Tuesday, 16/1/2018 | : : UTC+7
Monalisanews
Monalisanews

Ribuan Masyarakat Tarutung Terharu Dan Meneteskan Air Mata

Ribuan Masyarakat Tarutung Terharu Dan Meneteskan Air Mata

Ibu ibu dan remaja putri meneteskan air mata ketika yesus disalib dan disiksa hingga tewas (fhoto-toni) 

“ Kisah kesengsaraan Yesus Kristus yang diperankan oleh Rinto Hutabarat ini ditonton ratusan orang di sepanjang jalan. Tidak sedikit warga yang menitikkan air mata, terutama kaum ibu dan kaula muda”

 


Oleh Toni Situmeang

Monalisanews.com | TAPUT | – Semarak perayaan Paskah masih bergema. Di Tarutung Tapanuli Utara, pemerintah setempat bekerjasama dengan Badan Kerjasama Antar Gereja (BKAG) merayakan Paskah dengan menggelar teatrikal Jalan Salib atau Via Dolorosa di jalan protokol Kota Tarutung, Selasa (18/4/2017).

Perjalanan dimulai dari Gedung Sopo Partungkoan di Jalan Sisingamangaraja, melewati Jalan Jenderal DI Panjaitan hingga ke Lapangan Sepakbola Serbaguna.Aksi teatrikal yang diperagakan sebanyak 50 muda-mudi Gereja Huria Kristen Indonesia (HKI) Sosungggulon Hutabarat ini menggambarkan kesengsaraan Yesus Kristus memilkul salib hingga ke bukit Golgata dengan 14 adegan.

Adegan dimulai saat Yesus berdoa di taman Getsemani, dihianati muridnya Yudas Iskariot, ditangkap prajurit Romawi, disidang, dicambuk, memikul salib hingga ke bukit Golgata tempat Yesus mati disalibkan.Menuju tempat terakhirnya Jesus disalib,Bupati Tapanuli Utara Nikson Nababan Ikut ambil bagian ,turut mengotong salib,seperti apa yang dilakukan Jesus dalam perjalanan terakhirnya hingga wafat dan disalib pasukan Romawi.

Kisah kesengsaraan Yesus Kristus yang diperankan oleh Rinto Hutabarat ini ditonton ratusan orang di sepanjang jalan. Tidak sedikit warga yang menitikkan air mata, terutama kaum ibu dan kaula muda. Mereka berharap even ini dapat dilakukan setiap tahunnya.

“Via Dolorosa harus menjadi agenda tahunan, bukan hanya di Tarutung tapi di seluruh kecamatan,” imbau Darwin, warga setempat.

Aksi ini diikuti langsung oleh Bupati Tapanuli Utara Nikson Nababan dan Ketua TP PKK Satika Simamora, Dandim 0210/TU Letkol Ezra serta 50 puluhan pendeta. Diakhiri dengan kebaktian bersama yang dihadiri ribuan jemaat dari denominasi gereja.(*)

 

Virus-free. www.avast.com



About

POST YOUR COMMENTS

Your email address will not be published. Required fields are marked *