Meningkatkan Ukhuwah Islamiyah,Warga Purba Sari Peringati Maulid Nabi Muhammad SAW,1440 H

0
109 views

Oleh Ekolin

MONALISANEWS | TAPIAN DOLOK | – Untuk meningkatkan Ukhuwah Islamiyah dalam kehidupan sehari hari,warga Nagori Purba Sari bersama tokoh agama,tokoh masyarakat serta pangulu gelar acara memperingati hari besar Islam “Maulid Nabi Muhammad 1440 Hijriah,berlokasi di halaman sekolah Asy Syuhada Nagori Purba Sari Kecamatan Tapian Dolok Kabupaten Simalungun Sumatera Utara. Selasa,(20/11).

Ketua PHBI Purba Sari, Bebasuki,ST,S.Pd, mengatakan, walaupun peringatan Maulid Nabi bukan kewajiban bagi umat islam, namun dengan memperingati hari kelahiran Rasullullah, umat islam dapat menempah diri untuk lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT, dan mengenang sejarah bagaimana Nabi Muhammad SAW, membesarkan dan menyebar luaskan ajaran islam di muka bumi dalam kelahirannya.

“Kita harus menanamkan rasa cinta pada generasi islam kepada Rasulullah,dan menceritakan tentang sejarah perjalanannya agar anak anak memahami dan lebih mencintai Nabi Muhammad SAW,sebab saat ini dunia kita adalah dunia IT,yang harus kita waspadai bahwa generasi muda kita akan lebih mengenal tokoh sinetron atau tokoh game yang saat ini sudah menjamur,” ujarnya.

Sementara Pangulu Nagori Purba Sari,Marshal Saragih SP menjelaskan, peringatan lahirnya Nabi Muhammad SAW, memiliki 4 tujuan penting yaitu, 1.Disyukuri,adalah sebagai bentuk Tasyakur kita kepada Allah SWT atas dilahirkannya Nabi Muhammad Shalallahu Alaihi Wassalam.

Ke 2.Lil Imdah adalah memuji kepada Nabi Muhammad SAW,karena alam ini tidak akan tercipta jika tidak ada Nur Muhammad,sebagaimana tercantum dalam Hadist Qudsi,Laulaka Maulana maa khalaqtu aflak.

Marshal Saragih,menambahkan,untuk yang ke 3 adalah Thalabul Ilmi yaitu mencari ilmu untuk mempertebal keimanan dan akidah kita terhadap ajaran Tauhid Allah,serta pemahaman terhadap hukum hukum yang ada dalam ajaran Islam.

Dan tujuan terakhir menurutnya,adalah Lil Uswah yaitu karena sudah jelas di dalam Al Quran bahwa Nabi Muhammad adalah suri tauladan bagi kita semua,Laqad jaa a kum rasulum min anfusikum uswatun hasanah,seraya mengakhiri ucapannya.

Berita Terkait: 👉  Bupati Taput Lantik Pejabat Eselon III dan IV.

Edy Suprapto sebagai tokoh pemuda Kecamatan Tapian dolok mengatakan,”Saya sebagai ketua yayasan Sekolah Asy Syuhada sangat mengapresiasi kegiatan peringatan Maulid Nabi Muhammad yang jatuh tepat pada hari ini,inilah salah satu bentuk upaya untuk warga berkumpul dan bersilaturahim,serta mempertebal ilmu agama,” ungkapnya.

Ratusan warga hadir dalam acara Maulid Nabi Muhammad SAW,yang diisi oleh penceramah Ustadz H.Kurniawan yang berdomisili di jalan Asahan (PT.Sipef),acara diisi juga dengan pembagian hadiah bagi para pemenang yang sebelumnya telah diadakan perlombaan seperti lomba Azhan,pembacaan surah pendek Al Quran dan lain lainya,seni budaya yang dibawakan oleh para remaja masjid juga turut memeriahkan acar tersebut.(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here