Travelling Ala JR Saragih,Belajar Pariwisata di Samosir

0
200 views

Oleh Ekolin

MONALISANEWS | SAMOSIR | – Keseriusan Bupati Simalungun JR Saragih dalam mengembangkan Danau Toba di Parapat, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara membuat dirinya datang ke Samosir. Terlebih, Danau Toba sudah ditetapkan sebagai destinasi prioritas oleh Presiden Jokowi.

Bupati Simalungun JR Saragih mengatakan dengan kehadirannya di Samosir, maka menjadi salah satu cara dalam mendukung program Presiden Jokowi untuk mengembangkan Danau Toba. Baginya, pembangunan pariwisata di Samosir cukup pesat, hal ini menjadikan  dirinya datang ke Samosir.

Selain melihat perkembangan pariwisata di Danau Toba, JR Saragih berencana akan menggandeng Kabupaten Samosir untuk bekerjasama sehingga Danau Toba semakin membuat wisatawan betah berlama-lama menikmati Danau Toba.

“Dalam waktu dekat ini kita akan bekerjasama dengan Pemerintah Daerah di Samosir dalam rangka mempercepat pariwisata Danau Toba di Parapat,” urai Bupati Simalungun JR Saragih di Tuk-Tuk, Samosir, Sumatera Utara, minggu (20/8/2017).

Selain itu, dirinya juga akan membuat aturan tegas dalam rangka mempercepat pariwisata Danau Toba di Parapat, Kabupaten Simalungun sehingga Parapat bukan lagi dianggap sebatas destinasi transit untuk menuju Samosir.

“Jika ada hotel yang tidak mau dibenahi maka ijin akan dihapus karena ini akan menjadikan wisatawan tidak betah, kita juga akan melakukan pengecekan satu persatu di semua penginapan selain itu kita akan memperkuat budaya,” bebernya lagi.

Tak itu saja, pembenahan juga akan dilakukan dari sisi Sumber Daya Manusia (SDM). JR Saragih menyadari hingga kini kesiapan masyarakat masih belum siap menghadapi derasnya wisatawan khususnya wisatawan asing. Oleh karenanya, untuk di wilayah pariwisata maka SDM akan diperkuat.

“Kita akan lakukan sosialisasi dan akan dilakukan di 2018, tentunya anggaran akan lebih besar kepada pariwisata sehingga semua memiliki standart, termasuk para guide-nya dipersiapkan,” pungkasnya.

Berita Terkait: 👉  Peresiden RI Jokowi Lanjutkan Kunker di Tapteng - Sibolga

Karyanta Sinulingga dalam akun FB yang dikirim melalui akun monalisa mengatakan, Kalau membangun parawisata danau toba harus berbasis “wisata alam, budaya” hutan seputar danau Toba di jaga kelestarian nya, budaya masyarakat lokal di dukung,

“penginapan home stay berbasis rumah penduduk di kembangkan dengan memberikan pelatihan ke masyarakat pelaku wisata.dengan demikian Parapat akan kembali kepada masa kejayaannya seperti dahulu,.” ujarnya.

Lanjutnya, bupati harus action di wilayah simalungun,jangan cuma program saja  dan jangan pencitraan terus , kerja dan kerja, “buktikan simalungun punya bupati hebat.sekarang saja paling hebat baru punya helikopter,”tegasnya. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here