Nikson Manjakan Ribuan ‘Inongta’ Kabupaten Taput

0
161 views

Oleh Toni Situmeang

MONALISANEWS | TAPUT | -Tak mau ketinggalan, puluhan ribu warga lanjut usia ‘lansia’ ramaikan hari jadi Taput ke 72. Mereka pun terlihat akrab bersama Bupati Taput Nikson Nababan bersama Ketua Tim Penggerak PKK Satika Simamora, terutama pada saat bersenam lansia di tiap-tiap kecamatan.

“Suasana kegembiraan inilah yang kami dambakan. Bersenam ria penyakitpun hilang,” ujar Opung Jelita Sormin (65), warga Desa Padang Siadomang Garoga Taput.

Dikatakannya, seluruh anggota lansia yang berjumlah 60 orang setiap minggu sore berkumpul untuk bersenam bersama-sama. “Program kelompok lansia di desa kami tidak ada sebelumnya. Kelompok ini baru berjalan sejak Januari 2016 yang dibina oleh bidan desa,” terang Opung Jeliata diamini temannya Opung Andre Hutajulu.

Jujur dikatakanya, kehadiran mereka di perayaan hari jadi memang diajak oleh kepala desa dan bidan. “Kami memang sengaja di undang hadir untuk senam bersama Bupati Taput, inilah kebanggaan kami karena Bupati peduli lansia,” ungkapnya sembari mengatakan rela meluangkan waktu untuk hadir dan agar terlihat rapi mereka rela mengeluarkan uang sendiri untuk membeli seragam training.

“Beta marlasniroha, rap dohot natua nutua ta naung lanjut usia,” ujarnya tertawa sambil bersenam.

Terkait program lansia, Kepala Dinas Kesehatan Taput, Janri Nababan, mengatakan ada sebanyak 10.955 jiwa dengan 298 kelompok yang mengikuti program lansia. Dari angka tersebut 97% merupakan wanita dan 3% laki-laki.

Dikatakannya, kegiatan yang dilakukan dalam program lansia berupa senam goyang manula, pemberdayaan lansia seperti pembuatan sabun cair untuk pencuci piring yang hasilnya digunakan para lansia dalam keperluan sehari-harinya.

Selain itu, para lansia juga mendapatkan pelayanan kesehatan gratis seperti cek kolestrol, cek gula darah, cek tekanan darah, cek asam urat dan para lansia juga mendapatkan penambah makanan tambahan beserta vitamin yang dilaksanakan sekali seminggu di fasilitas kesehatan seperti Puskesmas, Poskesdes dan Polindes.

Berita Terkait: 👉  Dengan Alokasi DD TA 2017 Tapteng, Dusun III Desa Sitio-tio Lepas Dari Pemukiman Kumuh

“Program bertujuan meningkatkan taraf hidup dan meningkatkan usia harapan hidup serta kualitas kesehatan para lansia, mewujudkan visi dan misi Dinas Kesehatan yaitu mewujudkan masyarakat yang sehat mandiri,” pungkasnya.

Selain itu, dinas kesehatan juga mempunyai program yang berhubungan dekat dengan Program Bina Lansia yaitu Program HORAS (Ketuk Pintu Layani Dengan Hati), sebutnya.

Sistem kerja program HORAS, tim kesehatan yang turun langsung ke rumah masyarakat secara door to door yang bertujuan untuk mengetahui tingkat kesehatan masyarakat. Masyarakat akan diwawancai mengenai kesehatan yang dilanjutkan dengan pemeriksaan yang sekaligus juga sosialisasi kebersihan dalam rumah tangga dan lingkungan.

“Jadi para lansia tidak harus pergi di fasilitas kesehatan, tetapi di rumah pun dapat memperoleh pelayanan kesehatan,” tegas Jandri.(*)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here