TNI Ikut Serta Membantu Penanggulangan Bencana Tenggelamnya KM. Sinar Bangun

0
72 views

Oleh Redaksi

MONALISANEWS | TIGARAS | – Dalam hal penanggulangan bencana,menjadi kewajiban bagi seluruh umat manusia yang ada di bumi ini, terlebih yang terjadi pada saat ini Tenggelamnya Kapal penumpang kayu KM Sinar Bangun di perbatasan perairan Pelabuhan Tigaras dan Pelabuhan Simanindo Samosir Senin (18/6/ 2018 ) yang diperkirakan pada pukul 17.30 kemarin sore.

 

Kapal yang bermuatan over tersebut oleng dan terbalik akibat cuaca buruk dan ombak besar. Ratusan penumpang KM Sinar Bangun yang tenggelam hingga Selasa Malam (19/6/2018) belum juga ditemukan oleh Tim Penyelamat.

 

Untuk menindak lanjuti peran serta menolang dan membantu masyarakat yang terkena musibah, Kepala Staf Korem 022/Pantai Timur Letkol Inf Agustatius Sitepu serta jajarannya melaksanakan briefing tugas penanganan evakuasi korban kapal tenggelam di Danau Toba yang di pimpin langsung oleh Kepala Basarnas Masdya TNI M. Syaugi,  didampingi oleh Dirjen Perhubungan Darat Bapak Budi Setyadi, Kepala Jasa raharja,  Karops  Poldasu,  Kasrem 022/PT.

 

Langkah-langkah yang diambil antara lain 1. Membentuk posko terpadu di bawah pimpinan Kabasarnas Medan Bapak. Budiawan, 2. Melaksanakan Pendataan dan klarifikasi jumlah penumpang dengan membuka posko pendataan, 3. Pencarian korban sesuai SOP selama 7 hari, bila belum selesai di tambah 3 hari, 4.

 

Melaksanakan investigasi penyebab kecelakaan, 5. Melaksanakan identifikasi korban hidup dan meninggal serta Memberikan santunan dari jasa raharja, dengan jumlah dana yang akan diperoleh korban meninggal 50 juta, untuk yang mengalami luka maksimal 20 juta, serta mendirikan dapur logistik yang dibawah kendali Korem 022/Pantai Timur.

 

Untuk Hari ini akan di datangkan dari Jakarta tim Evakuasi kemampuan selam dasar laut beserta perlengkapan Remote Operating Vehicle (ROV) atau alat deteksi bawah laut, dan Communication Under Water atau alat komunikasi bawah laut.

Berita Terkait: 👉  Wali Kota Serahkan SK Pensiun ASN Saat Upacara Peringatan Hardiknas Tahun 2018

 

Kedua alat tersebut yang nantinya akan membantu mendeteksi atau mencari korban di dasar Danau Toba.

Hingga berita ini dilansir di meja redaksi, Tim yang terbagi dari beberapa kelompok belum menemukan korban lainnya yang masih tenggelam.

 

Hasil pantoan Tim Monalisanews dilokasi Ratusan keluarga korban, telah dua malam menunggu di tepian dermaga pelabuhan tigaras,hasil  dari Tim Basarnas dalam upaya pencarian korban yang masih tenggelam.hingga pukul 18.00 wib ,Tim yang melakukan pencarian belum membuahkan hasil. Selain korban sebelumnya kemarin sudah diselamatkan dan sebahagian telah dijemput pihak keluarga korban, sementara lainnya masih dalam perawatan insentif di RS Umum Samosir. (*)

 

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY