Kadis Pertanian Kalimantan Barat Tanam Perdana Turiman di Desa Benteng Keladan

0
56 views

Oleh Heru

MONALISANEWS | BENGKAYANG | – Kepala Desa Benteng, Kecamatan Teriak, Ripan, kembali berinovasi  meningkatkan kemandirian masyarakat dibidang pertanian dengan menyediakan lahan bagi program Tanaman Tumpang Sari Musiman (Turiman).

Bekerjasama dengan Dinas Pertanian, Tanaman Pangan dan Hortikultura Kalimantan barat, Jumat (18/10/2019), telah dilakukan penanaman perdana tanaman (Turiman) tanaman tumpang sari musiman pada lahan petani langsung oleh Kepala Dinas, Heronimus Hero.

“Tanaman Turiman yang ditanam hari ini adalah jagung dan padi,” ungkap Ripan.

Pemilihan jagung dan padi tersebut tak lepas dari kondisi masyarakat setempat yang selama ini mengandalkan keduanya sebagai penopang perekonomian disamping berkebun karet, beternak serta pemanfaatan sumber daya alam yang tersedia didaerah mereka.

Agar tidak saling mengganggu unsur hara, kedua tanaman itu diatur jarak tanamnya, sekitar 50 cm,” jelasnya.

Dengan adanya model tanam Turiman ini, kita berharap mampu meningkatkan perekomian masyarakat,” harap, Heronimus Hero.

Dijelaskan, program Turiman merupakan salah satu upaya khusus pemerintah melalui Kementerian Pertanian mendorong percepatan swasembada pangan terhadap tiga tanaman, padi, jagung dan kedelai (Pajale) dengan menerapkan inovasi teknologi spesifik lokasi untuk meningkatkan produksi pangan.

Terakhir, Ripan berharap, jika program ini berhasil dan mampu meningkatkan perekonomian warga akan memberikan dampak lain, yakni munculnya perhatian terhadap jalan desa (5 km) dan listrik (3 km) yang sampai kini belum dinikmati warga desa.(*)

Baca Juga

Berita Terkait: 👉  Musrembang Program Pembangunan Yang Telah Tersusun Dan Menjadi Skala Prioritas

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here