BAU BUSUK LIMBAH PT MASS, DISOAL WARGA

0
33 views

Oleh Nasrin

MONALISANEWS | BANDAR TINGGI | – Masyarakat Huta 1 Nagori Bandar Tinggi, Kecamatan Bandar Masilam Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara. mengeluhkan bau busuk yang diduga berasal dari pabrik kelapa sawit (PKS) milik PT  Mitra Agung Sawita Sejati, berada tidak jauh dari pemukiman warga.

Sahruddin Nasution, Gamot Huta 1, Nagori Bandar Tinggi  mengatakan, masyarakat semangkin hari semangkin terganggu, akibat bau busuk yang sangat menyengat.  setiap malam bau busuk menyengat  hingga kepemukiman warga. 

Biasanya sore dan menjelang magrib, sudah muncul bau limbah.Dan anehnya keluhan kami ini tidak pernah direspon oleh perusahaan. Setelah adanya pemberitaan dari monalisa warga mulai berani berteriak. Sebab sebelumnya warga takut, karena ada intimidasi dari PT MASS.

Untuk itu, masyarakat mengharapkan, Pemerintah Kabupaten Simalungun, dalam hal ini Dinas Lingkungan Hidup agar melakukan pengkajian ulang proses pengolahan limbah milik PT MASS. Dan bersikap tegas terhadap manajemen perusahaan agar dapat mengendalikan bau limbah PKS tersebut.

Sementara Evi Damanik, Kepala Puskesmas Bandar Tinggi, kepada Monalisa, Senin 13/1/2020 mengatakan, Bau busuk menyengat dari pabrik pengolahan kelapa Sawit tersebut, sudah pasti menyebabkan terjadinya polusi udara, dan sangat berpengaruh kepada kesehatan.

Dalam pada itu, Pangulu Nagori Bandar Tinggi, Samsiadi mengatakan, kami dari pemerintahan, sangat mengapresiasi keluhan warga yang sudah begitu lama, dan akan melakukan musyawarah dengan manejemen PT  Mitra Agung Sawita Sejati.” Keluhan warga ini akan kita tindaklanjuti,” tegasnya.(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here