Friday, 25/5/2018 | : : UTC+7
Monalisanews
Monalisanews

JR Saragih Hadiri Pembukaan Sinode Tahunan ke-69 Gereja Pentakosta Indonesia

JR Saragih Hadiri Pembukaan Sinode Tahunan ke-69 Gereja Pentakosta Indonesia

Monalisanews | SIANTAR | – Kepedulian Bupati Simalungun JR Saragih terhadap keagamaan terus dibuktikan, kali ini dirinya menghadiri Pembukaan Sinode Tahunan ke-69 Gereja Pentakosta Indonesia di Gereja Pentakosta Indonesia di Jalan Pangaribuan, Kota Siantar, Sumatera Utara.

Pada acara Sinode Tahunan ke-69 Gereja Pentakosta Indonesia, Bupati Simalungun JR Saragih tak lupa memberikan bantuan dana untuk Gereja Pentakosta Indonesia, selain itu JR Saragih juga mengucapkan selamat rapat kerja Gereja Pentakosta ke-69.

“Kami dari Pemkab Simalungun mengapresiasi dan turut serta melakukan pelayanan masyarakat melalui gereja dalam bentuk mental dan spiritual. Saya juga menitip pesan kepada gereja untuk bergandengan tangan, dan selalu bersatu supaya agama tidak dibenturkan demi kepentingan apapun,” ucap Bupati Simalungun JR Saragih, Jumat (7/7/2017).

Di sisi lain, Ephorus Gereja Pentakosta Indonesia Pdt. DR. M.H. Siburian mengutarakan bahwa Gereja Pentakosta Indonesia harus mengutamakan spiritual melalui wisdom atau hikmah, di mana hal ini merupakan kemampuan sorgawi yang ditransfer oleh Tuhan dan diberikan kepada manusia melalui adamik karena manusia diciptakan Tuhan untuk tinggal di bumi.

“Tuhan memberikan gereja untuk mendapatkan wisdom atau hikmah yang bisa dilihat oleh mata manusia. Gereja harus memiliki rasa spiritual yang tinggi dalam menuntut manusia menjadi lebih baik, melalui sinode ini bisa memberikan hasil terbaik dalam mempraktekkan melalui pengajaran untuk bisa dilakukan oleh manusia menjadi lebih baik. Kita harus menjadi gereja yang memiliki pengertian, wisdom atau hikmah untuk bisa merasakan apa yang dirasakan manusia itu sendiri,” paparnya.

Kemudian, Sekjen Gereja Pentakosta Indonesia Pdt. J. Manurung meminta agar warga Gereja Pentakosta Indonesia bisa menjalani pelayanan dengan baik.

“Hari ini adalah sinode kerja ke-69, dan berfungsi mengevaluasi kinerja sebelumnya dan yang akan datang dan dihadiri oleh 700 orang utusan se-Indonesia, selain itu ada rapat paripurna hingga KKR dilakukan di Rajawali. Kami meminta kepada seluruh peserta sinode melakukan dengan baik yang sesuai dengan Firman Tuhan,” tuturnya.

Sementara itu, Kementerian Agama Siantar Hasudungan Simatupang menambahkan dengan adanya sinode ke-69 Gereja Pentakosta Indonesia menjadi langkah penting dalam kehidupan beragama di Siantar-Simalungun.

Baginya, dengan mengamati gereja di Sumatera Utara terdapat 122 gereja dari denominasi dari 323 di Indonesia ini dibedakan menjadi dua bagian. Pertama berpusat di Sumatera Utara ada 47 unit, gereja cabang yang membuka pelayanan di Sumatera Utara ada 72 unit.

Dari jumlah 122 ada 5.371 orang pendeta yang terdaftar dari jumlah gereja di Sumatera Utara ada 12.393 unit. Dalam sejarah perkembangan dibanding tahun 1970, di mana sumber daya manusia di Sumatera Utara tidak ada yang meragukan karena gereja selalu meningkatkan intens, berperan utama dalam pengajaran.

Dibanding dengan sekarang maka masih butuh peningkatan kualitas sehingga menjadi modal penting dalam era globalisasi. Sumber daya manusia menjadi program, maka kami ingin menyampaikan dalam rangka mempersiapkan masyarakat dunia maka pengajaran gereja tidak bisa dipisahkan.

Terakhir, Plt. Sekda Kota Siantar Reinward Simanjuntak mengutarakan gereja memiliki peran bersama dengan seluruh lembaga yang ada di masyarakat, apalagi tugas pemerintah menjadi tugas gereja  demi menjadikan kehidupan keharmonisan masyarakat.

“Kita harus membangun generasi ,dan ini menjadi tugas gereja, Siantar merupakan kota paling toleransi perihal agama. Kami juga berterima kasih karena memilih Siantar karena sangat aman, kita berharap bisa berlangsung dengan baik sinode ini.sehingga bisa merumuskan semua kepentingan gereja dan negara. Pemerintah dalam hal ini Pematang Siantar merupakan bagian dari dunia, salah satunya bagaimana manusia bisa sama-sama bekerja dalam melangsungkan program kerja dalam hal ini Gereja Pentakosta Indonesia,” tukasnya.(*)

About

POST YOUR COMMENTS

Your email address will not be published. Required fields are marked *

www.monalisanews.com