Manfaat DD TA 2018 Sigodung Buka Akses Jalan Pertanian

0
112 views

Oleh: Syarifuddin Simatupang

MONALISANEWS | TAPTENG | – Pembukaan jalan dan pembangunan beronjong di Desa Sigodung Kecamatan Sirandorung Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng)  Sumut,  memberikan solusi bagi petani. Dan mengantisipasi terjadinya abrasi dialur sungai Simanuk-manuk yang mengalir ditengah persawahan desa itu telah rampung dikerjakan.

KepalaDesa (Kades) Sigodung,  Farida Sitorus, didampingi BPD-nya, Esrom Sitohang, Kadus II,  Hotma Sitohang, Tokoh Masyarakat desa itu,  Lohdewek Purba,  dan mandur pengerjaan bronjong, Simson Tumanggor ketika ditemui awak Monalisa News,  Kamis,  (07/02-2019) dilokasi pengerjaan bronjong.

Farida Sitorus menurturkan, untuk membuka akses jalan pertanian dengan Dana Desa (DD)  Tahun Anggaran (TA)  2018 sebesar Rp. 128.764.600,- menyambungkan dengan jembatan yang dibangun mengunakan DD TA 2017 lalu.

“Untuk mencegah abrasi,  maka DD TA 2018 sebesar Rp.289.604.400,-  kita gunakan untuk membangun bronjong sepanjang 50 meter dibawah jembatan itu,” kata boru Sitorus.

Hotma Sitohang mengaku sangat berterimakasih kepada pemerintah. Dengan manfaat dana desa itu,  warga desa Sigodung tidak lagi memundak hasil pertaniannya, yaitu padi dan tandan buah sawit warga,   karena akses jalan dan jembatan sudah selasai dibangun ditengah persawahan itu.

Hal tersebut diamini warga sekitar dan Lohdewek Purba sembari mengatakan, sebelumnya warga petani dikampung itu selalu kewalahan menyeberangi sungai Simanuk-manuk dan melintasi jalan batangan sawah saat panen padi sawah, dan panen kelapa sawit tiba.

“Pembukaan jalan dengan tembok penahan tanah,  dan timbunan tanah sudah tersambung dengan jembatan yang dibangun tahun 2017 lalu,  saat ini seratus persen sudah selesai dikerjakan,” ujar Hotma Sitohang.

Sementara itu, Lohdewek dan Simson Tumanggor mengaku,  ada pun kegiatan hari itu hanya mengerjakan kunci bronjong. Kalau sesuai RAB-nya bronjong itu sudah selesai 100% pengerjaanya.

Berita Terkait: 👉  Bupati Tapteng Menghadiri Yudisium dan Pengambilan Sumpah Angkatan XV Fakultas Kedokteran UMSU

“Pekerjaan sekarang ini tinggal membuat pengunci pasangan bronjong,  agar lebih kuat ketahanannya jika debit sungai simanuk manuk ini meluap. Kebetulan juga ada parit pembuangan air dari areal persawahan.” tandas Simson,  dibenarkan Lohdewek.(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here