Ibnu Putra Warga Binaan Lapas kelas II B Pematang Raya Kabur

0
338 views
Ibnu Putra

Yusran Saad, Bc.IP.SH.MH
” Benar Satu Orang Warga Binaan Kabur Dengan Lompati Pagar “

Monalisanews | P Raya |- Lapas kelas II B Pematang Raya, Kabupaten Simalungun geger dan terpaksa sibuk atas kaburnya narapidana (napi) kasus narkoba bernama Ibnu putra (25) warga Tebing Tinggi. Jumat (04/08/2017) sekitar pukul 13:30 WIB.

Mengetahui ada salah satu napi yang kabur, sejumlah Petugas sipir lapas narkoba langsung di sebar kekawasan perladangan dan pemukiman warga sekitar.

Bahkan informasi yang diperoleh dari warga yang sedang di ladang sekitar lapas menyebutkan melihat seorang lelaki tanpa menggunakan baju dengan dada dan wajah berdarah bersama seorang wanita. Mereka mengendarai sepeda motor matic warna hitam tiba-tiba berhenti di ladang, kemudian berganti posisi membawa motor pergi menuju simpang lapas.

Hal senada juga disampaikan warga lainnya (pegawai bengkel) di simpang lapas mengakui melihat seorang lelaki tanpa baju dengan wajah dan dada berdarah mengendarai sepeda motor matic warna hitam berboncengan dengan seorang wanita sampai menumbruk tong sampah yang berada didepan lapas dan kemudian kabur ke arah Pematang Siantar.sampai berita ini dilansir warga binaan yang kabur belum berhasil ditemukan.

Sementara itu, Kepala Lapas Narkoba Pematang Raya, Yusran Saad Bc.IP.SH.MH dalam konfrensi Persnya Sabtu (5/8/2017) dikantornya membenarkan adanya salah satu warga binaan yaitu Ibnu Putra alias Putra, kasus narkoba kabur dari tambok lapas dengan melompot pagar.

Yusran lebih lanjut menjelaskan Kronologis kejadiannya, bahwa yang bersangkutan (putra-red) diajak oleh warga binaan lain untuk dipekerjakan memelihara ikan di kolam bawah (bak pembuangan penampungan aliran air hujan) tanpa pengawalan petugas.

” Dengan memanfaatkan kelengahan pekerja dan warga binaan lainnya, putra naik melompati dinding yang memang kondisi struktur tanahnya bertangga.hingga dengan mudah mencapai tembok diatas dan langsung melompat pagar tembok berkawat dan keluar,” jelas Yusran.

Berita Terkait: ūüĎČ  Kerja Berat Babinsa Dalam Pendampingan Kepada Petani Diharapkan Menuai Hasil Panen Melimpah

Lanjutnya, Keadaan tersebut diketahui setelah usai shalat jumat, karna salah satu warga binaan yang bekerja dikolam sudah tidak berada di sekitar kolam.” ketika dilakukan pengecekan ke blok dan kamar¬† tempat putra dan kawan kawannya satu sel ternya, Putra tidak berada di sel kamarnya dan dipastikan,telah melarikan diri dgn cara melompat tembok pagar Lapas,” terangnya.

Yusran menambahkan bahwa¬† WBP Lapas Narkotika Pematang Siantar yang kabur melarikan diri adalah Ibnu Putra als Putra,Pidana : 7 thn,Perkara : Narkoba, Psl 112 UU RI No. 35/2009,Alamat : Gg Hidayah 3 Kel. Pasar Baru Kota Tebing tinggi. Sumut.Tgl Eksp : 25 – 07 – 2023.’jelasnya.

Adapun upaya yang telah dilakukan ujar Yusran, Melakukan pengejaran dan pencarian disekitar lapas. Koordinasi dgn Polres Simalungun dan jajaran polsek nya. Berupaya terus melakukan pencarian sampai ketempat orang tua dan tempat2 keluarga yang bersangkutan serta memohon bantuan dan koordinasi langsung dgn aparat setempat RT dan Babinkam!..ujarnya.

Ditambahkan, Saat ini yang sedang dilakukan membentuk tim Investigasi untuk segera mengetahui kronologis yang sesungguhnya.dan siapa2 yang harus bertanggung jawab.”Segera akan membentuk Tim Pemeriksa. Guna membuat BAP, Resume dan Rekomendasi dan membuat laporan lengkap tentang kejadian Pelarian ini dgn seluruh lampiran administrasi yg diperlukan,”tegas Yusran.(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here