Travelling Ala JR Saragih, Belajar Pariwisata di Samosir

0
197 views

 

Oleh Herawati Munthe

MONALISANEWS | SAMOSIR |– Pariwisata Danau Toba terus dilakukan pembenahan infrastruktur Bahkan, Bupati Simalungun JR Saragih akan menindak tegas bagi siapapun yang tidak mau memperindah Danau Toba di Parapat.

“Jika ada hotel yang tidak mau dibenahi maka ijin akan dicabut karena ini akan menjadikan wisatawan tidak betah, kita juga akan melakukan pengecekan satu persatu di semua penginapan selain itu kita akan memperkuat budaya,” beber Bupati Simalungun JR Saragih di Tuk-Tuk, Samosir, Sumatera Utara, Minggu (20/8/2017)

Tak itu saja, pembenahan juga akan dilakukan dari sisi Sumber Daya Manusia (SDM). JR Saragih menyadari hingga kini kesiapan masyarakat masih belum siap menghadapi derasnya wisatawan khususnya wisatawan asing. Oleh karenanya, untuk di wilayah pariwisata maka SDM akan diperkuat.

“Kita akan lakukan sosialisasi pada tahun 2018, tentunya anggaran akan lebih besar kepada pariwisata sehingga semua memiliki standart, termasuk para guide-nya dipersiapkan,” pungkasnya.

Selain itu, pembenahan juga akan dilakukan di seluruh wilayah pariwisata di Parapat. Pasalnya, hingga kini tata kota di Parapat masih terlihat semrawut. Dengan dibenahi kawasan kota Parapat, maka  Parapat  akan menjadi destinasi yang layak buat wisatawan.

“Selama ini Parapat dianggap sebagai tempat transit menuju Samosir, oleh karenanya ini akan diubah sehingga wisatawan yang datang bisa betah di Parapat. Pembenahanahan akan dilakukan seperti tempat sovenir, kios buah serta kuliner yang akan lebih tertata rapih,” paparnya.

Tak itu saja JR Saragih akan membuat Parapat menjadi destinasi wisata Nasional dengan demikian akan menambah jumlah wisatawan yang datang ke Parapat,akan lebih banyak lagi.

“Kita akan membuat tempat rekreasi yang baru, sehingga Parapat akan memiliki destinasi wisata untuk bisa dinikmati wisatawan. Salah satunya adalah tempat rekreasi buat keluarga,” urainya.

Berita Terkait: 👉  Gas Elpiji Bersubsidi 3Kg Masih Banyak Digunakan Pengusaha, Akibatnya Warga Sulit Memperolehnya

Hal tersebut juga diutarakan oleh Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Simalungun Pahala Sinaga. Di mana, pihaknya juga akan melakukan koordinasi dengan pihak terkait guna membenahi Parapat, Kabupaten Simalungun jadi lebih menarik.

“Kita terus melakukan percepatan terlebih ini menjadi amanah dari Bupati Simalungun JR Saragih dalam membangun Parapat untuk lebih indah dan nyaman. Pembenahan yang akan dilakukan yakni perihal kebersihan, karena kebersihan menjadi salah modal dalam menarik wisatawan khususnya wisatawan mancanegara,” tutupnya.(*)

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here