Kerja Keras Bupati Taput, Pembangunan Pelabuhan Muara oleh Kementerian Perhubungan Terealisasi Tahun ini.

0
179 views

 

Oleh Toni Situmeang

Monalisanews | Taput | – Bupati Tapanuli Utara Drs. Nikson Nababan, M.Si merasa lega menerima audiensi dari Kementerian Perhubungan dimana perjuangan untuk merealisasikan Pelabuhan Muara akan segera terwujud, dimana tahun ini akan dilakukan 6 tahapan dalam membangun pelabuhan ini dan telah diawali dengan survey (pemeriksaan kesiapan lapangan) yang telah dituangkan dalam sebuah berita acara, di Sopo Rakyat Rumah Dinas Bupati, Tarutung (Kamis, 03/08).

Selanjutnya Kasie Pelabuhan Sungai Danau Direktorat Prasarana Perhubungan Darat M. Basuki Wibowo menyampaikan bahwa langkah pertama yang dilakukan adalah sertifikasi penyerahan lahan pelabuhan ke Kementerian Perhubungan, dilanjutkan dengan pembuatan masterplan (detail desain) secara menyeluruh Pelabuhan Muara untuk mengakomodir kapal wisata dan kapal rakyat.

Pembangunan diawali dengan desain make up meliputi landscape dan perkerasan lapangan parkir, pagar di area darat dan dermaga, pengadaan lampu penerangan jalan umum (solar cell), gangway untuk akses keluar/masuk penumpang dari dan ke kapal yang dilengkapi dengan pagar dan kanopi, penyesuain signpost pelabuhan menyesuaikan kondisi gangway dan gapura 2 pintu di ujung dermaga/trestle.

Pelabuhan Muara di samping sebagai pelabuhan penyeberangan, juga dipergunakan sebagai pelabuhan kapal rakyat dan pelabuhan penunjang wisata.

Dalam kesempatan itu, Bupati Taput menyambut dengan gembira terealisasinya keinginan masyarakat Taput melalui upaya yang ditempuh Bupati Taput ke Kemenhub untuk pembangunan Pelabuhan Muara. “Ini akan mempercepat pengembangan wisata di Kabupaten Tapanuli Utara khususnya Kecamatan Muara, sejalan dengan Bandara Silangit yang menjadi pintu masuk menuju Destinasi Pariwisata Danau Toba. Terimakasih dengan respon yang cepat dan ini sangat berarti bagi masyarakat Taput,” ujar Bupati mengakhiri.

Turut mendampingi Bupati Taput, Kadis Perhubungan Erikson Siagian dan rombongan dari Kementerian Rijaya. S, Hotden Naibaho, Frans Siagian, N. R. Hutasoit.(*)

Berita Terkait: 👉  RS TRIANDA Gelar Senam Kebugaran

 

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY