Dialami Lesti Kejora, Psikiater Beberkan Potensi Dampak KDRT pada Mental Korban

Dialami Lesti Kejora, Psikiater Beberkan Potensi Dampak KDRT pada Mental Korban

Pedangdut Lesti Kejora diduga mengalami KDRT yang dilakukan suaminya, Rizky Billar. Lesti bahkan sampai dirawat di rumah sakit usai melaporkan kasus KDRT yang dialaminya.
Dalam keterangan awal, Lesti menerangkan bahwa KDRT itu bukan pertama kalinya namun sudah sering terjadi. Ibu dari Baby Leslar ini sampai tak ingin pulang ke rumah karena kejadian tersebut.

“Yang bersangkutan tidak ingin berada satu rumah dengan Saudara Muhammad Rizky, karena trauma,” kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Endra Zulpan kepada wartawan di Polda Metro Jaya, Jakarta, Selasa (4/10/2022).

A lire en complément : Inikah Alasan Dokter Kandungan Lebih Banyak Pria?

Korban KDRT sangat rentan mengalami masalah kesehatan. Kasus KDRT tak hanya mengakibatkan korban luka fisik, tapi juga dapat mengalami sejumlah permasalahan mental.

“Itu sangat berdampak. Korban bisa post traumatic stress disorder atau PTSD, trauma, depresi, cemas, kesehatan jiwanya terganggu karena KDRT,” kata spesialis jiwa dr Agung Frijanto, SpKJ saat ditemui di kantor Kemenkes, Rabu (5/10/2022)

Lire également : Jadwal dan Daftar Lokasi Vaksin Booster di Jakarta

Psikiater yang berpraktik di RSJ Dr Soeharto Heerjaj ini mengatakan ada tahapan pemeriksaanyang bisa dilakukan korban KDRT untuk memulihkan kondisi kejiwaannya. Pertama adalah menganalisis keadaan korban, bisa dengan menanyai keluarga atau teman dekat.

Selanjutnya akan korban akan dirujuk ke psikiater atau psikolog untuk assemen kejiwaan. Pengobatan atau terapi yang diberikan disesuaikan dengan diagnosis ahli.

“Kalau ada masalah kesehatan jiwa, dilakukan pengobatan terkait diagnosanya seperti apa yang menjadi dampak dari KDRT-nya,” pungkas dr Agung.

Kesehatan