteri Andam Dewi. Sekarang menjadi nama kecamatan itu. Kesaktian Raja itu mampu membunuh Burung Garuda yang berkepala tujuh.

“Saksi alam itu sampai hari ini masih ada, tepatnya dibelakang rumah Tokkon Situmeang. Juga sumur permandian puteri Andamdewi, yang memiliki keajaib-an karena dapat mengobati berbagai penyakit manusia bila diminum”. tutur Elly.

Elly sembari mengatakan, masih banyak objek peninggalan sejarah di Lobutua yang membutuhkan sentuhan pembangunan dalam upaya meningkatkan pendapatan ekonomi masyarakat, jika dikelola dengan baik. Seperti tempat yang dianggap orang sangat ‘Sakral dan Kramat’.

“Untuk itu-lah kami yakin, Kades kami Tokkon Situmeang, yang baru terpilih dan dilantik ini akan mampu untuk mengembalikan kejayaan Lobutua pada masanya.Terutama, karena Bupati Tapteng Bakhtiar Ahmad Sibarani, yang muda dan enerjik itu. Adalah putra kelahiran dan besar di Barus,bertetangga dengan kecamatan Amdandewi, lagi giat giatnya membangun Tapteng,”sebut Elly.

Berita Terkait: 👉  Upacara HUT RI ke-72 Tapanuli Selatan Berjalan Sukses

Kemudian, Elly, tokoh wanita Tapteng ini menjelaskan, masayarakat sangat besrsyukur, Tokkon Situmeang terpilih menjadi Kepala Desa (Kades) Lobutua tanpa melakukan politik uang dan tekanan, maupun iming-iming terhadap masyarakat setempat.

Terpilihnya Tokkon Situmeang secara mutlak, dan menyisihkan 2 rivalnya, pada Pilkades (12/9-2018) lalu. Berkat keinginan  masyarakat Desa Lobutua, Kecamatan Amdandewi Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng) Sumut. Sebanyak 75 Kades terpilih se-Tapteng bersama Tokkon Situmeang telah dilantik Bupati Tapteng, Senin (17/9-2018) kemarin. Sah menjadi Kepala Desa (Kades) Lobutua.

“Kepercayaan masyarakat Lobutua untuk memilih dan memenangkan Tokkon Situmeang secara mutlak menjadi Kades, adalah sesuai hati nurani masyarakat. Kami warga Desa Lobutua senang dan bahagia. Kami juga berterimakasih kepada penduduk yang memberikan hak suaranya memilih Tokkon sehingga, kami penduduk memperoleh pemimpin yang baru yang bisa nantinya membawa perubahan didesa Lobutua”. ujar Elly.

Tokoh wanita, yang juga Ketua Jokowi Center Tapteng itu, menyampaikan atas nama masyarakat desa Lobutua, Elly berharap agar Tokkon Situmeang dapat bekerja semaksimal mungkin. Dan jangan menghianati kepercayaan dan aspirsai warga Lobutua yang diberikan kepada Tokkon. Sebab, sebelumnya masyarakat sudah mengalami betapa histerisnya akibat dihianatti mantan Kades Lobutua ‘BG’ saat menjabat!..pungkasnya.(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here