Kajari Sibolga Sambut HPN: “Momen Kebebasan Pers Sangat Luar Biasa”

0
66 views
Oleh: Syarifuddin Simtupang
MONALISANEWS | TAPTENG | – Kepala Kejaksaan Negeri (Kejari) Sibolga Timbul Pasaribu SH berharap kepada wartawan agar punya karya jurnalistik tersendiri dalam tulisannya.
Timbul mengingatkan, tepat pada tanggal 09 Februari adalah Hari Pers Nasional (HPN), dia selaku Kajari Sibolga saat penyambutan hari pers Nasional yang di adakan di Aula Balai Pemasyarakatan Sibolga (Bapas), Sabtu 09/02-2019) di jalan Sutoyo Siswomiharjo Sibolga.
“Saya menganggap momen kebebasan pers ini sangat luar biasa, kebebasan pers ini dilindungi UU pers Nomor 40 Tahun 1999, beserta Kode Etik dari jurnalis dalam menyajikan Informasi yang akurat dan akuntabel, demi terciptanya  motivasi bagi masyarakat,” sebut Kejari.
Kejari mengaskan, kebebasan pers,  adalah kebebasan berpendapat, kebebasan Hak Asasi warga negara untuk menerima informasi di dalam pemberitaan, serta kebebasan memberikan aspirasi setiap warga Negara yang tertuang dalam pemberitaan.
“Berita itu pokoknya harus dapat dipertanggungjawabkan,” katanya.
Selain itu, kata Timbul menerangkan,   kebebasan dalam menyajikan berita harus menaati kode etik jurnalistik sesuai yang tertuang di dalam UU pokok pers.
“Bersikap independen, profesional secara terukur dalam menjalankan tugas, jangan asal tuduh, dilarang berbohong, bijak menangani identitas korban atau menangani pelaku kejahatan,tidak memanfaatkan profesi dengan kepentingan pribadi, melindungi narasumber, menghormati keberagaman, berpegang pada kepentingan publik, berani mengakui kesalahan, menerima koreksi pada bagian yang keliru,” terang Kejari.
Kedewasaan dalam kemajuan insan pers, himbau Timbul,  di masa sekarang ini sangat meningkat, maka dari itu, menyajikan berita juga sangat di nantikan masyarakat. “Mari kita sajikan kedewasaan dalam pemberitaan dengan akuntabel dan berimbang,” imbuhnya.
“Semoga di hari ulang tahun HPN ini menjadi momen penting bagi kita semua, mari kita segenap turut bangkit memberikan informasi yang membangun demi kepentingan kemajuan kita bersama,” harap Timbul.(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here