Tonton Live Streaming Monalisa TV, Moment Acara Suroan, Menjalin Silaturrahim dan Meningkatkan Keimanan dan Ketaqwaan Suku Jawa

0
116 views

Oleh Pranoto

MEDIA BERITA MONALISA | SIDAMANIK | – Nagori Bukit Rejo merupakan Nagori yang teritorialnya diapit oleh Nagori Manik Hataran dan Nagori Birongulu Manriah di kecamatan Sidamanik.  Dengan penduduk mayoritas didominasi oleh Suku Jawa,namun keharmonisan antar umat bergama dan berbudaya sangat terjaga.

Pada kesempatan Minggu (8/9/2019) pantau awak media MBM bahwa keseriusan warga dan keperdulian warga akan keagamaan dan Budaya jawa di Nagori tersebut cukup kental terbukti dengan diadakannya acara menyambut tahun baru Islam 1 Muharram dan dalam tradisi suku jawa yaitu istilah Suroan.

Kegiatan yang dilakukan disalah satu lapangan Sekolah Dasar, cukup mengundang perhatian masyarakat, pasalnya kegiatan 1 Muharram atau Suroan tersebut dilaksanakan dengan berbagai acara keagamaan dan tradisi budaya Jawa.

“Ini merupakan wujud syukur kepada Tuhan karena menyambut 1 muharam ini sekaligus mempererat persatuan dan persaudaraan dengan sesama umat Islam. Mengingat diera  digital ini budaya jawa sudah hampir hilang tergerus oleh waktu dan perkembangan jaman. apalagi mengingat  budaya  tersebut adalah warisan leluhur dan harus tetap dilestarikan,”ungkap Suwondo sosok Pangulu yang dikenal warganya sebagai pangulu terbaik.

Tradisi ini dipercaya warga sebagai ucapan syukur kepada sang pencipta atas semua nikmat yang diberikan.serta sebahagian warga beranggapan bahwa sebagai tolak bala.atau tolak bencana. Dan dipercaya untuk menjaga kampung dari hal hal pegaruh negatif yang tidak diinginkan.

Sementara salah satu tokoh budayawan jawa didaerah tersebut mengatakan. “Inilah warisan tradisi turun temurun orang jawa.karena dahulu nenek moyang suku jawa mengajarkan kita tentang kehidupan dan saling memaknai antar satu sama lain antara manusia dengan Tuhan. Manusia dengan sesama makhluk hidup dan manusia dengan Alam, itulah wujud implementasi dalam kehidupan beragama, berbudaya dan berbangsa,” ungkap Amir tokoh budaya jawa yang dikenal warga selalu aktif dalam mengedukasi budaya warisan jawa didaerah tersebut.

Berita Terkait: 👉  Pagelaran Tarian Etnis dan Fragmen  Meriahkan Open Stage PRSU 2019

Kegiatan ini selalu dilaksanakan setiap tahunnya mulai dari pengajian bersama, Doa memohon Keselamatan untuk warga dan kampong ,kemudian secara adat budaya sesepuh yang dianggap sebagai tokoh budaya melangsungkan ritual ritual jawa.

Salah satu contoh ngeris dalam bahasa jawa yang artinya mencuci keris atau barang barang berharga warisan nenek moyang yang turun temurun.

Secara budaya kegiatan ritual sudah dilakukan sebelum nya namun pada kesempatan ini serangkaian kegiatan berupa mengaji bersama, doa bersama dan acara “Ambengan” yang artinya makan bersama dengan di panjatkan doa secara jawa oleh tokoh budayawan dan sekaligus menjelaskan arti arti disetiap bentuk Ambengan yang disajikan.

Sementara, Sunario ZA pada tausiahnya mengatakan, ” mengingat ini merupakan Tahun Barun Islam diharapkan  warga lebih meningkatkan ibadah  kepada Tuhan Yang Maha Esa,iman dan taqwa lebih ditingkatkan sejarah ini dibawa oleh Rasullulah dan norma kehidupan yang positif.jangan terpancing oleh isu SARA yang bisa memecah belah kesatuan antar umat beragama dan berbangsa Indonesia.” Ungkapnya.

Masyarakat menyambut baik kegiatan tahunan ini dan berharap agar kedepannya lebih ditingkatkan lagi seperti ungkap salah seorang warga Ika Supantri, ” kami warga gembira dalam menyambut  1 muharram atau Suroan ini karena dapat menjalin tali silaturahmi,mempererat kesatuan antar umat muslim,dan kami berharap kegiatan yang sudah berlangsung selama 3 tahun ini bisa menjdi agenda tahunan. sesuai jargon  warga Bukit Rejo yang diprakarsai oleh bapak pangulu kami yaitu “Bersama Kita Bisa”, pungkasnya.

Kegiatan yang digelar pemerintahan Nagori Bukit rejo tersebut  sekaligus penggalangan dana guna pembangunan mesjid taqwa bukit rejo yang masih dalam tahap pembangunan. (*)

Baca Juga

Berita Terkait: 👉  'Mamogang'  Menyambut Bulan Suci Ramadhan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here