Pemkab Tapteng Benahi Sarana & Prasarana Objek Wisata Pantai Indah Kahona

0
378 views

Oleh: Syarifuddin Simatupang

MONALISANEWS | TAPTENG | -Masyarakat sangat mengapresiasi pembangunan sarana dan prasarana objek Wisata Pantai Kahona Desa Lobu Tua, Kecamatan Amdan Dewi Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng) Sumut.

Pantai Kahona terletak dibibir pantai Teluk Tapian Nauli, Pantai Barat Sumatera Utara (Sumut) yang begitu indah dan menjadi salah satu tujuan wisatawan belum tertata apik dan asri oleh infrastrur pendukung dikawasan tersebut.

Kabupaten Tapteng dengan julukan “Negeri Wisata Sejuta Pesona”  mulai berbenah.Tahun Anggaran 2018 Pemerintah Kabupaten telah mengalokasikan angaran untuk pembangunan infrastruktur pendukung dilokasi Pantai Kahona.

Tian Limbong (58) salah seorang tokoh masyarakat Lobu Tua yang lebih akrab dipanggil Cane saat ditemui Monalisanews, Kamis di kawasan objek wisata Pantai Indah Kahona menuturkan,mungkin sudah begitu lamanya objek wisata Pantai Kahona ini tidak tersentuh pembangunan.Sebagai daerah bahari dengan julukan Negeri Wisata Sejuta Pesona,pemeritah kabupaten Tapteng sudah harus berbenah.Apa lagi Presiden RI Joko Widodo telah meresmikan Kota Tua Barus sebagai Titik Nol Perabadan Islam di Nusantara.Ini artinya Kabupaten Tapteng telah menjadi tujuan wisata nasional maupun manca negara.

“Keindahan wisata alam di Kabupaten Tapteng sungguh sangat luar biasa,masih bayak loksi wisata alam membutuhkan alokasi anggaran untuk penataan infrastruktur.Apalagi berbagai pembangunan penataan daerah wisata telah dicanangkan Pemkab Tapteng.Sudah saatnya pembangunan Destinasi Wisata yang menjadi skala prioritas diera Bakhtiar Ahmad Sibarani, dan Wakilnya Darwin Sitompul,karena sumber PAD yang paling besar,ya!.. dari sektor pariwisata ini,”ujarnya.

“Kekayaan alam yang ada di pantai Desa Lobu Tua sungguh sangat luar biasa,sayang baru kali ini pemerintah mulai membenahinya. Sebelumnya, meskipun pantai kahona ini hanya sebagai objek wisata biasa dan tidak tertata dengan apik dan asri,namun juga menjadi tujuan utama wisatawan dari luar Tapteng.Pantai Kahona ini pernah dikelolah pihak pemerintah dengan baik untuk meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar dan menjadi sumber PAD,”sebut Canne.

Berita Terkait: 👉  KEJUARAAN KARATE SHIROITE OPEN CHAMPION PIALA DANDENPOM I/1 PEMATANGSIANTAR

Kami tidak berlebihan, lanjut Canne, jika kami meng-apresiasi program pembangunan yang dilaksanakan Bupati Tapteng Bakhtiar yang muda dan enerjik itu. Bukan muluk-muluk, dan bukan hanya wacana, tetapi sudah nyata.

Bangunan dengan biaya sekitar Rp.2 milyar,dialokasikan untuk sarana objek wisata, yakni Gajebo, Jogeing Trek, pusat perbelanjan, tempat permainan anak-anak, Mussolla, lapangan parkir, dan pagar mengelilingi kawasan seluas 1 ha.

“Lain lagi saat ini sedang dikerjakan peningkatan pembangunan jalan menuju pantai Kahona sepanjang 1.330 meter dengan aspal hotmix, dan pembangunan jaringan listrik oleh PLN untuk kawasan Pantai Kahona,”ujar Canne dibenarkan warga lainnya.

Kemudian, Canne Limbong, yang juga Humasy Pokdarwis (Kelompok Sadar Wisata) Desa Lobu Tua, didampingi Kaur Pembangunan Desa Lobu Tua, Dimson Situmorang (48), dan warga sekitar, Kisman Simanullang (63), Risman Sihotang (64), Parlindungan Simanullang (47) menyampaikan terimakasihnya kepada Bupati Bakhtiar dan Wakilnya Darwin.

“Baru setelah pasangan Badar memimpin Tapteng ini, kami mengenal pembangunan. Sebelumnya belum pernah, maka kami berterimakasih karena daerah kami mendapat perhatian dari pemerintah.kami optimis masyarakat sekitar akan dapat meningkatkan penghasilan kami,”. tukas mereka.(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here