Masyarakat & Kades di Sirandorung Tapteng Sepakat Buka Akses Jalan Menghubungkan 3 Desa

0
279 views

Camat Sirandorung, Acungkan Jempol, Masyarakat & Kadesnya Miliki Rasa Kebersamaan

 

Oleh: Syarifuddin Simatupang

Monalisanews | Tapteng |- Rasa kebersamaan masyarakat dan 3 Kepala Desa (Kades) bertetangga untuk membuka akses jalan memperpendek jarak tempuhdan mempersingkat waktu perjalanan warga ketiga desa itu. Camat Sirandorung Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng), Tulus Panggabean SH, dan Sekretarisnya, Tunggul Silalahi SPd acungkan jempol.

“Kebersamaan yang dilakukan masyarakat dan ketiga Kades itu untuk membuka akses jalan bersambung sehingga memperpendek jarak tempuh dan mempersingkat waktu perjalanan warganya, sangat bagus, wajar kita acungkan jempol”. ujar Camat Tulus Panggabean.

Tunggul Silalahi menambahkan. Sebelumnya, jarak tempuh Desa Sigodung, Mas Nauli, dan Desa Muara Ore di Kecamatan Sirandorung, saat dikonfirmasi Monalisa, Jumat (18/8) membenarkan. Ketiga Kades itu membuka akses jalan menghubungkan ketiga desa.

“Sebelumnya, jarak perjalanan ketiga desa sejauh 7-km, dan makan waktu perjalanan setidaknya 1 jam. Dengan dibukanya akses jalan sepanjang 2000 meter, dan plat degger 3 unit, hungan jarak ketiga desa sudah pendek dan singkat”. sebut Tunggul.

Hal itu diamini masyarakat dari tiga desa saat ditemui awak media ini, antara lain, Hasudungan Simanullang (40), Lodewik Purba (42) warga Desa Sigodung, Dewasa Situmorang (56) warga desa Muara Ore, dan Ngabdiono (63) warga desa Mas Nauli.

Hasudungan Simanullang menuturkan, 3 tahun lalu Hasudungan sangat berkeinginan ada kebersamaan masyarakat dan kades ketiga desa untuk memotong jarak tempuh yang menghubungkan ketiga desa.

“Tiga tahun lalu dari dusun 1 sampai dusun 2 desa Sigodung arah Muara Ore – Mas Nauli sudah kita buka jalan dengan dirabat beton menggunakan dana PNPM TA 2014, dan Dana Desa TA 2015. Tetapi saat itu rasa kebersamaan untuk menyambung jalan menghubungkan antar tiga desa itu belum ada titik temu”. tukas Hasudungan, mantan kades Sigodung itu.

Dewasa Situmorang, yang juga Kades Sigodung tahun 1990-an, kini menjadi warga Muara Ore, mengapresiasi kemajuan cara berpikir masyarakat tentang pembangunan sekarang ini. “Sehingga aktifitas warga bepergian bertani keladang, buruh perusahaan kebun dan pabirik minyak kelapa sawit, PNS, guru dan anak sekolah dikecamatan Sirandorung itu, sudah sangat terbantu”. sebut Dewasa singkat.

Berita Terkait: 👉  Gerak Cepat Pemkab Simalungun Atasi Bencana Angin Puting Beliung

Basuki bersyukur ada kebersamaan ketiga kepala desa ini kompak membuka bahu jalan menggunakan dana desa tahun anggaran 2017 ini. Sehingga dapat menumbuh tingkatkan ekonomi masyarakat di tiga desa.

“Dilintasan jalan baru buka menghubungkan tiga desa ini begitu luas lahan pertanian, seperti lahan tanaman sawit, karet, persawahan, dan lainnya. Hal inilah sulut pemikiran kami tiga kades di kecamatan Sirandorung ini untuk memperioritaskan sasaran dana desa untuk membuka jalan itu”. kata Basuki.

Dengan terbukanya jalan yang menghubungkan ketiga desa ini, timpal Farida boru Sitorus, meski hanya sepanjang 2000 meter, buka 4 meter. Tetapi sudah bisa dilalui kenderaan empat roda.

“Untuk menjual hasil panennya, masyarakat tani tidak lagi memikul hasil panen pertaniannya seperti selama ini. Petani sudah dapat menjual hasil pertaniannya di tempat. Otomatis tidak lagi merogoh kantong untuk membayar ongkos angkut, sehingga nilai jual hasil panen sudah bertambah dari sebelumnya”. timpal Farida.

Berbeda dengan pengakuan Lodewik Purba, kata Lodewik. Masih ada yang perlu diperbaiki dan membutuhkan plat degger yang menghubungkan dusun 2 Sigodung dengan Muara Ore.

“Kami sangat berharap agar Kades Sigodung dapat memperioritaskan dana desa tahun 2018 untuk memperbaiki tanjakan dan belokan patah, juga membuat jembatan di atas pintu air. Sebab, kami pengguna jalan kawatir melalui belokan dan jembatan diatas pintu air irigasi yang hanya lebar 1 meter itu”. harap Lodewik Purba.(*)

 

Baca Juga

Berita Terkait: 👉  Ando Mengakhiri Hidupnya Di Pohon Alpukat

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here