Kasus Money Laundry RBS P21

0
411 views

Oleh: Syarifuddin Simatupang

MONALISANEWS | TAPTENG | – Kehadiran tersangkan Raja Bonaran Situmeang SH,M Hum (RBS),Senin (11/02-2019) sekira pukul 15:00 Wib di Kejaksaan Negeri (Kejari) Sibolga, dan berkas perkaranya sudah (P21). Atau hasil penyelidikan sudah lengkap,

Kepala Kejari Sibolga,  Timbul Pasaribu ketika dikonfirmasi sejumlah awak media mengatakan, berkas perkaranya sudah (P21) Pemberitahuan Bahwa Hasil Penyelidikan Sudah Lengkap.

Kejatisu sudah menetapkan pasal yang dikenakan kepada RBS, yakni pasal 378 dan 372 tentang tindak pidana penipuan dan penggelapan, kemudian terkait pasal 4 UU nomor 8 tahun 2010 money laundry (penyucian uang-red).

Berkas perkara RBS, sudah tahap kedua. Dan penyidik Poldasu telah membawa tersangka dalam berkas perkara tertulis, bahwa perkara sejak tahun 2014 lalu.

“Sedangkan mengenai proses berkas perkaranya sudah dituangkan semua seluruhnya dalam berkas perkara. Dan hal itu nantinya akan lebih jelas seluruhnya ketika pelaksanaan sidang terbuka di Pengadilan Negeri Sibolga,” sebut Timbul.

Selanjutnya dijelaskan Timbul,  dalam waktu dekat berkas perkara RBS akan dilimpahkan ke Pengadilan Negeri Sibolga.

“Secepatnya akan dilimpahkan ke PN Sibolga, disertai dengan keterangan para saksi dan juga keterangan RBS Sendiri. Termasuk barang bukti dan lain-lainnya terkait pembuktian perkara tersebut,” jelas Timbul.

Berkas perkara tersangka RBS, kata Timbul,  yang awalnya melakukan penelitian adalah Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara (Kejatisu), Kejaksaan Sibolga hanya meneruskan berkas tersebut.

“Kejatisu sudah menetapkan pasal yang dikenakan kepada RBS, yakni pasal 378 dan 372 tentang tindak pidana penipuan dan penggelapan, kemudian terkait pasal 4 UU nomor 8 tahun 2010 money laundry (penyucian uang),” terangnya.

Kejari Sibolga memastikan, perkara ini murni dari hasil laporan masyarakat dan pihaknya tidak ada diintervensi oleh pihak manapun.(*)

Berita Terkait: 👉  BABINSA KORAMIL 03/LP BANTU PETANI PEMUPUKAN PADI

Baca Juga

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here