Dua Jam Diskusi Bersama Bupati Tapanuli Utara Drs Nikson Nababan MSi (Bag II)

0
26 views

“Pengembangan Destinasi Wisata Danau Toba Harus Ada Sinergitas Dengan Daerah Penyanggah”

Oleh Redaksi

MONALISANEWS | TARUTUNG | – Bupati Tapanuli Utara Drs Nikson Nababan MSi lebih lanjut mengatakan,Sekali lagi kalau hanya berharap dari sektor Pariwisata Internasional Batam ini membutuhkan biaya besar dan promosi besar dengan waktu yang panjang. Kita berharap dari wisatawan domestik.

”Sekali lagi, kembangkankan dulu orang datang ke Tapanuli dengan adanya sektor pendidikan, adanya universitas negeri sesuai dengan kearifan lokal. Apa yang ada sumber daya alam itu yang kita buat. Kemudian Danau Toba ini harus ada sinergitas dengan laut atau pantai. Kabupaten Tapanuli Tengah  memiliki pantai yang bagus dan indah dan pulau pulau yang bagus dan tak kalah dengan Bali. Apa bila sinergitas ini ada. Artinya wisatawan , tiga hari di Danau, dan tiga hari kemudian berjemur dan lain sebagainya di pantai. Saya pikir ini satu satunya di dunia, ada pantai dan laut berdekatan dengan danau, hanya makan waktu setengah atau satu jam,” ungkap Bupati.

Nikson menambahkan, Ada pantai dan danau berdekatan,ini adalah potensi yang luar biasa mempercepat perkembangan pariwisata Danau Toba dan ini akan dilirik oleh wisatawan manca negara dan ini perlu juga dipikirkan secara bersama sama oleh pemerintah daerah, terutama pemerintah pusat.

”Saya juga mengusulkan,adanya universitas negeri disini. Betul memang ada Moratorium, bahwa tidak ada pendirian universitas negeri sampai 2019. Namun demikian, di Tapanuli Utara ini ada Sekolah Tinggi Agama Kristen Negeri. Kita meminta agar statusnya dinaikan menjadi universitasi.aSehingga fakultas dan jurusannya bisa lebih banyak dan lebih berkembang katakan nanti disitu ada Fakultas Kejuruan Agama Kristen, tidak merubah status yang sudah ada. Alasan menurut pemikiran saya, karena semua sudah didominasi Gereja sudah miliki Sekolah Tinggi sendiri. Artinya apa?…alumni atau lulusan sekolah tinggi gereja sangat sempit lapangan pekerjaan untuk mereka,” ujar Nikson.

Berita Terkait: 👉  Tolak Pijat "Oknum Perangkat Desa Lakukan Perusakan Dan Aniaya Pemilik Panti"

“ Karena Sekolah Tinggi Negeri Agama Kristen ini sudah ada lahan dan gedung  ini hanya tinggal merubah saja. Statusnya hanya dirubah menjadi Universitas Negeri. Orang akan datang ke Tapanuli Utara  untuk kuliah.  Anak anak kita juga bisa kuliah,uang kita tidak perlu keluar. Dan ini juga kan memicu Akadermi Swasta baru dan Universitas Swasta Baru  di Kabupaten Tapanuli Utara. Ini mungkin langkah langkah yang sangat secapat dan strategis yang bisa mengembangkan Danau Toba,” pungkasnya.(Bersambung Bag III)

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here